Pengembangan Media ERMEINUNG Berbasis Android untuk Pembelajaran Bahasa Jerman pada Tema Wohnung

Hilyati Ulul Azmi, Lilis Afifah, Dani Hendra

Abstract


Seiring dengan upaya menciptakan pembelajaran yang menyenangkan, kebutuhan akan media pembelajaran yang inovatif selalu ada. Tidak hanya media konvensional, media digital dibutuhkan pula untuk menambah variasi media yang digunakan. Penggunaan media digital terutama berbasis android selaras dengan tingginya intensitas penggunaan smartphone oleh siswa. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan mengembangkan media ERMEINUNG, yakni media pembelajaran digital berbasis aplikasi android yang dilengkapi dengan video, audio, dan gambar untuk menunjang kemampuan siswa dalam belajar bahasa Jerman. Dalam mengembangkan ERMEINUNG, peneliti menggunakan software Lectora Inspire 17 untuk memadukan materi dan multimedia. Metode pengembangan yang dipilih adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE. Uji coba dilakukan pada 35 orang siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 2 Situbondo. Dari hasil penilaian para ahli, media ERMEINUNG dinyatakan sangat valid dan layak untuk digunakan dalam pembelajaran di kelas maupun secara mandiri dengan persentase 94,79% dari ahli media dan 92,5% dari ahli materi. Media tersebut juga mendapatkan penilaian yang positif dari siswa sebagai pengguna dengan persentase 86,45%.

Keywords


learning media, android application, ERMEINUNG, German language, Wohnung

References


Akbar, Sa’dun. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Rosa.

Arsyad, Azhar. 1997. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Cresswell, John W. 2017. Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ensu, V. A. P. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran Meine Aktivität Berbasis Android untuk Melatih Penguasaan Gramatika Bahasa Jerman Kelas XII MAN 1 Kota Malang. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: FS UM.

Fara, E. W. 2020. Pengembangan Media Interaktif Mind Mapping Berbasis Lectora untuk Pembelajaran Fi’il dan Ism di PP Al-Mawaddah. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: FS UM.

Finaka, Andrean W. 2018. 66,3% Masyarakat Indonesia Memiliki Smartphone. Indonesia Baik.id. Dari https://indonesiabaik.id/infografis/663-masyarakat-indonesia-memiliki-smartphone-8.

Gasperz, M., Suranto, AW., Gasperz, N. 2023. Model Evaluasi Formatif-Sumatif Terhadap Hasil Belajar Matematika melalui Pembelajaran Berdiferensiasi pada Peserta Didik SMA. Jurnal Magister Pendidikan Matematika (Jumadika), 5(1),1¯7. Dari https://ojs3.unpatti.ac.id/ index.php/jumadika/ article/view/7998.

Goethe Institut. Tanpa tahun. Untuk Apa Belajar Bahasa Jerman? 10 Alasan untuk Bahasa Jerman. Jakarta: Goethe Institut. Dari https://www. goethe.de/ins/id/id/spr/wdl.html.

Isrofin, Binti. 2020. Validasi Generic Scale of Phubbing (GSP) versi Bahasa Indonesia dengan Rasch Model. Jurnal Nusantara of Research,7(1), 9¯17.Dari https://ojs.unpkediri.ac.id/ index.php/efektor/article/view/13883.

Khesya, Nurhaliza. 2021. Mengenal Flowchart dan Pseudocode dalam Algoritma dan Pemrograman. Center for Open Science: OSF. Dari https://osf.io/ dq45e/.

Kosasih, E. 2020. Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Khotimah, S. 2021. Pemanfaatan Media pembelajaran, Inovasi di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 2149¯2158. Dari https://www. edukatif.org/index.php/edukatif/ article/view/857.

Kusriyati, Eka. 28 Oktober 2022. Komunikasi Personal.

Kusumawati, L. D., Sugito, N., & Mustadi, A. 2021. Kelayakan Multimedia Pembelajaran Interaktif dalam Memotivasi Siswa Belajar Matematika. Jurnal Teknologi Pendidikan: Kwangsan, 9(1), 31¯51. Dari https:// jurnalkwangsan.kemdikbud.go.id/index.php/jurnalkwangsan/ article/view/ 224.

