Peran kompetensi pedagogi Guru IPS: studi kasus upaya mengatasi hambatan dan tantangan belajar Peserta Didik di SMPN 1 Prambon

Anggi Wahyu Rahmadani, Agung Wiradimadja

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Menjelaskan tentang hambatan dan tantangan pembelajaran IPS yang terjadi di SMPN 1 Prambon; 2) Menjelaskan faktor apa saja yang menjadi hambatan dan tantangan belajar peserta didik; dan 3) Menjelaskan peran kompetensi pedagogi guru dalam mengatasi hambatan dan tantangan belajar IPS. Metode penelitian yang digunakan ialah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tahapan analisis data kualitatif melalui reduksi data, display data, dan conclusion. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hambatan dan tantangan pembelajaran IPS di SMPN 1 Prambon terjadi karena kurangnya motivasi belajar, konsentrasi belajar, rendahnya literasi peserta didik, kemandirian dan kedisiplinan peserta didik. Selain itu, masih belum ada pengembangan media belajar yang mengadaptasikan teknologi pembelajaran berbasis TPACK dan fasilitas ruang belajar yang kurang nyaman. Apabila permasalahan tersebut tidak segera diselesaikan, maka pembelajaran tidak dapat berjalan dengan lancar dan tujuan belajar akan sulit dicapai. Oleh karena itu, guru IPS berupaya aktif memberikan penguatan motivasi, mengikuti pelatihan untuk meningkatkan kompetensi pedagogi guru dan mengadaptasikan media belajar untuk mendukung proses pembelajaran IPS.

Keywords


kompetensi pedagogi guru; hambatan dan tantangan; pembelajaran IPS

Full Text:

PDF

References


Agustina, C.W. (2016) Problematika pembelajaran IPS bagi siswa SMP Negeri 2 Nguling Pasuruan. undergraduate. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Agustina, Y., Rizka and Yuda, M.F. (2021) ‘Pengaruh Kreativitas Guru dalam Mengelola Pembelajaran IPS Terpadu terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik’, Jurnal Sociohumaniora Kodepena (JSK), 2(2), pp. 200–211.

Ahmad, A. et al. (2021) ‘Identifikasi Hambatan Belajar Online Siswa pada Masa Pandemi COVID-19 (Study Kasus: di Madrasah Tsanawiyah)’, Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan (Jartika), 4(1), pp. 145–154.

Amiati, C.N. (2021) Penerapan Metode Pembelajaran Ceramah Meningkatkan Minat Belajar pada Mata Pelajaran IPS (Studi Kasus Siswa Kelas IX F di SMP Negeri 1 Balong Ponorogo). Diploma. IAIN Ponorogo.

Anindar, J. (2021) 'Teori Belajar Menurut Aliran Kognitif Serta Implikasinya Dalam Pembelajaran', Jurnal Al-Taujih : Bingkai Bimbingan dan Konseling Islami, 3(2), pp.8-16.

Antoni, M.N.Y. (2021) Upaya Guru IPS Untuk Meningkatkan Semangat Dan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Di SMP Negeri 1 Sambit Ponorogo. Diploma. IAIN Ponorogo.

Basri, H. (2021) ‘Kompetensi Guru dalam Memotivasi Belajar Siswa di Kelas XI IPS Smas ar-Rahman Kec. Medan Helvetia’, Jurnal Kajian Islam Kontemporer (JURKAM), 1(3), pp. 155–158.

Bistari, B. (2018) ‘Konsep dan Indikator Pembelajaran Efektif’, Jurnal Kajian Pembelajaran dan Keilmuan, 1(2), pp. 13–20.

Erwinsyah, A. (2017) ‘Manajemen Pembelajaran dalam Kaitannya dengan Peningkatan Kualitas Guru’, Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), pp. 69–84.

Ferdianita, N.F.N. and Mulianingsih, F. (2021) ‘Analisis Hambatan Guru IPS dalam Pembelajaran Jarak Jauh Dampak Pandemi Covid-19 di SMP/MTs Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus’, Sosiolium: Jurnal Pembelajaran IPS, 3(1), pp. 50–62.

Firmansyah, H. and Putri, A.E. (2021) Belajar dan Pembelajaran (Konsep Dasar dan Teori). Penerbit Lakeisha.

