Media Papan balik sebagai Sarana Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Autis

Ahmad Sofwan, Wiwik Dwi Hastuti, Agung Kurniawan

Abstract


Pengaruh media papan balik Terhadap Kemampuan membaca Permulaan siswa Autis. Penelitian ini dilatarbelakangi karena kemampuan membaca permulaan siswa yang  rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media papan balik dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa autis kelas 1. Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan subjek penelitian tunggal desain  A-B-A.  Hasil Penelitian yang diperoleh yaitu baseline-1 mengalami peningkatan  40,5%46%, dan kondisi intervensi mengalami peningkatan 71,8%-82,3% serta di kondisi baseline-2 mengalami peningkatan 62,8%-72,6%. %. Kesimpulannya media papan balik memiliki pengaruh positif terhadap kemampuan membaca permulaan siswa autis.

Keywords


papan balik; kemampuan membaca permulaan; Autis

Full Text:

PDF

References


Ayu, Q. R., & Sudarsini, S, (2018)” Metode syllabic untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan anak autis. Jurnal ortopedagogia, 2(1), 21-25 Hargrove, L. & James, A. (1984) Assessment in Special Education: The Education Evaluation. Prentice Hall. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Pengertian Papan dan Balik._________Online. Diakses 23 februari 2019. Koswara, D (2013). Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Autis. Jakarta; PT Luxima Metro Media. Kustiawan, U. (2018). Sumber Dan Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Karya Dosen Fakultas Ilmu Pendidikan UM. Mundy, P & Mastergeorge, A. M. (2012). Educational Intervention for Student With Autism. Nafiah, A. C. (2016). Peningkatan kemampuan membaca permulaan melalui metode scramble membaca kalimat siswa kelas II SDN Sedayu. Basic Education, 5(24), 2-289. Pratiwi, D. E. (2013). Penerapan Media Papan Balik (Flipchart) Pada Pembelajaran Temtik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah dasar. .” Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2), 1-10 Salim, D (2007). Matinya Mozart Effect. Yogyakarta: Galanggangpress. Sugiyono, (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif , dan R & D. Bandung. Alfabeta Sunanto, J., Takeuchi, K., & Nakata, H. (2005). Pengantar Penelitian dengan Subjek Tunggal. Japan: University Of Tsukuba. Tarigan, H.G. (2008). Membaca sebagai suatu keterampilan berbahasa. Bandung. Angkasa Universitas Negeri Malang. (2010). Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Malang: Universitas Negeri Malang Wahyudin, E. Pengaruh Media Flipchart Terhadap Kemampuan Membaca Anak Usia Dini Kelompok B TK Negeri Pembina Ciawigebang. Jurnal PAUD Agapedia, 1(2), 137-143 Widoyoko, E,P. (2012). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta. Pustaka Pelajar, 15, 22 Winczura, B. (2014). Deficiencies of Eye Contact and Face-to-Face Interactions in Social Relations Among Children with Autism. Pedagogy Studies/ Pedagogika, 116(4).




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v5i22019p62-67

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal ORTOPEDAGOGIA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

"Jurnal Ortopedagogia" is Indexing by:

 

View My Stats