Pembelajaran Sejarah untuk Generasi Z
Abstract
Sejarah merupakan peristiwa masa lampau, dan bermakna apabila mau belajar dari pengalaman masa lampau tersebut. Peristiwa masa lampau itu pada hakikatnya adalah pelajaran yang paling berharga bagi generasi selanjutnya. Perkembangan mutakhir dari ilmu sejarah harus diikuti untuk keperluan pendidikan terutama pengembangan pengetahuannya yang pada akhirnya adalah pengembangan wawasan dan keilmuan sejarah sendiri, sehingga sejarah sebagai ilmu dan peristiwa serta pembelajaran sejarah sendiri dapat di-up date. Pendidikan sebagai proses pembinaan bangsa, masih ditandai dengan berbagai ketimpangan moral, akhlak, masalah-masalah sosial, ekonomi, politik dan jati diri bangsa. Di sisi lain perkembangan ilmu dan tehnologi yang sangat cepat dan menuntut perubahan dan perkembangan. Generasi Z dikenal sebagai karakter yang lebih tidak fokus dari milenial, lebih serba-bisa, lebih individual, lebih global, berpikiran lebih terbuka, dan lebih ramah teknologi. Lahirnya Generasi Z menuntut peran guru sejarah untuk senantiasa meng up-date cara dalam pembelajaran sejarah.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Doni Koesoema A (2009). Pendidik Karakter di Zaman Keblinger. Jakarta: Grasindo.
Kuntowijoyo. 1995. Ilmu Sejarah. Yogyakarta.
Louis Gottschalk. 1969. Mengerti Sejarah. Jakarta: UI Press.
Sartono Kartodirdjo 1982. Pemikiran dan Perkembangan Historiografi Indonesia; Suatu Alternatif. Jakarta: Gramedia
Taufik Abdullah dan Abdurrahman Surjomihardjo (1985). Ilmu Sejarah dan Historiografi: Arah dan Perspektif. Jakarta: PT Gramedia
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um0330v2i1p1-7
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Editorial office:
History Department, Faculty of Social Science,
Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang No.5 Kota Malang 65145,
Phone. (0341) 551312,
email: jpsi@um.ac.id
Website: http://journal2.um.ac.id/index.php/sejarah/index
E-ISSN 2622-1837
This work is licensed under a CC BY SA 4.0.