Pengaruh kondisi sosial dan ekonomi keluarga terhadap tingkat pendidikan anak di Desa Kentol, Nusa Tenggara Timur

Ermelinda Kurnia Saida, Agung Suprianto, Mustika Arif Jayanti

Abstract


Tingkat pendidikan seorang anak dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, di antarannya adalah kondisi sosial dan ekonomi. Desa Kentol, Kabupaten Manggarai merupakan desa dengan minat pendidikan anak yang masih rendah. Melihat hal tersebut, peneliti melakukan penelitian dengan tujuan untuk  mencari tahu apakah ada pengaruh antara status sosial dan ekonomi pada tingkat pendidikan anak di Desa Kentol. Metode dalam penelitian menggunakan kuantitatif dengan pendekatan statistik inferensial. Pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi, kuesioner, dan dokumentasi dengan populasi seluruh masyarakat Desa Kentol yang anaknya dalam jenjang pendidikan yang berjumlah 204 orang. Pengambilan sampel menggunakan metode Proportionate Stratified Random Sampling. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linier berganda dengan menggunakan software SPSS. Pengujian hipotesis menggunakan uji F (Simultan) bermaksud  untuk mengetahui pengaruh dari masing-masing variabel dan uji T (Parsial) dengan maksud untuk mengetahui dampak dari dua variabel yang diuji secara bersama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa status sosial berdampak  terhadap tingkat  pendidikan anak 0,2 persen dan status ekonomi 6,3 persen, sedangkan untuk sisanya disebabkan oleh faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.


Keywords


kondisi sosial; kondisi ekonomi; tingkat pendidikan anak

Full Text:

PDF

References


Basrowi, B. and Juariyah, S. (2010) ‘Analisis Kondisi Sosial Ekonomi dan Tingkat Pendidikan Masyarakat Desa Srigading Kecamatan Labuhan Maringgai’, Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, 7(1).

Moha, I., Sondakh, S.J. and Kotambunan, O. v. (2019) ‘Kondisi Sosial Ekonomi Keluarga Nelayan dan Pengaruhnya Terhadap Tingkat Pendidikan Anak di Desa Bulawan Induk Kecamatan Kotabunan Kabupaten Bolaang Mogondow Timur’, AKULTURASI: Jurnal Ilmiah Agrobisnis Perikanan, 7(1), pp. 1067–1076.

Mucharom, N. (2018) ‘Analisis Kondisi Sosial Ekonomi Orang Tua terhadap Tingkat Pendidikan Anak di Kabupaten Jember’, Jurnal Nusantara Aplikasi Manajemen Bisnis, 3(1), pp. 1–13.

Nasirotun, S. (2013) ‘Pengaruh Kondisi Sosial Ekonomi dan Pendidikan Orang Tua terhadap Motivasi Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi pada Siswa’, Ekonomi IKIP Veteran Semarang, 1(2), pp. 15–24.

Nurhayati, S. (2017) ‘Pengaruh Kondisi Ekonomi Terhadap Tingkat Pendidikan Anak di Desa Sinar Tebudak Kecamatan Tujuh Belas’, Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 6(7).

Oktama, R.Z. (2013) Pengaruh Kondisi Sosial Ekonomi Terhadap Tingkat Pendidikan Anak Keluarga Nelayan Di Kelurahan Sugihwaras Kecamatan Pemalang Kabupaten Pemalang. Universitas Negeri Semarang.

Riduwan, R. (2005) Belajar Mudah Penelitian untuk Guru, Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.

Serang, L., Arifin, T. and Rodja, M. (2020) ‘Social and Economic Conditions on Children’s Education Level Fisherman Family in Nangadhero Village, Aesesa District Nagekeo District’, ECODUCATION (Economic & Education Journal) , 2(2), pp. 76–88.

Siswoyo, D. (2011) Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Sumardi, S. (2007) Pendapatan Barang dan Jasa. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Wardani, M., Hardati, P. and Hariyanto, H. (2020) ‘Pengaruh Kondisi Sosial Ekonomi dan Geografis Rumah Tangga Petani Terhadap Pendidikan Anak di Desa Banyukuning Kecamatan Bandung Kabupaten Semarang’, Edu Geography, 8(1), pp. 24–30.

Yulianti, Y. and Purnomo, M. (2003) Sosiologi Pedesaan. Malang: Pustaka Utama.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um022v7i22022p59

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Editorial and Administration Office:
This Journal is published by Prodi Pendidikan IPS, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang
Semarang St. No. 5 Building I3-102 65145.
Phone. (0341) 551312. line. 376 (19)
Homepage: http://journal2.um.ac.id/index.php/jtppips/index
email: jtp2ips.journal@um.ac.id 


JTP2IPS INDEXED BY:

 

e-ISSN 2503-5347
ISSN 2503-1201

Statcounter

 Creative Commons License

JTP2IPS is licensed by CC BY 4.0