Layanan Belajar Masyarakat Di Kabupaten Minahasa Provinsi Sulawesi Utara

Asna H. Bolangitan

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran mengenai layanan belajar masyarakat di Kabupaten Minahasa Provinsi Sulawesi Utara. Metode Penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif dengan tempat penelitian di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Touwariri Kecamatan Tombariri Kabupaten Minahasa. Data dikumpulkan dengan menggunakan wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dasar penyelenggaraan Pusat Kegiatan Belajar Mengajar (PKBM) Touwariri di Kabupaten Minahasa Provinsi Sulwesi Utara sebagai pendidikan berbasis masyarakat, dari tinjauan visi, misi serta tujuan didirikannya lembaga pendidikan non formal menunjukkan bahwa PKBM Touwariri memiliki komitmen yang tinggi untuk mewujudkan serta mengimplementasikan makna dari penjabaran tujuan pendiriannya secara maksimal. Aspek filosofis dasar penyelenggaraan secara kelembagaan, muatan kurikulum, pelaku kurikulum, program pembelajaran, monitoring dan evaluasi kurikulum PKBM Touwariri memang masih belum seutuhnya memenuhi standarisasi sesuai dengan standar Badan Akreditasi Pendidikan Non Formal Kementerian Pendidikan Nasional RI. Namun, tetap menyelaraskan dengan standarisasi minimal kelayakan sebuah PKBM.

Abstract: This study aims to obtain an overview of community learning services in Minahasa Regency, North Sulawesi Province. The research method used is a qualitative method with a place of research at the Community Learning Center (PKBM) Touwariri Tombariri District, Minahasa Regency. Data was collected using interviews, and documentation. The results showed that the basis for organizing the Touwariri Teaching and Learning Center (PKBM) in Minahasa Regency, North Sulawesi Province as community-based education, from the vision, mission and objectives of the establishment of non-formal education institutions showed that PKBM Touwariri had a high commitment to realize and implement meaning from the translation of the aim of its founding to the fullest. The basic philosophical aspects of institutional implementation, curriculum content, curriculum actors, PKBM Touwariri curriculum monitoring and evaluation programs are still not fully compliant with the standards in accordance with the standards of the Indonesian Ministry of National Education's Non Formal Education Accreditation Agency. However, it still aligns with the minimum standardization of the feasibility of a PKBM.


Keywords


PKBM

Full Text:

PDF

References


Faisal, Sanapiah, Pendidikan Luar Sekolah di dalam Sistem Pendidkan dan Pembangunan Nasional , Cet. I; Surabaya: Usaha Nasional, 1981.

Galbraith, Michael W, “CommunityBased Organizations and the Dlivery of Lifelong Learning Opportunities”, http://-www.-ed.gov/pubs/PLLIConf95/comm.html, diakses 3 Mei 2014.

H.A.R. Tilaar, Membenahi Pendidikan Nasional, Cet. I; Jakarta: Rineka Cipta, 2012

Nur Djazifah ER, dkk, “Pemetaan tingkat Pencapaian Mutu Pendidikan pada Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) di provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta” Laporan penelitian kelompok, Yogyakarta: Jurusan PLS FIP UNY, 2005

Philip H. Coombs, Roy C. Prosser and Manzoor Ahmed, New paths to learning for rural children and youth, At head of title: Nonformal education for rural development, prepared for UNICEF, New York, International Council for Educational Development, 1973

Rogers, Jenny, Adults Learning. Fifth Edition, London: Open UniversityPress, 2005

Sidi, Indra Djati, Menuju Masyarakat Belajar: Menggagas Paradigma Baru Pendidikan , Cet. I; Jakarta: Paramadina-Logos Wacana Ilmu, 2001.

Sihombing, Umberto & Gautama (Editor) 1999. Pendidikan Luar Sekolah: Kini dan Masa Depan. Jakarta: PD. Mahkota.

Djuju Sudjana, Evaluasi Program Pendidikan Luar Sekolah: Untuk Pendidikan Nonformal dan Pengembangan Sumber Daya Manusia,. Bandung; PT. Remaja Rosdakarya: 2006

Surakmad, Winarno, “Manajemen Pendidikan Berbasis Sekolah dalam Rangka Pengembangan Pendidikan Berbasis Masyarakat”, Makalah disampaikan pada Raker Kepala Sekolah SLTP-SLTA Negeri dan Swasta Se-Propinsi Jawa Tengah, 2000.

Suryono, Yoyon, Peningkatan Kemampuan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM), Yogyakarta; UNY Press: 2007.

Zaenuddin, Arief “Pengelolaan dan Pemberdayaan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat”, Makalah disampaikan pada Rakor Persiapan dan Penyelenggaraan Backstopping PKBM. November 2003 di Solo

Zubaedi, Pendidikan Berbasis Masyarakat: Upaya Menawarkan Solusi Terhadap

Berbagai Problem Sosial. Cet. I; Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2005




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v2i12015p214

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Asna H. Bolangitan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

======================================================================

Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran published by Universitas Negeri Malang in collaboration with the Asosiasi Program Studi Teknologi Pendidikan Indonesia (APS TPI) and Ikatan Profesi Teknologi Pendidikan Indonesia (IPTPI) with a MoU.

Publisher Address:
Educational Technology Laboratorium, Building D5, 1st Floor
Faculty of Education, Universitas Negeri Malang
Semarang St. No. 5, Malang City, East Java Province, Postal Code 65145
Email: jinotep.fip@um.ac.id

 

======================================================================

Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran is indexed by:

                

Creative Commons License
JINOTEP is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JINOTEP Statistics (Since July 13th, 2020)

example counter
View My Stats

View My Stats