Analisis kemampuan technological, pedagogical, and content knowledge (TPACK) Guru-guru IPS SMP di Malang

Nurul Ratnawati, Neni Wahyuningtyas, Ferdinan Bashofi

Abstract


Kerangka kerja TPACK dibangun berdasarkan deskripsi tentang PCK (Pedagogical Content Knowledge). Ada tiga komponen utama dalam kerangka kerja TPACK yaitu 1) konten, 2) pedagogi, dan 3) teknologi. Sama halnya dengan sebuah model, dalam TPACK terdapat interaksi antara dan di antara komponen-komponen pengetahuan tersebut, yang diwakili sebagai PCK, TCK, TPK, dan TPACK. Interaksi-interaksi antar komponen tersebut akan menghasilkan pengetahuan tentang bagaimana pengintegrasian teknologi dalam pembelajaran sehingga pembelajaran lebih bermakna, efektif, dan efisien. Tujuan dilakukan penelitian ini untuk menganalisis kompetensi TPACK guru IPS. Penelitian dilakukan pada guru-guru IPS SMP baik negeri maupun swasta yang ada di Kota/Kabupaten Malang. Penelitian menggunakan metode survei dengan teknik pengambilan data angket, wawancara, dan dokumentasi. Temuan penelitian menunjukkan bahwa tingkat kemampuan TPACK guru IPS SMP di kabupaten/kota Malang berada pada tingkat sederhana. Artinya guru IPS SMP cukup bagus pengetahuan tentang TPACK namun belum mampu menerapkan pengetahuan TPACK tersebut pada pembelajaran.


Keywords


TPACK; guru; Ilmu Pengentahuan Sosial

Full Text:

PDF

References


Adiyanta, F.C.S. (2019) ‘Hukum dan Studi Penelitian Empiris: Penggunaan Metode Survey sebagai Instrumen penelitian hukum empiris’, Administrative Law and Governance Journal, 2(4), pp. 697–709.

Akman, Ö. and Güven, C. (2015) ‘TPACK Survey Development Study for Social Sciences Teachers and Teacher Candidates.’, International Journal of Research in Education and Science, 1(1), pp. 1–10.

Arifyanti, A.I. (2019) ‘Kemampuan TPACK Guru-Guru IPS di Kota Malang’.

Chai, C.S., Koh, J.H.L. and Tsai, C.-C. (2013) ‘A Review of Technological Pedagogical Content Knowledge’, Journal of Educational Technology & Society, 16(2), pp. 31–51.

Diacopoulos, M.M. (2018) Understanding Technological, Pedagogical, and Content Knowledge in an Educational Technology Course: A Case Study of Social Studies Preservice Teacher’s Beliefs and Dispositions. Old Dominion University.

Eggen, P. (2016) ‘Strategi dan Model Pembelajaran: Mengajarkan Konten dan Ketrampilan Berpikir’.

Gomez, M. (2016) ‘TPACK in Practice: A Qualitative Study of Middle School Social Studies Teachers in a 1: 1 Laptop Environment.’, ProQuest LLC.

Guerriero, S. (2014) ‘Teachers’ Pedagogical Knowledge and the Teaching Profession’, Teaching and Teacher Education, 2(1), p. 7.

Indrajati, N. (2019) ‘Kemampuan TPACK Guru-Guru IPS di Kota Malang’.

Jefriani, U.A. (2019) ‘Kemampuan TPACK Guru-Guru IPS SMP di Kota Malang’.

Jordan, K. (2014) ‘Initial trends in enrolment and completion of massive open online courses’, International Review of Research in Open and Distributed Learning, 15(1), pp. 133–160.

Kathirveloo, P., Puteh, M. and Matematik, F.S. (2014) ‘Effective Teaching: Pedagogical Content Knowledge’, in Proceeding of International Joint Seminar Garut, Garut, Indonesia.

Koehler, M. and Mishra, P. (2009) ‘What is Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK)?’, Contemporary issues in technology and teacher education, 9(1), pp. 60–70.

Kunandar, K. (2013) ‘Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013) Suatu Pendekatan Disertai dengan Contoh’, Jakarta: Rajawali Pers [Preprint].

Lee, J.K. (2014) ‘Toward Democracy: Social Studies and TPCK’, in Handbook of technological pedagogical content knowledge (TPCK) for educators. Routledge, pp. 139–154.

Luciana, L. (2020) Untuk mensukseskan ‘online learning’, guru harus dilatih menyambut ketidakpastian dalam proses belajar, The Conversation.

