The Effect of Problem Based Learning Teaching Method on Students’ Critical Thinking Skills in Physics Lesson at SMA Negeri 4 Singaraja

Ni Putu Ayu Lisniandila, I Wayan Santyasa, Iwan Suswandi

Abstract


Abstract: The study aims to find the effect of problem based-learning method (PBL) on students’ critical thinking skills in a physics course at SMA Negeri 4 Singaraja. The study is a quasi-experiment study with a pretest-posttest nonequivalent control group design. The population of this study was 245 tenth graders majoring in science at SMA 4 Singaraja. The sample of this study was 67 students distributed to two different classes. The data were analyzed by using descriptive analysis and one-way analysis of covariance (ANCOVA). The result of the study shows that there was critical thinking skills gaps between the students using PBL and students using the direct instruction method (DIM). The average score of PBL group had higher average critical thinking skills score (posttest) then the MDI group, in which the scores of PBLM group were in adequate category (M = 54,84; SD = 14,50), meanwhile the scores of DIM group were in low category (M = 43,05; SD = 14,29). 


Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model problem based learning (MPBL) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran fisika di SMA Negeri 4 Singaraja. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain pretest-posttest nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA SMA Negeri 4 Singaraja yang terdiri dari 245 siswa. Pemilihan sampel dalam penelitian ini menggunakan random assignment. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 67 siswa yang terdistribusi dalam dua kelas berbeda. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan ANAKOVA satu jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa antara siswa yang berlajar dengan MPBL dan siswa yang belajar dengan MDI. Nilai rata-rata kelompok MPBL memiliki nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis (posttest) yang lebih unggul dibanding kelompok MDI yaitu pada kelompok MPBL berada pada kualifikasi cukup (M = 54,84; SD =  14,50) sedangkan kelompok MDI pada kualifikasi rendah (M = 43,05; SD = 14,29).


Keywords


problem-based learning; critical thinking skills; physics coursemodel problem based learning; kemampuan berpikir kritis; pembelajaran fisika

Full Text:

PDF

References


Costa, A. L. 1991. Developing Minds: A Resource Book for Teaching Thinking. Alexandria: Association for supervision and curriculum development.

Ennis, R. H. 1993. Critical thinking assessment. Theory into practice. 32(3). [Artikel Online]. Tersedia pada http://www.tandfonline.com /doi/abs/10.1080/ 00405849309543594. Diakses 19 April 2017.

Fitriyani, R., Corebima, A. D., & Ibrohim. 2015. Pengaruh strategi pembelajaran problem based learning dan inkuiri terbimbing terhadap keterampilan metakognitif, berpikir kritis, dan hasil belajar kognitif siswa sma. Jurnal Pendidikan Sains, 3(4), 186-200. Tersedia pada http://journal. um.ac.id/index.php/jps/. Diakses 1 Juli 2017.

Herayanti, L., & Habibi. 2015. Model pembelajaran berbasis masalah berbantuan simulasi komputer untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis calon guru fisika. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(1), 61-66. Tersedia pada http://jurnalfkip.unram.ac.id/index.php/JPFT/article/view/236/232. Diakses 1 Oktober 2017.

Kemendikbud. 2014. Lampiran peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan RI Nomor 59 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Lestari, N., Edi, S. S., & Hartono. 2016. Keefektifan pembelajaran problem based learning berbantuan pohon masalah dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa smp. Unnes Physics Education Journal, 5(1), 56-62. Tersedia pada http://journal.unnes.ac/id/sju/index.php/upej. Diakses 1 Juli 2017.

Putri, S. D., & Djamas, D. 2017. Pengembangan perangkat pembelajaran fisika berbasis keterampilan berpikir kritis dalam problem based learning. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-BiRuNi, 06(1), 125-135. Tersedia pada http:// http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/al-biruni/article/view/648/pdf. Diakses 7 Desember 2017.

Sanjaya, W. 2007. Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Santyasa. I. W. 2017. Pembelajaran inovatif. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Santyasa. I. W. 2018. Metodelogi penelitian pendidikan. Singaraja: Undiksha

Suprapto, E., Fahrizal, Priyono, & Basri. 2017. The application of problem-based learning strategy to increase high order thinking skill of senior vocational school student . International Education Studies, 10(6), 123-129. Tersedia pada http://doi.org./10.5539/ies.v.10n6p123. Diakses 1 Juli 2017.

Susilawati, Jamaluddin, & Bachtiar, I. 2017. Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah (PBM) berbantuan multimedia terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas vii smp negeri 2 mataram ditinjau dari kemampuan akademik. J. Pijar MIPA, 12(2), 64-70. Tersedia pada http://jurnalfkip.unram.ac.id/index.php/JPM/article/view/343/332. Diakses 7 Desember 2017.

Trianto. 2007. Model-model pembelajaran inovatif berorientasi konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Umar, W. 2017. Constructing means ends analysis instruction to improve students’ critical thinking ability and mathematical habits of mind disposition. International Journal of Education and Research, 5(2), 261-272. Tersedia pada http://www.ijern.com/journal/2017/February-201/22.pdf. Diakses 12 Maret 2017.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um047v25i12018p16-24

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Ni Putu Ayu Lisniandila, I Wayan Santyasa, Iwan Suswandi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXED BY

TOOLSPLAGIARISM CHECKARTICLE TEMPLATE

 

 

Research Article

Non Research Article

Creative Commons License

JPP (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

JPP Statistics (Since July 14th, 2020): View My Stats