Gamayao, M.D. and Binas, J.E.E. (2021) ‘Teaching competence and pedagogical content knowledge of science teachers in the First District of Capiz, Philippines: Basis for a sustainable instructional program’, European Journal of Humanities and Educational Advancements, 2(1), pp. 26–34.

Haipudin, M.S. (2021) Teori Belajar Dan Pembelajaran: Menciptakan Pembelajaran yang Kreatif dan Efektif. Prenada Media.

Hidayat, N.A.S.N. et al. (2022) ‘Kompetensi Pedagogi Guru dalam Membangun Hasil Belajar Yang Efektif’, Aulad: Journal on Early Childhood, 4(3), pp. 214–221.

Kusumaningtyas, R.A. et al. (2022) Uji Kompetensi Guru. Bumi Aksara.

Liana, N.I. et al. (2021) ‘Hambatan dan Solusi dalam Proses Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19’, Journal of Education and Technology, 1(2), pp. 62–68.

Maghfur, M. (2021) ‘Kompetensi Pedagogi Guru’, Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 19(2), pp. 269–286.

Majid, A.S.N. et al. (2021) ‘Perilaku Membolos Menjadi Hambatan Belajar di Sekolah’, Usaha Pemberian Layanan yang Optimal Guru BK pada Masa Pandemi Covid-19 (Antologi Esai Mahasiswa Bimbingan dan Konseling), p. 144.

Mamduhah, M. (2020) Peran Kompetensi Pedagogi Guru IPS Dalam Memilih Model Pembelajaran di SMP I Terpadu Siding Puri Poreh Lenteng Sumenep. Diploma. Institut Agama Islam Negeri Madura.

Marbun, G.R. (2022) ‘Pengaruh Kompetensi Pedagogi Guru dan Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII Selama Pandemi Covid-19 Di SMP Swasta Yapim Biru-Biru Tahun Ajaran 2021/2022’. Medan: UHN

Miles, M.B., Huberman, A.M. and Saldana, J. (2014) Qualitative Data Analysis. SAGE.

Murkatik, K., Harapan, E. and Wardiah, D. (2020) ‘The Influence of Professional and Pedagogic Competence on Teacher’s Performance’, Journal of Social Work and Science Education, 1(1), pp. 58–69.

Novtaria, A., Alfiandra, A. and Kurnisar, K. (2022) Implementasi Pembelajaran Berbasis Tpack Pada Mata Pelajaran Ppkn Di Upt Sma Negeri 8 Muara Enim. Undergraduate. Sriwijaya University.

Octavia, S.A. (2020) Model-Model Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.

Prasetyo, R. (2021) ‘Profesionalisme Guru Dalam Pendidikan’. OSF Preprints.

Prijowuntato, S.W. and Wardhani, A.M.N. (2021) ‘Analisis Kesan, Tantangan, Hambatan, dan Harapan Pembelajaran Daring di Era Pandemi Covid 19’, Jurnal Inovasi Pendidikan Ekonomi (JIPE), 11(1), pp. 33–44.

Purba, S. et al. (2021) Landasan Pedagogi: Teori dan Kajian. Yayasan Kita Menulis.

Putra, R.G. (2021) ‘Implementasi Kompetensi Pedagogi dan Kepribadian Guru dalam Penguatan Pendidikan Karakter Disiplin pada Peserta Didik’, Genta Mulia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 12(1).

Rahma, M., Hafid, A. and Sudirman, H. (2021) ‘Hubungan Keterampilan Dasar Mengajar Guru dengan Minat Belajar Siswa Kelas Tinggi’, JPPSD: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(2), pp. 191–197.

Ramadhan, M.A. (2022) ‘Profesionalisme Guru untuk Mewujudkan Guru yang Bermutu’. OSF Preprints.

Riandhana, T.E. (2016) ‘Pengaruh Kompetensi Pedagogi dan Kompetensi Profesional Guru Terhadap Pembelajaran IPS di SMP Negeri Kota Palu’, Katalogis, 4(1).

Rifma, D. (2016) Optimalisasi Pembinaan Kompetensi Pedagodik Guru: Dilengkapi Model Pembinaan Kompetensi Pedagogi Guru. Kencana.

Rukajat, A. (2018) Pendekatan Penelitian Kualitatif (Qualitative Research Approach). Deepublish.

Rusiah, R. (2021) upaya guru dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa masa covid-19 pada pelajaran ips di smpn 1 jenangan ponorogo. diploma. IAIN PONOROGO.

