DEVELOPMENT OF ONLINE-BASED ARBEITSBLATT ON LIVEWORKSHEETS WITH ‘HOBBY’ THEME FOR CROSS-MAJOR GERMAN LANGUAGE ClASS ON XII AT SMA LABORATORIUM UM

Lintang Nur Hidayati

Abstract


The purpose of this research is to develop liveworksheets-based Arbeitsblatt that can help students of XII cross-major class learn German about hobbies independently with a blended learning system. The development model used is the ADDIE development model. The type of data in this study is qualitative data supported by quantitative data obtained through a questionnaire. The developed Arbeitsblatt got a score of 93.75% for media feasibility and a score of 77% for material feasibility. Based on the data analysis of the questionnaire results obtained from students, the student's response to Arbeitsblatt as a whole reached a score of 89.92% for attractiveness, understanding, and convenience aspects. Thus it can be concluded that Arbeitsblatt based liveworksheets is feasible and can be used by students to learn German on a hobby theme independently.

Keywords: Online-Based Arbeitsblatt on Liveworksheets, Hobby Theme, Cross-Major German Language Class



Keywords


Online-Based Arbeitsblatt on Liveworksheets; Hobby Theme; Cross-Major German Language Class

References


Abdullah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry Banda Aceh, R. 2017. Pembelajaran dalam Perspektif Kreativitas Guru dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran. Lantanida Journal, 4(1), 35–49. Dari https://doi.org/10.22373/LJ.V4I1.1866

Abdullah, W. 2018. Model Blended Learning dalam Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran. FIKROTUNA, 7(1), 855–866. Dari https://doi.org/10.32806/JF.V7I1.3169

Albab, S. U. 2020. Analisis Kendala Pembelajaran E Learning pada Era Disrupsi di SMK Terpadu Al-Islahiyah Singosari Malang. Mudir : Jurnal Manajemen Pendidikan, 2(1), 37–46. Dari https://doi.org/10.55352/MUDIR.V2I1.105

Anafiah, S., & Arief, A. 2017. Penanaman Pendidikan Karakter Melalui Permainan Bahasa pada Siswa SD Kota Yogyakarta. Jurnal Akademik, 1-9. Dari https://journal.ustjogja.ac.id/penanaman-pendidikan-karakter-melalui-permainan-bahasa-pada-siswa-sd-kota-yogyakarta/

Ariani, D. 2020. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Discovery Learning pada Materi Kalor di SMP. Skripsi tidak diterbitkan. Darussalam-Banda Aceh: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Ar-Raniry. Dari https://core.ac.uk/download/pdf/326778402.pdf

Arikunto, S., & Jabar, C. S. A. 2018. Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Assidiqi, M. H., & Sumarni, W. 2020. Pemanfaatan Platform Digital di Masa Pandemi Covid-19. Makalah disajikan dalam Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS), Univesitas Negeri Semarang, Semarang, 2020. Dari https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/view/601

Audie, N. 2019. Peran Media Pembelajaran Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Makalah disajikan dalam Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Serang, Mei 2019. Dari https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/psnp/article/view/5665

Budyastuti, Y., & Fauziati, E. 2021. Penerapan Teori Konstruktivisme pada Pembelajaran Daring Interaktif. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 3(2), 112–119. Dari https://doi.org/10.36232/JURNALPENDIDIKANDASAR.V3I2.1126

Dharmayanti, P., Zulyusri, Z., Farma, S. A., & Ristiono, R. 2019. The Development of Student Worksheet Based on Contextual Approach about Protist for Senior High School Grade X. Jurnal Atrium Pendidikan Biologi, 4(1), 189. Dari https://doi.org/10.24036/apb.v4i1.5500

Erdmenger, M. 1997. Medien im Fremdsprachenunterricht : Hardware, Software und Methodik. Dari https://doi.org/10.24355/DBBS.084-200511080100-268

Etik. 2014. Kemampuan Menulis Wacana Dialog Melalui Media Tayangan Video Siswa Kelas X SMA Frater Palopo. Makalah disajikan dalam Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Karakter, Universitas Cokroaminoto Palopo, Palopo, 2014. Dari https://journal.uncp.ac.id/index.php/proceding/article/view/234

