Pengembangan Media ERMEINUNG Berbasis Android untuk Pembelajaran Bahasa Jerman pada Tema Wohnung
Abstract
Keywords
References
Akbar, Sa’dun. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Rosa.
Arsyad, Azhar. 1997. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Cresswell, John W. 2017. Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ensu, V. A. P. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran Meine Aktivität Berbasis Android untuk Melatih Penguasaan Gramatika Bahasa Jerman Kelas XII MAN 1 Kota Malang. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: FS UM.
Fara, E. W. 2020. Pengembangan Media Interaktif Mind Mapping Berbasis Lectora untuk Pembelajaran Fi’il dan Ism di PP Al-Mawaddah. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: FS UM.
Finaka, Andrean W. 2018. 66,3% Masyarakat Indonesia Memiliki Smartphone. Indonesia Baik.id. Dari https://indonesiabaik.id/infografis/663-masyarakat-indonesia-memiliki-smartphone-8.
Gasperz, M., Suranto, AW., Gasperz, N. 2023. Model Evaluasi Formatif-Sumatif Terhadap Hasil Belajar Matematika melalui Pembelajaran Berdiferensiasi pada Peserta Didik SMA. Jurnal Magister Pendidikan Matematika (Jumadika), 5(1),1¯7. Dari https://ojs3.unpatti.ac.id/ index.php/jumadika/ article/view/7998.
Goethe Institut. Tanpa tahun. Untuk Apa Belajar Bahasa Jerman? 10 Alasan untuk Bahasa Jerman. Jakarta: Goethe Institut. Dari https://www. goethe.de/ins/id/id/spr/wdl.html.
Isrofin, Binti. 2020. Validasi Generic Scale of Phubbing (GSP) versi Bahasa Indonesia dengan Rasch Model. Jurnal Nusantara of Research,7(1), 9¯17.Dari https://ojs.unpkediri.ac.id/ index.php/efektor/article/view/13883.
Khesya, Nurhaliza. 2021. Mengenal Flowchart dan Pseudocode dalam Algoritma dan Pemrograman. Center for Open Science: OSF. Dari https://osf.io/ dq45e/.
Kosasih, E. 2020. Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Khotimah, S. 2021. Pemanfaatan Media pembelajaran, Inovasi di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 2149¯2158. Dari https://www. edukatif.org/index.php/edukatif/ article/view/857.
Kusriyati, Eka. 28 Oktober 2022. Komunikasi Personal.
Kusumawati, L. D., Sugito, N., & Mustadi, A. 2021. Kelayakan Multimedia Pembelajaran Interaktif dalam Memotivasi Siswa Belajar Matematika. Jurnal Teknologi Pendidikan: Kwangsan, 9(1), 31¯51. Dari https:// jurnalkwangsan.kemdikbud.go.id/index.php/jurnalkwangsan/ article/view/ 224.
Mahmudah, Anis. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Lectora Inspire pada Materi Jurnal Penyesuaian untuk Siswa Kelas X Akuntansi dan Keuangan Lembaga SMK Negeri 1 Tempel Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia,17(1), 97¯111. Dari https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun/article/view/26515.
Maimunah. 2016. Metode Penggunaan Media Pembelajaran. Jurnal Al-Afkar,5(1), 1¯23. Dari http://ejournal.fiaiunisi.ac.id/index.php/al-afkar/article/view/ 107.
Miftah, Mohammad. 2018. Pengembangan dan Pemanfaatan Multimedia dalam Pembelajaran Interaktif. Jurnal Litbang: Media Informasi Penelitian, Pengembangan dan IPTEK,14(2), 147¯156. Dari http://103.110.43.37/ index.php/jl/article/view/117.
Nugrawiyati, Jepri. 2018. Media Audio Visual dalam Pembelajaran Bahasa Arab. El-Wasathiya: JurnalStudi Agama,6(1), 97¯110. Dari http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/ index.php/washatiya/article/view/3420.
Nursidik, P. &Suri, I. R. A. 2018. Media Pembelajaran Interaktif Berbantu Software Lectora Inspire. Desimal: JurnalMatematika, 1(2), 237¯244. Dari http://www.ejournal. radenintan.ac.id/index.php/desimal/article/viewFile/ 2583/1970.
Pertiwi, A.M., Nurfatimah, S.A., & Hasna, S. 2022. Menerapkan Metode Pembelajaran Berorientasi Student Centered Menuju Masa Transisi Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 8839¯8848. Dari https://www.jptam.org/index.php/ jptam/article/view/3780.
Priyono, Edy.&Buditjahjanto, I.G.P.A. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran Edu-Game Adventure Pada Standar Kompetensi Menginstalasi PC di SMKN 1 Tuban. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 1(1), 2¯3. Dari https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-teknik-elektro/ article/view/204.
Rahayu, R., Mustaji, & Bachri, B. S. 2022. Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android dalam Meningkatkan Keaksaraan. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3399¯3409. Dari https://obsesi.or.id/ index.php/obsesi/article/view/2409.
Ramdhani, M. A. & Muhammadiyah, H. 2015. The Criteria of Learning Media Selection for Character Education in Higher Education. Proceeding International Conferemce of Islamic Education: Reforms, Prospects and Challenges, 174¯182.
Revita, Y., Marsidin, S., & Sulastri, S. 2023. Peran Bahasa dalam Penerapan Ilmu Pengetahuan. Jurnal on Education, 5(2),1746¯1754. Dari https://jonedu. org/index.php/joe/article/view/ 949.
Sanjaya, Wina. 2012. Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Santoso, Iman. 2014. Pembelajaran Bahasa Asing di Indonesia: Antara Globalisasi dan Hegemoni. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra,4(1), 2¯3. Dari https://ejournal.upi.edu/index.php/ BS_JPBSP/article/view/ 696/501.
Shalikhah, N. D., Primadewi, A., & Iman, M. S. 2017. Media Pembelajaran Interaktif Lectora Inspire Sebagai Inovasi Pembelajaran. Warta Lembaga Pengabdian Masyarakat Universitas Muhammadiyah Magelang, 20(1), 10¯11. Dari https://journals.ums.ac.id/index.php/ warta/article/view/2842.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suherman, A. 2011. PembelajaranBahasaAsing. Direktori Universitas Pendidikan Indonesia. Dari http://file.upi.edu/Direktori/FPBS/JUR._PEND._BAHASA_ARAB/19510508198003A._SUHERMAN/BAHAN_PEMBELAJARAN/ PEMBELAJARAN_BAHASA_ASING.pdf
Suryani, Nunuk. Setiawan, Ahmad. & Putria, Aditin. 2018. Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Bandung: Rosda.
Yuliana, Ernik. 2012. Penilaian Tingkat Keterbacaan Materi Modul Melalui Evaluasi Formatif. Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh, 13(2), 113¯124. Dari https://jurnal.ut.ac.id/ index.php/jptjj/article/view/418.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um079v7i22023p%25p
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
eISSN 2548-1681