POTENSI SEJARAH TRADISI LELANG BANDENG SIDOARJO SEBAGAI MUATAN MATERI PEMBELAJARAN SEJARAH BERBASIS KEWIRAUSAHAAN PADA KURIKULUM MERDEKA

Alif Rifqi Harwinsyah, Slamet Sujud Purnawan Jati

Abstract


Abstract: Tradition preservation and understanding of entrepreneurship are two important contents in education that must be taught to students. The Sidoarjo milkfish auction tradition is a tradition that is influenced by the economic, cultural, and religious aspects of the Sidoarjo coastal community, therefore the Sidoarjo milkfish auction tradition has the potential as a content of historical material to provide students with an understanding and motivation about entrepreneurship which is the focus of the Pancasila Student Profile in the Independent Curriculum. This research will discuss the potential of the Sidoarjo milkfish auction tradition as one of the contents in entrepreneurship-based history learning in the Independent Curriculum. The method used in this study is qualitative research with a literature study approach that utilizes various literacy sources. The results of this study show that the Sidoarjo milkfish auction tradition has a huge potential to provide interest and understanding related to entrepreneurship to students, this is based on aspects that affect the existence of this tradition such as economics, religion, and local culture where these aspects are attractions that can bring entrepreneurial opportunities.



Abstrak: Pelestarian tradisi dan pemahaman tentang kewirausahaan merupakan dua muatan penting dalam pendidikan yang wajib diajarkan kepada siswa. Tradisi lelang bandeng Sidoarjo merupakan sebuah tradisi yang dipengaruhi oleh aspek ekonomi, budaya, dan religi masyarakat pesisir Sidoarjo, maka dari itu tradisi lelang bandeng Sidoarjo memiliki potensi sebagai muatan materi sejarah untuk memberikan siswa pemahaman serta motivasi mengenai kewirausahaan yang menjadi fokus dalam Profil Pelajar Pancasila pada Kurikulum Merdeka. Penelitian ini akan membahas mengenai potensi tradisi lelang bandeng Sidoarjo sebagai salah satu muatan dalam pembelajaran sejarah berbasis kewirausahaan pada Kurikulum Merdeka. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi pustaka yang memanfaatkan berbagai sumber literasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa tradisi lelang bandeng Sidoarjo memiliki potensi yang sangat besar untuk memberikan minat dan pemahaman terkait kewirausahaan kepada siswa, hal ini didasari dengan aspek yang mempengaruhi keberadaan tradisi ini seperti ekonomi, religi, dan budaya lokal dimana aspek tersebut menjadi daya tarik yang dapat mendatangkan peluang kewirausahaan.


Keywords


milkfish auction tradition; Sidoarjo; Kurikulum Merdeka.

Full Text:

PDF

References


Ahmad, T. (1998). Budidaya Bandeng secara Intensif. Jakarta: Penebar Swadaya.

Ahmad, T. A., Susilowati, N., Subkhan, E., & Amin, S. (2019). Historiopreneurship and Commercialization of History Laboratory in Universitas Negeri Semarang. KnE Social Sciences, 2019, 706–715. https://doi.org/10.18502/kss.v3i18.4760

Anisa, N. 13 November 2020. Masih Pandemi, Lelang Bandeng Kawak Ditiadakan. Jawa Pos. https://radarsidoarjo.jawapos.com/kota-delta/13/11/2020/masih-pandemi-lelang-bandeng-kawak-ditiadakan/

Apkasi Sidoarjo. (2013). Sidoarjo Outlook. Sidoarjo: Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia Kabupaten Sidoarjo.

Azhari, A., Kamaruddin, K., & Simahatie, M. (2024). Strategi Penciptaan Lapangan Kerja pada Sektor UMKM di Indonesia. Jurnal Ekonomika, 16(1), 19–25. https://doi.org/10.51179/eko.v16i1.2655

Bappeda Kabupaten Sidoarjo. (2015). Sidoarjo Progresif: Profil Daerah Kab, Sidoarjo. Sidoarjo: Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Pemkab Sidoarjo.