Haryanti, E. 2019. Penggunaan Bahasa dalam Perspektif Tindak Tutur dan Implikasinya bagi Pendidikan Literasi. Jurnal TAMBORA, 3(1), 21–26. Dari https://doi.org/10.36761/JT.V3I1.179

Helaluddin, H., Tulak, H., & Rante, S. V. 2020. Penelitian dan Pengembangan: Sebuah Tinjauan Teori & Praktik dalam Bidang Pendidikan. Banten: Media Madani Publisher. Dari https://www.researchgate.net/publication/351105742_Penelitian_dan_Pengembangan_sebuah_Tinjauan_Teori_Praktik_dalam_Bidang_Pendidikan

Husain, B., & Basri, M. 2021. Pembelajaran E-Learning Di Masa Pandemic. Surabaya: Pustaka Aksara. Dari https://books.google.co.id/books?id=E72NDwAAQBAJ

Lathifah, M. F., Hidayati, B. N., & Zulandri, Z. 2021. Efektifitas LKPD Elektronik sebagai Media Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19 untuk Guru di YPI Bidayatul Hidayah Ampenan. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(2), 25-30. Dari https://doi.org/10.29303/jpmpi.v4i2.668

Magdalena, I., Fatakhatus Shodikoh, A., Pebrianti, A. R., Jannah, A. W., Susilawati, I., & Tangerang, U. M. 2021. Pentingnya Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SDN Meruya Selatan 06 Pagi. EDISI : Jurnal Edukasi dan Sains, 3(2), 14. Dari https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi

Meisaroh, D., Halidjah, S., & Sugiyono. 2022. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Produktif : Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknologi Informasi, 4(1), 316–320. Dari https://doi.org/10.35568/produktif.v4i1.811

Miftah, M. 2013. Fungsi, dan Peran Media Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(2), 95–105. Dari https://jurnalkwangsan.kemdikbud.go.id/index.php/jurnalkwangsan/article/view/7

Munandar, H. 2015. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berorientasi Nilai Islami pada Materi Hidrolisis Garam. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 03(01), 27–37. Dari http://jurnal.unsyiah.ac.id/jpsi

Ningrum, L. W. 2016. Pengembangan Media Wheek Of Fortune untuk Keterampilan Berbicara Bahasa Jerman Siswa Kelas XI Bahasa SMA Negeri 6 Malang. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: FS UM.

Nurhasanah, N. 2017. Peranan Bahasa sebagai Mata Pelajaran Wajib di Indonesia. Eduscience : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(02), 87-93. Dari https://ejurnal.esaunggul.ac.id/index.php/EDU/article/view/1830

Nurhayati, R., & Afifah, L. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Buku Pop Up untuk Pembelajaran Karya Sastra Bahasa Jerman di Kelas XI SMA Negeri 1 Tarik Sidoarjo. Journal DaFIna - Journal Deutsch als Fremdsprache in Indonesien, 1(2), 143–151. Dari http://journal2.um.ac.id/index.php/dafina/article/view/1388/875

Ota, M. K., Djou, A. M. G., & Numba, F. F. 2021. Problematika Pembelajaran Daring Siswa Kelas VII SMPN 1 Ende Selatan, Kabupaten Ende. Mitra Mahajana: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 74–81. Dari https://doi.org/10.37478/mahajana.v2i1.769

Payadnya, I. P. A. A., & Ni Luh Putu Kartika Wira Lestari. 2022. Implementation of Blended Learning Using E-Worksheet to Improve Mathematics Learning Achievement of Students in Class VIII.1 SMP Widiatmika. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio, 14(1 SE-Articles), 52–61. Dari https://doi.org/10.36928/jpkm.v14i1.831

Pratiwi, Y., . P., & . W. 2016. Penerapan Model Blended Learning untuk Meningkatkan Performansi Belajar Siswa Mata Pelajaran Ekonomi di SMA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 5(11), 1-10. Dari https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/17602

Rahmayanti, R. 2015. Penggunaan Media IT Dalam Pembelajaran. CIRCUIT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 1(1), 85-97. Dari https://doi.org/10.22373/CRC.V1I1.313

Rai, I. M., Wiranata, A., & Sujana, I. W. 2021. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Pemecahan Masalah Kontekstual Materi Masalah Sosial Kelas IV SD. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 4(1), 30–38. Dari https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JP2/article/view/31926

