Use of “German-Games.Net” Site in an Online-Based German Vocabulary Learning at SMAN 3 Lamongan

Fidyah Wahyu Rahmadani

Abstract


The use of the site "german-games.net" aims to determine student activities in using the site "german-games.net" as a medium for learning German vocabulary online. This study also aims to determine students' responses to the use of the site "german-games.net". The subjects of this study were students of class XI Language at SMAN 3 Lamongan with a total of 25 students. The type of research used in this research is descriptive qualitative. Researchers obtained data from observations and interviews. Observations were made to find out the activity of using the "german-games.net" site in learning German vocabulary online. Researchers conducted interviews to determine student responses to the use of the "german-games.net" site. It provides a new learning experience for students, which is entertaining, encourages students to actively participate in online-based learning that results in positive outcomes.


Full Text:

PDF

References


Aditya, Prihayuda Tatang. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Web Pada Materi Lingkaran Bagi Siswa Kelas VIII. Jurnal Matematika, Statistika Dan Komputasi Vol. 15, No.1 2018. Dari https://journal.unhas.ac.id/index.php/jmsk/article/view/4425

Ardiyani, Dewi Kartika & Kurniawan, Deddy. 2020. Policy And Curriculum Of Study Program Of German Language Education At The State University Of Malang In Welcoming The Needs Of German Language Teachers In Indonesia In The Era Industrial Revolution 4.0. International Seminar On Language, Education And Culture Volume 2020. Dari http://kne-publishing.com/index.php/KnE-Social/article/view/6465

Azmi, R. A, Rukun, Kasman & Maksum, Hasan. 2020. Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Mata Pelajaran Administrasi Infrastruktur Jaringan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran. Dari https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPP/article/view/25840/15852

Bachri, Bachtiar S. 2010. Meyakinkan Validitas Data Melalui Triangulasi Pada Penelitian Kualitatif. Jurnal Teknologi Pendidikan, Vol. 10, No. 1 April 2010. Dari http://yusuf.staff.ub.ac.id/files/2012/11/meyakinkan-validitas-data-melalui-triangulasi-pada-penelitian-kualitatif.pdf

Darman. 2019. Media Pembelajaran Berbasis Web Mata Pelajaran IPA Kelas VII. Jurnal Inovasi Sains dan Teknologi Vol. 2, No. 2, Agustus 2019. Dari https://lp3m-umkendari.ac.id/index.php/instek/article/view/100/105

Dewantara, Jagad Aditya, Efriani & Afandi. 2020. Pemanfaatan Aplikasi Discord Sebagai Media Pembelajaran Online. Jurnal Teknologi Informasi Dan Pendidikan Volume 13, No. 1 2020. Dari http://tip.ppj.unp.ac.id/index.php/tip/article/view/283/140

Dewi, F. K. K. U., & Kurniawan, Deddy. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android “FUNOLOGIE” Untuk Materi Peta Dan Sistem Fonem Bahasa Jerman Pada Matakuliah Deutsche Phonologie. Journal Deutsch Als Fremdsprache In Indonesien. Dari http://journal2.um.ac.id/index.php/dafina/article/view/6084

Efendi, Yoyon. 2018. Rancangan Aplikasi Game Edukasi Berbasis Mobile Menggunakan App Inventor. Jurnal Intra-Tech Vol. 2, No.1 2018. Dari https://www.journal.amikmahaputra.ac.id/index.php/JIT/article/view/24

Ersanty, Dhany. 2020. Pembelajaran Berbasis Web Untuk Siswa Tunagrahita Ringan. Jurnal Pendidikan Khusus Vol. 15, No. 1 (2020). Dari https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-khusus/article/view/33740/30143

Gumilang, Galang Surya. 2016. Metode Kualitatif Dalam Bidang Bimbingan Dan Konseling. Jurnal Fokus Konseling Volume 2, No. 2, Agustus 2016. Dari https://ejournal.umpri.ac.id/index.php/fokus/article/download/218/155

Gunawan, Harjono, A. & Sutrio. 2015. Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran Konsep Listrik Bagi Calon Guru. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi Volume 1, No. 1 Januari 2015. Dari https://jurnalfkip.unram.ac.id/index.php/JPFT/article/view/230/226

Handarini, Oktafia Ika & Wulandari, Siti Sri. 2020. Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran Volume 8, Nomor 3 2020. Dari https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpap/article/view/8503/4094

