Penerapan Media Pembelajaran Padlet dengan Strategi Collaborative Learning untuk Melatih Keterampilan Menulis Teks Bahasa Jerman
Abstract
Mendeskripsikan penerapan strategi collaborative learning dengan media Padlet untuk melatih keterampilan menulis teks dialog bahasa Jerman dan respons siswa terhadap penggunaan media Padlet dalam pembelajaran keterampilan menulis adalah tujuan dari penelitian ini. Metode yang digunakan dalam peneltian ini adalah deskriptif kualitatif. Siswa kelas XI Bahasa di SMA Negeri 1 Lawang adalah sumber data dalam penelitian ini. Penelitian menggunakan data verbal yang didukung dengan data lain yang berupa angka. Data penelitian diperoleh melalui observasi dan angket. Data dalam penelitian ini dianalisis menggunakan teknik analisis data interaktif model Milles dan Huberman. Penerapan media Padlet dengan strategi collaborative learning berjalan dengan baik, kondusif, dan berdampak yang positif terhadap proses pembelajaran siswa adalah hasil dari penelitian ini. Selain itu, penerapan media dengan strategi tersebut juga memperoleh respons yang positif dari siswa terkait tampilan media, akses media, kenyamanan pengguna, penggunaan media, dan keefektifan media. Penerapan media dengan strategi tersebut mampu membuat siswa merasa senang, antusias, percaya diri, termotivasi, bersemangat, dan aktif selama kegiatan pembelajaran.
Keywords
References
Anggraeni, P., & Akbar, A. 2018. Kesesuaian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dan Proses Pembelajaran. Jurnal Pesona Dasar, 6(2), 55-56.
Bahri, A. 2016. Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi dengan Menggunakan Metode Cush Word. Jurnal Konfiks, 3(2), 93-102.
Barkley, E. 2012. Collaborative learning Techniques. Bandung: Nuansa media
Batubara, H. H. 2020. Media Pembelajaran Efektif. Semarang: Fatwa Publishing
Candra, H. A. 2015. Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia dengan Menggunakan Model Pembelajaran Scramble pada Siswa Kelas II SD Negeri 1 Wonosari Sadang Kebumen. Jurnal PGSD Indonesia PGRI Yogjakarta, 1(2).
Dewi, P. K., & Budiana, N. 2018. Media Pembelajaran Bahasa: Aplikasi Teori Belajar dan Strategi Pengoptimalan Pembelajaran. Malang: Universitas Brawijaya Press
Dewitt, D., Alias, N., & Siraj, S. 2015. Collaborative Learning: Interactive Debates Using Padlet in a Higher Education Institution. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 176, 220-226. Kuala Lumpur.
Fitriani, Y. 2020. Penerapan" Padlet" dalam Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi. Dinamika, 4(1), 1-15.
Handini, R. M. 2020. Meningkatkan Kemampuan Menulis Bahasa Jepang Melalui Media Padlet. KIRYOKU, 4(2), 99-105.
Inggriyani, F., & Fazriyah, N. 2017. Pengaruh Berpikir Kritis terhadap Keterampilan Menulis Narasi Siswa Kelas V di Sekolah Dasar. JPsd (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 3(2), 105-116.
Jennah, R. 2009. Media Pembelajaran. Banjarmasin: Antasari Press.
Koerniantono, K. 2018. Strategi Pembelajaran. SAPA-Jurnal Kateketik dan Pastoral, 3(1), 126-142.
Mayasari, E. D. 2020. Penerapan Metode Collaborative Learning Berbantuan Media Gambar untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Jepang. Paramasastra: Jurnal Ilmiah Bahasa Sastra dan Pembelajarannya, 7(2), 115-115.
Mufasiroh, M. 2020. Implementasi Pembelajaran Collaborative learning dalam Pendidikan Agama Islam Di SMK Ma’arif NU Tirto Dan SMKN I Kedungwuni Pekalongan. Fenomena, 19(1), 1-24.
Mulyadi, M. 2019. Pentingnya Strategi Pembelajaran Peningkatan Keterampilan Berfikir Mahasiswa. At-Ta'lim: Media Informasi Pendidikan Islam, 12(2), 221-231.
Nasution, W. N. 2017. Strategi Pembelajaran. Medan: Perdana Publishing.
Nugrahani, F. 2014. Metode Penelitian Kualitatif. Solo: Cakra Books.
Nurhayati, R., & Afifah, L. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Buku Pop Up untuk Pembelajaran Karya Sastra Bahasa Jerman di Kelas XI SMA Negeri 1 Tarik Sidoarjo. Journal DaFIna-Journal Deutsch als Fremdsprache in Indonesien, 1(2), 143-151.
Purba, R. A., Rofiki, I., Purba, S., Purba, P. B., Bachtiar, E., Iskandar, A., Febrianty, F., Yanti, Y., Simarmata, J., & Chamidah, D. 2020. Pengantar Media Pembelajaran. Medan: Yayasan Kita Menulis.
Qulub, T., & Renhoat, S. F. 2020. Penggunaan Media Padlet untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Deskripsi. Prosiding SAMASTA (Seminar Nasional Bahasa Dan Sastra Indonesia), 1(2).
Respati, Y. A. 2018. Collaborative learning Dalam Upaya Peningkatan Keaktifan Mahasiswa pada Proses Pembelajaran. Efisiensi: Kajian Ilmu Administrasi, 15(2), 15-23.
Rinni, M. 2013. Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Sederhana Berdasarkan Gambar Seri melalui Metode Latihan pada Siswa Kelas 3 SDN 02 Polanto Jaya. Jurnal Kreatif Online, 1(4), 124-138.
Rohmatika, A., Arianto, P., & Putra, R. M. 2020. Studi Penggunaan Aplikasi Padlet pada Kelas Menulis. NIVEDANA: Jurnal Komunikasi dan Bahasa, 1(2), 148-162.
Simarmata, J. 2019. Kita Menulis: Semua Bisa Menulis Buku. Medan: Yayasan Kita Menulis.
Situmorang, N. M. Y. 2018. Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa Kelas X Aphc SMK Negeri 1 Singaraja Melalui Teknik Guiding Questions. Journal of Education Action Research, 2(2), 165-171.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Uno, H. 2016. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Bumi aksara.
Utaminingsih, R., Rahayu, A., & Andini, D. W. 2018. Pengembangan RPP IPA Sekolah Dasar Berbasis Problem-Based Learning untuk Siswa Learning Disabilities. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 4(2), 191-202.
Vivianti, A. 2021. Pengaruh penggunaan aplikasi Padlet terhadap hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas V MIN 2 Sidoarjo (Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya).
Yunsirno. 2010. Keajaiban Belajar. Pontianak: Pustaka Jenius Publishing
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um079v7i12023p%25p
Refbacks
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
![]() | ![]() | ![]() | ![]() |
eISSN 2548-1681