Rahmawaty, R, & Arief. 2020. Pengembangan Modul Digital Pembelajaran Bahasa Jerman Berbasis Android. Jurnal Teknologi Pendidikan, 9(2), 147. Dari http://ejournal.uika-bogor.ac.id/index.php/TEK/article/view/3183

Ramadhani, W. P., & Mahardika, I. K. 2015. Kegrafikaan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Multirepresentasi. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional Fisika dan Pembelajarannya, Departemen Fisika, FMIPA UM, Malang, 17 Oktober. Dari https://fmipa.um.ac.id/wp-content/uploads/Prosiding2015/Media/Fisika2015_01-Media-Wachida-Putri.pdf

Sakmal, J., & Riani, D. N. 2014. Penggunaan Media Pembelajaran Audiovisual untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara dan Menulis Siswa. Perspektif Ilmu Pendidikan, 28(1), 33–47. Dari http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/pip/article/view/3275

Sakti, A., & Afifah, L. 2020. Penerapan Media Quizizz untuk Melatih Keterampilan Menyimak Bahasa Jerman Siswa Kelas X MAN 1 Malang. Journal Deutsch als Fremdsprache in Indonesien, 4(1), 48–54. Dari http://jerman.sastra.um.ac.id/wp-content/uploads/2020/12/Implementation-of-Quizziz-Media-to-Train-German-Listening-Skill.pdf

Sapriyah. 2019. Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar. Makalah disajikan dalam Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, Jurusan Pendidikan Sosiologi, FKIP, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Serang, Mei 2019. Dari https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/psnp/article/view/5798

Silabus Mata Pelajaran Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah Mata Pelajaran Bahasa Dan Sastra Jerman. 2016. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Diambil 6 Mei 2022, dari https://docplayer.info/33951747-Silabus-mata-pelajaran-sekolah-menengah-atas-madrasah-aliyah-sma-ma-mata-pelajaran-bahasa-dan-sastra-jerman.html

Sohaya, E. M. 2018. Pemanfaatan Model Pembelajaran Blended Learning dalam Mengembangkan dan Meningkatkan Keprofesionalan Pendidik di Era Revolusi Industri 4 . 0. Makalah disajikan dalam Prosiding Seminar Nasional Teknologi Pendidikan Pascasarjana UNIMED, Program Studi Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Medan, Medan, 30 November 2019. Dari http://digilib.unimed.ac.id/38852/3/ATP%2067.pdf

Sudarmi, S., & Burhanuddin, B. 2017. Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble dalam Keterampilan Menulis Kalimat Bahasa Jerman Siswa Kelas XI SMA Negeri 11 Makassar. Eralingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Asing dan Sastra, 1(1). Dari https://doi.org/10.26858/ERALINGUA.V1I1.2991

Sugrah, N. U. 2019. Implementasi Teori Belajar Konstruktivisme dalam Pembelajaran Sains. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 19(2), 121–138. Dari https://doi.org/10.21831/HUM.V19I2.29274

Suparlan, S. 2019. Teori Konstruktivisme dalam Pembelajaran. Islamika, 1(2), 79–88. Dari https://doi.org/(10.36088/islamika.v1i2.208)

Susanti, S. 2018. Penggunaan Media Gambar Dalam Meningkatkan Kosakata Anak Usia 4-5 Tahun di TK Sriwijaya Way Dadi Kecamatan Sukarame Bandar Lampung. Skripsi tidak diterbitkan. Lampung: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Intan. Dari http://repository.radenintan.ac.id/5819/1/Skripsi%20Full.pdf

Widiyani, A., & Pramudiani Universitas Muhammadiyah HAMKA, P. 2021. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Software Liveworksheet pada Materi PPKn. Dwija Cendekia: Jurnal Riset Pedagogik, 5(1), 132–141. Dari https://jurnal.uns.ac.id/jdc/article/view/53176

Yunus, R. N. 2019. Kemampuan Komunikasi Persuasi Pedagang Kripik Tempe di Kelurahan Kebun Lada Kecamatan Hinai Kabupaten Langkat. JUMANT, 11(2), 147–154. Dari https://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/JUMANT/article/view/700




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um079v7i12023p%25p

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

View My Stats

Flag Counter

 

 

 

 

eISSN 2548-1681