ANALISIS NILAI- NILAI KETELADAAN MELALUI TOKOH PAHLAWAN MENGUNAKAN MODEL ROLE- PLAYING PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII SMP PUTRA MAJU PLAJU PALEMBANG
Abstract
Abstract: The purpose of this study was to analyze the exemplary values of heroic figures in South Sumatra that have been applied in the learning process using the role playing model. The type of research used is descriptive qualitative. Data collection techniques using interview methods, observation and documentation. Data validity techniques with triangulation of sources and techniques and data analysis starting from data collection, data reduction, data presentation, verification. From the results of the study, it can be concluded (1) exemplary values in social studies subjects at SMP Putra Maju through the material of South Sumatran heroic figures, namely Sultan Mahmud Badaruddin II, Adnan Kapau Gani, A,M Thalib, through these figures students are given an understanding of the values of struggle and can apply them in everyday life (2) The planning carried out by the teacher is quite good starting from the creation of lesson plans, implementation and evaluation. Learning devices designed by teachers using the role-playing model. (3) The obstacles faced by teachers in the process of realizing exemplary values through South Sumatran hero figures are the limited supporting books used by students, learning media and teachers still do not use various learning models so that students feel bored.
Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis nilai-nilai keteladanan tokoh pahlawan di Sumatera Selatan yang telah di terapkan dalam proses pembelajaran dengan mengunakan model role playing. Jenis penelitian yang digunakan deskriptif kualitatif Teknik pengumpulan data dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi.. Teknik keabsahan data dengan triangulasi sumber dan teknik dan analisis data dimulai dari pengumpulan data, reduksi data, sajian data, verifikasi. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan (1) nilai nilai keteladanan pada mata pelajaran IPS disekolah SMP Putra Maju melalui materi tokoh pahlawan Sumatera Selatan yakni Sultan Mahmud Badaruddin II, Adnan Kapau Gani, A.M. Thalib, melalui tokoh tersebut peserta didik diberi pemahaman nilai-nilai perjuangan serta dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari hari (2) Perencanaan yang dilakukan guru cukup baik dimulai dari pembuatan rpp, pelaksanaan dan evaluasi. Perangkat pembelajaran yang dirancang guru dengan mengunakan model role- playing. (3) kendala yang dihadapi guru dalam prores perwujudtan nilai keteladanan melalui tokoh pahlawan sumatera selatan yaitu keterbatasan buku penunjang yang digunakan peserta didik, media pembelajaran dan guru masih belum mengunakan macam-macam model pembelajaran sehingga siswa merasa bosan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aqib, Z., & Murtadlo, A. (2016). Kumpulan Metode Pembelajaran Kreatif dan Inovatif. PT. Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.
Chaerulsyah, E. M. (2014). Persepsi Siswa Tentang Keteladanan Pahlawan Nasional Untuk Meningkatkan Semangat Kebangsaan Melalui Pembelajaran Sejarah Di SMA Negeri 4 Kota Tegal Tahun Ajaran 2012/2013. Seminar Nasional Ilmu Pendidikan UNS.
Dwiningrum, S. I. A., Septiarti, S. W., & Widyaningsih. (2012). Ilmu Sosial dan Budaya Dasar. UNY Press.
Haudi. (2021). Strategi Pembelajaran. Insan Cendekia Mandiri.
Hidayati. (2002). Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar. Universitas Negeri Yogyakarta.
Marlina. (2024), Wawancara, 08-10-2024
Marlina. (2024), Wawancara, 09-10-2024
Mulyasa, H. E. (2012). Manajemen Pendidikan Karakter. Bumi Aksara.
Rusyan, A. T. (2009). Pendidikan Budi Pekerti. PT Intimedia Ciptanusantara.
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sutopo, H. B. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif (Dasar Teori dan Terapannya dalam Penelitian). UNS Press.
Widya. (2024). Wawancara, 08-10-2024
Yanto, A. (2015). Metode Bermain Peran (Role Playing) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips. Jurnal Cakrawala Pendas, 1(1). https://doi.org/10.31949/jcp.v1i1.345
Zeni. (2024). Wawancara, 08-10-2024
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um0330v7i2p314-325
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Editorial office:
History Department, Faculty of Social Science,
Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang No.5 Kota Malang 65145,
Phone. (0341) 551312,
email: jpsi@um.ac.id
Website: http://journal2.um.ac.id/index.php/sejarah/index
E-ISSN 2622-1837
This work is licensed under a CC BY SA 4.0.