Mahmudah, Anis. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Lectora Inspire pada Materi Jurnal Penyesuaian untuk Siswa Kelas X Akuntansi dan Keuangan Lembaga SMK Negeri 1 Tempel Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia,17(1), 97¯111. Dari https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun/article/view/26515.

Maimunah. 2016. Metode Penggunaan Media Pembelajaran. Jurnal Al-Afkar,5(1), 1¯23. Dari http://ejournal.fiaiunisi.ac.id/index.php/al-afkar/article/view/ 107.

Miftah, Mohammad. 2018. Pengembangan dan Pemanfaatan Multimedia dalam Pembelajaran Interaktif. Jurnal Litbang: Media Informasi Penelitian, Pengembangan dan IPTEK,14(2), 147¯156. Dari http://103.110.43.37/ index.php/jl/article/view/117.

Nugrawiyati, Jepri. 2018. Media Audio Visual dalam Pembelajaran Bahasa Arab. El-Wasathiya: JurnalStudi Agama,6(1), 97¯110. Dari http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/ index.php/washatiya/article/view/3420.

Nursidik, P. &Suri, I. R. A. 2018. Media Pembelajaran Interaktif Berbantu Software Lectora Inspire. Desimal: JurnalMatematika, 1(2), 237¯244. Dari http://www.ejournal. radenintan.ac.id/index.php/desimal/article/viewFile/ 2583/1970.

Pertiwi, A.M., Nurfatimah, S.A., & Hasna, S. 2022. Menerapkan Metode Pembelajaran Berorientasi Student Centered Menuju Masa Transisi Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 8839¯8848. Dari https://www.jptam.org/index.php/ jptam/article/view/3780.

Priyono, Edy.&Buditjahjanto, I.G.P.A. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran Edu-Game Adventure Pada Standar Kompetensi Menginstalasi PC di SMKN 1 Tuban. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 1(1), 2¯3. Dari https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-teknik-elektro/ article/view/204.

Rahayu, R., Mustaji, & Bachri, B. S. 2022. Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android dalam Meningkatkan Keaksaraan. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3399¯3409. Dari https://obsesi.or.id/ index.php/obsesi/article/view/2409.

Ramdhani, M. A. & Muhammadiyah, H. 2015. The Criteria of Learning Media Selection for Character Education in Higher Education. Proceeding International Conferemce of Islamic Education: Reforms, Prospects and Challenges, 174¯182.

Revita, Y., Marsidin, S., & Sulastri, S. 2023. Peran Bahasa dalam Penerapan Ilmu Pengetahuan. Jurnal on Education, 5(2),1746¯1754. Dari https://jonedu. org/index.php/joe/article/view/ 949.

Sanjaya, Wina. 2012. Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Santoso, Iman. 2014. Pembelajaran Bahasa Asing di Indonesia: Antara Globalisasi dan Hegemoni. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra,4(1), 2¯3. Dari https://ejournal.upi.edu/index.php/ BS_JPBSP/article/view/ 696/501.

Shalikhah, N. D., Primadewi, A., & Iman, M. S. 2017. Media Pembelajaran Interaktif Lectora Inspire Sebagai Inovasi Pembelajaran. Warta Lembaga Pengabdian Masyarakat Universitas Muhammadiyah Magelang, 20(1), 10¯11. Dari https://journals.ums.ac.id/index.php/ warta/article/view/2842.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suherman, A. 2011. PembelajaranBahasaAsing. Direktori Universitas Pendidikan Indonesia. Dari http://file.upi.edu/Direktori/FPBS/JUR._PEND._BAHASA_ARAB/19510508198003A._SUHERMAN/BAHAN_PEMBELAJARAN/ PEMBELAJARAN_BAHASA_ASING.pdf

Suryani, Nunuk. Setiawan, Ahmad. & Putria, Aditin. 2018. Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Bandung: Rosda.

Yuliana, Ernik. 2012. Penilaian Tingkat Keterbacaan Materi Modul Melalui Evaluasi Formatif. Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh, 13(2), 113¯124. Dari https://jurnal.ut.ac.id/ index.php/jptjj/article/view/418.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um079v7i22023p%25p

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

View My Stats

Flag Counter

 

 

 

 

eISSN 2548-1681