Mahnun, N. (2012) ‘Media Pembelajaran: Kajian terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran’, Jurnal pemikiran islam, 37(1).

Ma’rifataini, L. (2014) ‘Efektivitas MGMP dalam Peningkatan Profesionalisme Guru Mata Pelajaran Umum di MTs’, Edukasi, 12(1), p. 294479.

Miles, M.B. and Huberman, A.M. (2014) Analisis Data Kualitatif: Buku sumber tentang metode-metode baru. Jakarta: UI-Press.

Mishra, P. and Koehler, M.J. (2006) ‘Technological pedagogical content knowledge: A framework for teacher knowledge’, Teachers college record, 108(6), pp. 1017–1054.

Mulyoadi (2019) ‘Kemampuan TPACK Guru-Guru IPS SMP di Kota Malang’.

Nisak, M. (2019) ‘Kemampuan TPACK Guru-Guru IPS di Kota Malang’.

Norström, P. (2014) Technological Knowledge and Technology Education. Stockholm: Architecture and the Built Environment, KTH Royal Institute of Technology.

Pulungtana, J.R. and Dwikurnaningsih, Y. (2020) ‘Evaluasi Kinerja Mengajar Guru IPS Dalam Mengimplementasikan TPACK’, Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 9(1), pp. 146–155.

Purnomo, H.A. et al. (2018) Modul Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Sekolah Menengah Pertama (SMP): Terintegrasi Penguatan Pendidikan Kaarakter dan Pengembangan Sosial. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Pendidikan.

Purwanto, E. (2014) ‘Evaluasi Proses dan Hasil dalam Pembelajaran: Aplikasi dalam Bidang Studi Geografi’, Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Ratnawati, N. et al. (2018) ‘Pengembangan Buku Pedoman Laboratorium Alam Fakultas Ilmu Sosial untuk Siswa SMP’, Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS, 2(2), pp. 62–67.

Rosyid, A. (2016) ‘Technological Pedagogical Content Knowledge: Sebuah Kerangka Pengetahuan bagi Guru Indonesia di era MEA’, in Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan.

Rozimela, Y. (2016) ‘Untold Story: Classroom Management Problems and Their Influence On Student-Teachers’, in Proceedings of ISELT FBS Universitas Negeri Padang, pp. 489–496.

Saadah, L. (2019) ‘Kemampuan TPACK Guru-Guru IPS di Kota Malang’.

Schmidt, D.A. et al. (2009) ‘Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) the Development and Validation of an Assessment Instrument for Preservice Teachers’, Journal of research on Technology in Education, 42(2), pp. 123–149.

Schoen, L. and Fusarelli, L.D. (2008) ‘Innovation, NCLB, and the fear factor: The challenge of leading 21st-century schools in an era of accountability’, Educational Policy, 22(1), pp. 181–203.

Setiawan, U., Maryani, E. and Nandi, N. (2018) ‘Pedagogical Content Knowledge (PCK) Guru Geografi SMA’, Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial, 4(1), pp. 12–21.

Sevilla, C.G.O. (2006) Pengantar Metode Penelitian. Jakarta: UI-Press.

Shulman, L.S. (1986) ‘Those Who Understand: Knowledge Growth in Teaching’, Educational researcher, 15(2), pp. 4–14.

Siwinasih, N.I. (2019) ‘Kemampuan TPACK Guru-Guru IPS SMP di Kota Malang’.

Subanji, S. (2015) ‘Peningkatan Pedagogical Content Knowledge Guru Matematika dan Praktiknya dalam Pembelajaran Melalui Model Pelatihan TEQIP’, Jurnal Ilmu Pendidikan, 21(1).

Tyagita, B.P.A. and Iriani, A. (2018) ‘Strategi Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru untuk Meningkatkan Mutu Sekolah’, Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(2), pp. 165–176.

Zwaagstra, M. (2017) Content Knowledge is the Key To Learning. Canada: Frontier Centre For Public Policy.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um022v7i22022p78

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Editorial and Administration Office:
This Journal is published by Prodi Pendidikan IPS, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang
Semarang St. No. 5 Building I3-102 65145.
Phone. (0341) 551312. line. 376 (19)
Homepage: http://journal2.um.ac.id/index.php/jtppips/index
email: jtp2ips.journal@um.ac.id 


JTP2IPS INDEXED BY:

 

e-ISSN 2503-5347
ISSN 2503-1201

Statcounter

 Creative Commons License

JTP2IPS is licensed by CC BY 4.0