Pararaton sebagai Sumber Sejarah: Pemanfaatannya dalam Pembelajaran di Era Digital

Susanto Yunus Alfian

Abstract


Salah satu kompetensi dasar matapelajaran Sejarah Indonesia kelas X menuntut siswa untuk menganalisis kehidupan masyarakat, pemerintahan, dan budaya pada masa kerajaan-kerajaan Hindu dan Buddha di Indonesia dan untuk menyajikan hasil penalaran dalam bentuk tulisan. Untuk memfasilitasi tercapainya kemampuan menganalisis dan kemampuan menulis sejarah, pemanfaatan sumber sejarah merupakan suatu cara yang bisa dilakukan. Pararaton sebagai suatu sumber bisa dimanfaatkan. Bagaimana cara pemanfaatan Pararaton dalam memfasilitasi pembelajaran siswa agar bisa menganalisis dan membuat karya tulis menuntut adanya jawaban. Oleh karena itu tulisan ini berusaha untuk menjawabnya dengan mencoba menawarkan suatu strategi pembelajannya.

DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um033v2i12019p038


Keywords


Pararaton, sumber sejarah, digital, karya tulis, Singasari, raja

Full Text:

PDF

References


Dewi, T. K. S. (2013). Arok Dedes Dan Pararaton: transformasi dan dinamika sastra dalam wacana globalisasi sastra. Atavisme, 16 (1), 119-128.

Kriswanto, A. (2009). Pararaton: alih aksara dan terjemahannya. Jakarta: Penerbit Wedatama Widya Sastra.

Munandar, A. A. (2011). Menafsirkan ulang riwayat Ken Arok dan Kendedes dalam kitab Pararaton. Jurnal Manasa, 1 (1), 1-15.

Salinas, C. & Bellows, M. K. (2011). Preservice Social Studies teachers’ historical thinking and digitized primary sources: what they use and why. Contemporary Issues in Technology and Teacher Education, 11 (2), 184-204.

Seixas, P. (1996). Conceptualizing the growth of historical understanding. Dalam David R. Olson & Nancy Torrance (Eds).The handbook of education and human development. 765-783. Oxford: Blackwell Publishers.

Van Sledright, B. A. (2004). What does it mean to think historically …and how do you teach it? Social Education, 68 (3), 230-241.

Von Heyking, A. ( 2004 ). Historical thinking in the Elementary Years: a review of current research. Canadian Social Studies, 39 (1), 1-17.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um0330v2i1p38-48

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Editorial office:

History Department, Faculty of Social Science,
Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang No.5 Kota Malang 65145,  
Phone. (0341) 551312,
email: jpsi@um.ac.id
Website: http://journal2.um.ac.id/index.php/sejarah/index 

E-ISSN 2622-1837

   

  Creative Commons License
This work is licensed under a CC BY SA 4.0.

StatCounter - Free Web Tracker and Counter

View My Stats