Sari, T.W. and Hermanto, F. (2021) ‘Peranan Kompetensi Pedagogi Guru dan Keaktifan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Melalui Pembelajaran dalam Jaringan Di SMPN 2 Cepiring Kendal’, Sosiolium: Jurnal Pembelajaran IPS, 3(1), pp. 63–74.

Septiawan, R. (2021) Problematika pembelajaran IPS bagi siswa MTs Al Hayatul Islamiyah Kota Malang. undergraduate. Malang: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim

Sofi, E. (2017) ‘Pembelajaran Berbasis E-Learning Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas Viii Madrasah Tsanawiyah Negeri’, Tanzhim, 1(1), pp. 49–64.

Subakti, H. et al. (2021) Metodologi Penelitian Pendidikan. Yayasan Kita Menulis.

Sugiarto, E. (2017) Menyusun proposal penelitian kualitatif: Skripsi dan tesis: Suaka media. Diandra Kreatif.

Sulistyowati, D.E., Sumaryoto, S. and Sriyono, H. (2021) ‘Prestasi belajar ilmu pengetahuan sosial siswa dipengaruhi kecerdasan emosional dan motivasi belajar (Studi di SMP Negeri Jakarta Barat)’, Herodotus: Jurnal Pendidikan IPS, 4(2), pp. 116–129.

Sutrisna, E. (2012) ‘Strategi Guru Dalam Pembelajaran IPS (Studi Eksploratif Pelaksanaan Pembelajaran IPS di SMP Wilayah Kabupaten Pati)’, Journal of Educational Social Studies, 1(1).

Syaharuddin, S. and Mutiani, M. (2020) Strategi Pembelajaran IPS: Konsep dan Aplikasi. Program Studi Pendidikan IPS Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Syarifah, S. (2019) ‘Konsep Kecerdasan Majemuk Howard Gardner’, Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 2(2), pp. 176–197.

Taufan, M.Y. and Basalamah, A. (2021) ‘Implementation of Teacher Social Competence in Improving Student Learning Motivation’, Golden Ratio of Social Science and Education, 1(1), pp. 25–36.

Tawar, T. and Fabanyo, H. (2022) ‘Sistem Pembelajaran Online di Sekolah Dasar: Hambatan, Tantangan, Kesiapan Guru dan Solusi’, International Journal of Disabilities and Social Inclusion, 2(01), pp. 18–26.

Vishnevsky, V.A. et al. (2021) ‘Professional competences of a higher school teacher: socio-pedagogical analysis of personal qualities and priority areas of educational activity’, Revista on line de Política e Gestão Educacional.

Wahab, G.M. and Rosnawati, R. (2021) Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran. Penerbit Adab.

Wahyuni, L. (2021) ‘Upaya Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar IPS Menggunakan Metode Teka-Teki Silang di Kelas VIII C SMP Negeri 5 Murung’, e- Jurnal Mitra Pendidikan, 5(3), pp. 196–214.

Wiradimadja, A. (2016) ‘Penerapan Value Clarification Technique (VCT) Model Role Playing dalam Mata Pelajaran IPS untuk Menekan Perilaku Bullying Siswa di SMP Negeri 4 Bandung’, Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 25(2), pp. 182–187.

Wiradimadja, A., Kurniawan, B. and Sukamto, S. (2019) ‘Pelatihan PTK bagi Guru IPS SMP/MTs Malang Raya’, Jurnal Praksis dan Dedikasi Sosial (JPDS), 2(1), pp. 6–12.

Zamma, M.S., K, K. and Annisa, A.N. (2022) 'Hubungan Adiksi Game Online dengan Gangguan Pola Tidur pada Remaja'. An Idea Health Journal, 2(1), pp. 55-59.

Zulqarnain, Z. (2021) Psikologi Pendidikan. Deepublish.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um022v7i22022p88

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Editorial and Administration Office:
This Journal is published by Prodi Pendidikan IPS, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang
Semarang St. No. 5 Building I3-102 65145.
Phone. (0341) 551312. line. 376 (19)
Homepage: http://journal2.um.ac.id/index.php/jtppips/index
email: jtp2ips.journal@um.ac.id 


JTP2IPS INDEXED BY:

 

e-ISSN 2503-5347
ISSN 2503-1201

Statcounter

 Creative Commons License

JTP2IPS is licensed by CC BY 4.0