Fatonah, F., & Defrianti, D. (2022). Pendidikan Kewirausahaan berbasis Historioprenership dalam Persfektip Global di Prodi Ilmu Sejarah Universitas Jambi. Proceeding International Conference on Malay Identity, 3, 116–131. http://www.conference.unja.ac.id/ICMI/article/view/187

Fitriani, Y., Sayono, J., & Sulistyo, W. D. (2022). Perancangan Media Pembelajaran Ebos (E-Brosur Sejarah) berbasis Museum Mpu Purwa untuk Siswa Kelas X Perhotelan 1 SMKN 1 Batu. Judika (Jurnal Pendidikan Unsika), 10(2), 127–137. https://doi.org/10.35706/judika.v10i2.5207

Habsari, N. T., Huda, K., Fahas, R., Soebijantoro, S., Hartono, Y., & Nurdianti, S. I. (2023). Peningkatan Keterampilan Pokdarwis melalui Pelatihan History Tour Guide sebagai Implementasi MBKM Model Pemberdayaan Desa. Caradde: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 163–173. https://journal.ilininstitute.com/index.php/caradde/article/view/1911%0Ahttps://journal.ilininstitute.com/index.php/caradde/article/download/1911/720

Halisa, H. N., Abbas, E. W., & Syaharuddin. (2024). Implementation of Teaching Modules in History Learning in The Era of Independent Curriculum in Class X SMA Negeri 2 Banjarmasin. Santhet: Jurnal Sejarah, Pendidikan Dan Humaniora, 8(1), 820–827. https://doi.org/10.36526/js.v3i2.3743

Hartono, R., Suastra, W. I., & Lasmawan, W. I. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Melestarikan Budaya Nusantara. Edukasia: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 823–828. https://doi.org/10.62775/edukasia.v4i2.356

Hikmah, D. A., Musaddad S, A. A., Utomo, A. P., Rozzaq, M., & Rahmi, F. A. (2020). Local Indigenous Governance dalam Meningkatkan Economic Growth di Kabupaten Sidoarjo. Spirit Publik: Jurnal Administrasi Publik, 15(1), 1–11. https://doi.org/10.20961/sp.v15i1.37983

Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil Pelajar Pancasila sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1224–1238. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3622

Jawa Pos. 14 Mei 2002. Bandeng Kawak 5,5 Kg menang. Jawa Pos, hlm. 10.

Kosasih. (2021). Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Ma’shumah, H., & Tumirin, T. (2018). Penyingkapan Makna Harga di Kontes Bandeng pada Tradisi Lelang Bandeng Gresik. Jiatax (Journal of Islamic Accounting and Tax), 1(1), 26. https://doi.org/10.30587/jiatax.v1i1.446

Masyitoh, K. (2017). Lelang Bandeng Tradisional di Kabupaten Sidoarjo Tahun 1969 - 2006. Avatara, 5(2), 260–272. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/avatara/article/view/18808

Moleong, J. L. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Monalisa, M., Akhyar, M., & Pelu, M. (2022). Peran Bahan Ajar Digital Sejarah Perkebunan Karet berbasis Experiential Learning dalam Meningkatkan Sikap Kewirausahaan Peserta Didik SMK Negeri 5 Bandar Lampung. Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series, 5(3), 118. https://doi.org/10.20961/shes.v5i3.59304

Permatadewi, R., Muhtarom, H., & Wibowo, T. U. S. H. (2021). Upaya Pembelajaran Sejarah dalam Membentuk Karakter Technopreneurship berbasis Kearifan Lokal. National Conference on Applied Business, Education, & Technology (NCABET), 1(1), 573–583. https://doi.org/10.46306/ncabet.v1i1.47

Pramesti, A. S. A., Kesumadewi, D., Oktavia, Z., & Fitriana, N. (2024). Peran Kewirausahaan dalam Memajukan Perekonomian Bangsa. Cemerlang : Jurnal Manajemen Dan Ekonomi Bisnis, 4(2), 100–110. https://doi.org/10.55606/cemerlang.v4i2.2638

Prastowo, A. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva.