Hariyanti, Dewi, Mun’im, Arinal Haq & Hidayat, Nurul. 2020. Identifikasi Hambatan Mahasiswa Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Biologi Secara Daring Selama Pandemi Covid-19 Di Kabupaten Jember. Jurnal Pendidikan Biologi Vol. 1, No. 1 Tahun 2020. Dari https://alveoli.iain-jember.ac.id/index.php/alv/article/view/4

Idris, Husni. 2011. Pembelajaran Model Blended Learning. Jurnal Ilmiah Iqra’ Vol. 5, No. 1 Tahun 2011. Dari http://journal.iain-manado.ac.id/index.php/JII/article/view/562/466

Illahi, Nur. 2020. Peranan Guru Profesional Dalam Peningkatan Preastasi Siswa Dan Mutu Pendidikan Di Era Milenial. Jurnal Asy-Syukriyyah Volume 21 Nomor 1 Februari 2020. Dari http://jurnal.asy-syukriyyah.ac.id/index.php/Asy-Syukriyyah/article/view/94/73

Januarisman, Erwin & Ghufron, Anik. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Untuk Siswa Kelas VII. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan Volume 3, No. 2, Oktober 2016. Dari https://journal.uny.ac.id/index.php/jitp/article/view/8019/8364

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.2020. Mendikbud Terbitkan SE tentang Pelaksanaan Pendidikan dalam Masa Darurat Covid-19 Tahun 2020. (online) https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/03/mendikbud-terbitkan-se-tentang-pelaksanaan-pendidikan-dalam-masa-darurat-covid19 diakses pada tanggal 26 Juli 2021

Kurniawan, Deddy. 2020. Pembelajaran Bahasa Jerman Di Kala Pandemi Covid-19: Fleksibilitas Dan Aksesbilitas. Seminar Nasional Pembelajaran Bahasa Dan Sastra (SELASAR 4). Dari http://jerman.sastra.um.ac.id/selasar/wp-content/uploads/2020/11/7-IND005.pdf

Kuswanto, Joko. 2018. Media Pembelajaran Berbasis Web Pada Mata Pelajaran Biologi Kelas X. Jurnal Perspektif Pendidikan Volume 12 No. 2 Desember 2018. Dari https://www.ojs.stkippgri-lubuklinggau.ac.id/index.php/JPP/article/view/203/113

Mahnun, Nunu. 2012. Media Pembelajaran (Kajian Terhadap Langkah – Langkah Pemilihan Media Dan Implementasinya Dalam Pembelajaran). Jurnal Pemikiran Islam Vol. 37, No.1 2012. Dari http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/Anida/article/view/310/293

Mayangsari, Dyah Jasmine & Kurniawan, Deddy. 2019. Penerapan Permainan Berbasis Mobile Learning “DUSHANS SCHULWEG” untuk Pembelajaran Kosakata Tema “SCHULE”. Journal Deutsch als Fremdsprache In Indonesien Tahun 2019 Volume 3 (1). Dari http://journal2.um.ac.id/index.php/dafina/article/view/7945/6652

Monica, Junita & Fitriawati, Dini. 2020. Efektivitas Aplikasi Zoom Sebagai Media Pembelajaran Online Pada Mahasiswa Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmu Komunikasi Volume IX, No. 2 Tahun 2020. Dari http://ejurnal.undana.ac.id/index.php/JIKOM/article/view/2416/2058

Mufida, Rizka Zakiyya & Kurniawan, Deddy. 2018. Pengembangan Role Playing Game “In Meinem Traum” Sebagai Media Pembelajaran Untuk Keterampilan Membaca Bahasa Jerman Kelas XI SMA. Journal Deutsch Als Fremdsprache In Indonesien Volume 2 (1) Tahun 2018. Dari http://journal2.um.ac.id/index.php/dafina/article/view/3407

Mustakim. 2020. Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Matematika. Journal Of Islamic Education Vol. 2, No. 1, May 2020. Dari http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/alasma/article/view/13646/8447

Nahdi, Dede Salim & Jatisunda, Mohamad Gilar. 2020. Ananalisis Literasi Digital Calon Guru SD Dalam Pembelajaran Berbasis Virtual Classroom Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Cakrawala Pendas Vol. 6, No. 2, Juli 2020. Dari https://pdfs.semanticscholar.org/aa00/c1c14632306d3d0aabad7b2514b2d42285b3.pdf

