Apakah discovery learning dapat menumbuhkan keterampilan berpikir kritis? Respon siswa terhadap penggunaan UKBM pada Program Ilmu Sosial

Sri Sukartiningsih, Sarmini Sarmini, Muhammad Jacky, Agung Dwi Bahtiar El Rizaq

Abstract


Berpikir kritis menjadi salah satu keterampilan utama yang harus dimiliki siswa sebagai bekal menjawab tantangan globalisasi dan tuntutan tenaga kerja terampil pada era disrupsi. Berbagai model, metode dan strategi pembelajaran dikembangkan untuk memenuhi tujuan tersebut. Salah satunya melalui implementasi bahan ajar berupa Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM) dalam pembelajaran untuk menumbuhkan keterampilan berpikir kritis siswa. Fokus kajian ini adalah mendeskripsikan respon siswa terhadap penggunaan UKBM di program ilmu sosial berbasis discovery learning untuk menumbuhkan keterampilan berpikir kritis siswa. Kajian ini menggunakan desain penelitian mix method tipe explanatory dengan teknik prosentase. Data dikumpulkan melalui angket, observasi dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan empat tahap; pengumpulan, reduksi, penyajian dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menemukan beberapa hal: 1) UKBM Program ilmu sosial efektif digunakan guna menumbuhkan keterampilan berpikir kritis; 2) penilaian paling menonjol adalah aspek ketertarikan siswa pada desain UKBM yang menarik; 3) penilaian kurang menonjol pada aspek pendekatan discovery learning dalam pembelajaran karena membutuhkan waktu panjang serta keseriusan guru dan siswa. Tulisan ini merekomendasikan implementasi model pembelajaran lain pada UKBM untuk menumbuhkan keterampilan berpikir kritis.

 

DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um022v6i12921p9 


Keywords


Discovery learning; Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM);Keterampilan Berpikir Kritis

Full Text:

PDF

References


Amini, R. (2017). The Development of Integrated Learning Based Students’ Book to Improve Elementary School Students’ Competence. Unnes Science Edication Journal, 6(2), 1586–1592.

Astra, I. M. (2018). Character building in physics learning for Indonesia children. Journal of Physics: Conference Series, 1040(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1040/1/012043

El Rizaq, A. D. B., & Sarmini. (2020). Integrasi nilai karakter lokal dalam pengembangan bahan ajar IPS untuk meningkatkan wawasan kebangsaan siswa. Jurnal Teori Dan Praksis Pembelajaran IPS, 5(1), 19–27. https://doi.org/10.17977/um022v5i12020p019

Ellizar, E., Hardeli, H., Beltris, S., & Suharni, R. (2018). Development of Scientific Approach Based on Discovery Learning Module. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 335(1). https://doi.org/10.1088/1757-899X/335/1/012101

Hategan, V. P. (2018). Critical Thinking, an Effective Educational Tool in Philosophical Counseling. Journal Plus Education, XIX(1), 262–272.

Lesilolo, H. J. (2019). Penerapan Teori Belajar Sosial Albert Bandura Dalam Proses Belajar Mengajar Di Sekolah. KENOSIS: Jurnal Kajian Teologi, 4(2), 186–202. https://doi.org/10.37196/kenosis.v4i2.67

Marquez, L. P. (2017). Critical thinking in philippine education: What we have and what we need. Journal for Critical Education Policy Studies, 15(2), 272–303.

Masrizal. (2011). Mixed Method Research. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 6(1), 53–56.

Nurul Istikomah, Stefanus Christian Relmasira, A. T. A. H. (2017). Penerapan model discovery learning pada pembelajaran ips untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar kognitif siswa sekolah dasar. Didaktika Dwija Indria, 6(3), 130–139.

Sahika. (2017). Curriculum Development Study for Teacher Education Supporting Critical Thinking. Eurasian Journal of Educational Research, 76(May), 37. https://doi.org/10.14689/ejer.2018.76.9

Tan, C. (2017). Teaching critical thinking: Cultural challenges and strategies in Singapore. British Educational Research Journal, 43(5), 988–1002. https://doi.org/10.1002/berj.3295

Tiruneh, D. T., De Cock, M., & Elen, J. (2018). Designing Learning Environments for Critical Thinking: Examining Effective Instructional Approaches. International Journal of Science and Mathematics Education, 16(6), 1065–1089. https://doi.org/10.1007/s10763-017-9829-z

Walter, Christel; Walter, P. (2017). Is Critical Thinking a Mediator Variable of Student Performance in School? Educational Research Quarterly, 41(3), 3–24.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2021 Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS



Editorial and Administration Office:
This Journal is published by Program Studi Pendidikan IPS, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang
Semarang St. No. 5 Building I3-102 65145.
Phone. (0341) 551312. line. 376 (19)
Homepage: http://journal2.um.ac.id/index.php/jtppips/index
email: jtp2ips.journal@um.ac.id 


JTP2IPS INDEXED BY:

 

ISSN 2503-5347
ISSN 2503-1201


 Creative Commons License

JTP2IPS is under licensed by CC BY 4.0.