Modul Bina Diri Tunagrahita untuk Meningkatkan Keterampilan Mengajar Guru Inklusif

Akrim Ilma Mufidah, Sinta Yuni Susilawati

Abstract


Keefektifan Modul Bina Diri untuk Meningkatkan Keterampilan Mengajar di Sekolah Inklusif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keefektifan modul bina diri untuk meningkatkan keterampilan  guru mengajar bina diri di sekolah inklusif.  Metode penelitian menggunakan Borg and Gall yang memiliki sepuluh tahap. Dalam penelitian ini penulis mengadaptasi menjadi tujuh tahap. Hasil penelitian menunjukkan modul bina diri anak tunagrahita efektif digunakan untuk meningkatkan keterampilan guru mengajar. 


Keywords


Modul, Bina Diri, Tunagrahita; Keterampilan Mengajar; Sekolah Inklusif

Full Text:

PDF

References


Akbar, S. D. (2013). Instrumen perangkat pembelajaran. Darmiatun, S. (2013). Menyusun Modul Bahan Ajar Untuk Persiapan Guru Dalam Mengajar. Yogyakarta: Gava Media.

Garnida, D. (2016). Modul Guru Pembelajar SLB Tunagrahita Kelompok Kompetensi A. Bandung: PPPPTK TK dan PLB. Gunahardi & Maryadi. 2011. Modul PLPG Pendidikan Luar Biasa Pendalaman Materi. Surakarta: FKIP UNS. Hasyim, A. (2016). Metode penelitian dan pengembangan di Sekolah. Yogyakarta: media akademi. Indonesia, P. M. P. N. R. Nomor 70 Tahun 2009 tentang Pendidikan Inklusif bagi Peserta Didik yang Memiliki Kelainan dan Memiliki Potensi Kecerdasan dan/atau Bakat Istimewa. 2009. Jakarta: Sekretariat Negara. Kependidikan, D. T., MUTU, D. J. P., KEPENDIDIKAN, P. D. T., & NASIONAL, D. P. (2008). Penulisan Modul. Jakarta: Depdiknas Mulayasa, E. (2006). Kurikulum Yang Disempurnakan Pengembangan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Nasional, D. P. (2006). Pedoman memilih dan menyusun bahan ajar. Jakarta: Depdiknas.

Nomor, P. G. J. T. (6). Tahun 2011 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif Provinsi Jawa Timur. 2011. Surabaya: Berita Daerah Provinsi Jawa Timur. PKLK, D. P. (2016). Modul Pelatihan Kurikulum Khusus Tahun 2013 Materi Program Pengembangan Diri Bagi Peserta Didik Tunagrahita. Jakarta: Kemendikbud. Silalahi, A. (2018). Development Research (Penelitian Pengembangan) Dan Research & Development (Penelitian & Pengembangan) Dalam Bidang Pendidikan/Pembelajaran. Tri, Y. D. Y., Cipta, N. A. N., Budhi, B. W., & Sahadi, S. H. (2017, November). Activity daily living (ADL) of young people with intellectual disabilities. In International Conference on Diversity and Disability Inclusion in Muslim Societies (ICDDIMS 2017). Atlantis Press, 40-43. Wulandari, L. M. Susilawati, Y. S. & Kustiawan, U. (2019). Pelaksanaan Program Bina Diri bagi Siswa Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusi. Jurnal Ortopedegogia. 5(1), 44-49.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v5i22019p107-110

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal ORTOPEDAGOGIA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

"Jurnal Ortopedagogia" is Indexing by:

 

View My Stats