Novitasari, Anggi, Wijayati, P. H. & Roekhan. 2020. Transformasi Pembelajaran Asynchronus Keterampilan Berbicara Berbasis Digital Melalui Instagram. Journal Deutsch Als Fremdsprache In Indonesien Volume 4 (2) 2020. Dari http://journal2.um.ac.id/index.php/dafina/article/view/16880/6675

Nurhayati, Erlis. 2020. Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran Daring Melalui Media Game Edukasi Quizziz Pada Masa Pencegahan Penyebaran Covid-19. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Vol. 7, No. 3 Juli 2020. Dari https://e-journal.undikma.ac.id/index.ph

Pane, Benni, Najoan, Xaverius & Paturusi, Sary. 2017. Rancang Bangun Aplikasi Game Edukasi Ragam Budaya Indonesia. E-Journal Teknik Informatika Vol. 12, No. 1 (2017). Dari https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/informatika/article/view/17793/17317

Permatasari, Novita Ayu & Kurniawan Deddy. 2020. Pengembangan Media Zine Untuk Pembelajaran Bahasa Jerman Dengan Tema Familie. Journal Deutsch Als Fremdsprache In Indonesien Volume 4 (2) Tahun 2020. Dari http://journal2.um.ac.id/index.php/dafina/article/view/16586/6681

Pujiastutik, Hernik. 2019. Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Web Pada Mata Kuliah Belajar Pembelajaran I Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Teladan Vol. 4, No. 1 2019. Dari http://journal.unirow.ac.id/index.php/teladan/article/view/46

Putriningtias, Asyananda Dila & Kurniawan, Deddy. 2021. Pengembangan Game Berbasis Android “Weiβt Du Das? “ Untuk Pembelajaran Kosakata Bahasa Jerman Dengan Tema Wohnung. Journal Deutsch als Fremdsprache Tahun 2021 Volume 5 (1). Dari http://journal2.um.ac.id/index.php/dafina/article/view/17120/8095

Rakhmadi, Aris & Nurrohmah, Ratnasari. 2009. Evaluasi Pengaruh Pembelajaran Berbasis Web Untuk Bahasa Inggris Sesi Structure And Written Expression. Seminar Nasional Informatika UPN “Veteran” Yogyakarta 2009. Dari http://www.jurnal.upnyk.ac.id/index.php/semnasif/article/view/929/796

Rotschopf, Sonja. 2019. Volksschule: Sprache Lernen Mit Handy, Tablet Und Co. Medienimpulse Beiträge zur Medienpädagogik Jg. 57, Nr. 4, 2019. Dari https://journals.univie.ac.at/index.php/mp/article/view/3246

Sari, Heni Vidia & Suswanto, Hary. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Untuk Mengukur Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Komputer Jaringan Dasara Program Keahlian Teknik Komputer Dan Jaringan. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian dan Pengembangan Volume:2 Nomer:7 Bulan Juli 2017. Dari http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/9734/4593

Suanah, Suanah. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Desain Wix Materi Bangun Ruang Matematika SD Kelas V. Proceeding Of ICECRS Vol. 2, No. 1 2019. Dari http://ojs.umsida.ac.id/index.php/icecrs/article/view/2412/1672

Sutarno, Erwan & Mukhidin. 2013. Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Pengukuran Untuk Meningkakan Hasil Dan Kemandirian Belajar Siswa SMP Di Kota Bandung. Jurnal Pendidikan teknologi Dan Kejuruan Volume 21 Nomor 2 Tahun 2013. Dari https://journal.uny.ac.id/index.php/jptk/article/view/3258/2739

Wibisono, Wahyu & Yulianto, Lies. 2010. Perancangan Game Edukasi Untuk Media Pembelajaran Pada Sekolah Menengah Pertama Persatuan Guru Republik Indonesia Gondang Kecamatan Nawangan Kabupaten Pacitan. Journal Speed-Sentra Penelitian Engineering Dan Edukasi Volume 2 Nomer 2 Tahun 2010. Dari http://ijns.org/journal/index.php/speed/article/view/878/866#




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um079v5i22021p82-94

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

View My Stats

Flag Counter

 

 

 

 

eISSN 2548-1681