Putra, R. 6 Februari 2012. Bandeng Berbibir Merah Juara di Sidoarjo. Tribun News. https://makassar.tribunnews.com/2012/02/06/bandeng-berbibir-merah-juara-di-sidoarjo

Radar Sidoarjo. 26 Mei 2002. Lelang Bandeng Sidoarjo Masuk Muri, hlm. 6.

Rochmadi, I., & Rohmah, S. (2019). UMKM sebagai Pilar Membangun Ekonomi Bangsa. Jurnal REP: Riset Ekonomi Pembangunan, 4(2), 137–146. http://jurnal.untidar.ac.id/index.php/REP

Rouf, A. 26 Februari 2010. Festival Bandeng Kawak Sidoarjo. Okezone News. https://news.okezone.com/read/2010/02/26/340/307304/festival-bandeng-kawak-sidoarjo

Salsabila, N., Fitri, C. A., Elycia, A. D., Pulungan, W. A., Rizkina, R., & Wahyuni, S. (2023). Pentingnya Keterampilan Kewirausahaan dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Khirani: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(4), 231–237. https://doi.org/10.47861/khirani.v1i4.693

Satria, R., Adiprima, P., Sekar, W. K., & Harjatanaya, T. Y. (2022). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jakarta: Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.

Sugiantoro, S., Widodo, J., & Masrukhi, M. (2021). Instilling Local Wisdom’s Value in The Learning of Social Studies as An Effort to Increase Social Awareness of Junior High School Students. International Conference on Science, Education and Technology, 7, 918–927. https://proceeding.unnes.ac.id/ISET/article/view/2065

Sulistiyorini. (2009). Manajemen Pendidikan Islam Konsep, Strategi, dan Aplikasi. Yogyakarta: Teras.

Sumual, S. D. M., Tuerah, P., Hutagalung, R., Awuy, L. W. E., & Workala, R. (2023). Pelatihan Kewirausahaan bagi Siswa sebagai Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Penguatan Projek Profil Pancasila di SMP Negeri 2 Airmadidi, Sulawesi Utara. Bernas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(3), 1842–1847. https://doi.org/https://doi.org/10.31949/jb.v4i3.5524

Veronica, M. (2021). Penyuluhan Pentingnya Minat Kewirausahaan dalam Membentuk Karakter Mandiri Siswa SMA Negeri 4 Prabumulih. Jurnal Abdimas Mandiri, 5(1), 44–50. https://doi.org/10.36982/jam.v5i1.1508

Wahyudin, D., Subkhan, E., Malik, A., Hakim, M. A., Sudiapermana, E., Alhapip, L., Anggraena, Y., Maisura, R., Amalia, N. R. A. S., Solihin, L., Ali, N. B. V., & Krisna, F. N. (2024). Kajian Akademik Kurikulum Merdeka. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Pembelajaran Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Wiyoto, R. 14 November 2019. Lelang Bandeng Kawak Sidoarjo, 1 ikan terjual Rp. 155 Juta, pembeli bos KNV. Berita Jatim . https://beritajatim.com/ekbis/lelang-bandeng-kawak-sidoarjo-1-ikan-terjual-rp-155-juta-pembeli-bos-knv/

Yahya, I. (2009). Adat-adat Jawa dalam Bulan-bulan Islam: Adakah Pertentangan ?. Solo: Inti Medina.

Yuliana, I. (2023). Meningkatkan Kemandirian dan Kreativitas Siswa dalam Pendidikan Kurikulum Merdeka. Seminar Nasional Hasil Riset Dan Pengabdian, 5, 1320–1327. https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/view/692

Zainuri, A. (2018). Konsep Dasar Kurikulum Pendidikan. Palembang: Amanah.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um0330v7i2p301-313

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Editorial office:

History Department, Faculty of Social Science,
Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang No.5 Kota Malang 65145,  
Phone. (0341) 551312,
email: jpsi@um.ac.id
Website: http://journal2.um.ac.id/index.php/sejarah/index 

E-ISSN 2622-1837

   

  Creative Commons License
This work is licensed under a CC BY SA 4.0.

StatCounter - Free Web Tracker and Counter

View My Stats