Development of Web-Based Learning Media as A Chemistry Learning Supplement
Abstract
Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah memproduksi media pembelajaran kimia berbasis web yang bisa digunakan oleh pembelajar dan mudah diakses setiap saat oleh pebelajar. Penelitian ini merupakan riset pengembangan dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri atas 5 fase yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara pemberian kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran kimia berbasis web terkategori sangat layak digunakan dalam pembelajaran dengan persentase sebesar 86,6 persen dari ahli media, 95,8 persen dari ahli materi, dan 91,3 persen dari hasil uji kelompok kecil. Media pembelajaran Kimia berbasis web ini dapat dijadikan suplemen pembelajaran untuk mendukung media pembelajaran lainnya yang digunakan oleh pembelajar di sekolah.
Abstract: The purpose of this research wasto produce web-based chemistry learning media that can be used by students and easily accessible at any time . This research is development research using the ADDIE model which consists of 5 phases, namely Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. The data collection technique in this study was by distributing a questionnaire. The research results shows that the web-based chemistry learning media is categorized as very suitable for use in learning with a percentage of 86.6 percent from media experts, 95.8 percent from material experts, and 91.3 percent from small group test results. This web-based chemistry learning media can be used as a learning supplement to support other learning media used by students in schools.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akbar, S. (2016). Instrumen Perangkat Pembelajaran (ed. 4). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Allo, E. L. (2011). Pengembangan model pembelajaran berbasis teknologi informasi dan hiperteks pada materi ikatan Kimia. Chemica: Jurnal Ilmiah Kimia dan Pendidikan Kimia, 12(1), 67-70. https://doi.org/10.35580/chemica.v12i1.255
Amin, I. M., & Sapir, S. (2018). Pengembangan media pembelajaran berbasis web hypertext markup language (HTML) pada mata pelajaran Ekonomi materi bank sentral siswa kelas X IPS SMAN 1 Gondanglegi Kabupaten Malang semester genap tahun pelajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 11(2), 143-150. https://dx.doi.org/10.17977/UM014v11i22018p0
Armansyah, F., Sulton, S., & Sulthoni, S. (2019). Multimedia interaktif sebagai media visualisasi dasar-dasar animasi. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(3), 224-229. http://dx.doi.org/10.17977/um038v2i3-2019p224
Barisone, M., Bagnasco, A., Aleo, G., Catania, G., Bona, M., Scaglia, S. G., Zanini, M., Timmins, F., & Sasso, L. (2019). The effectiveness of web-based learning in supporting the development of nursing students’ practical skills during clinical placements: A qualitative study. Nurse Education in Practice, 37(1), 56-61. https://doi.org/10.1016/j.nepr.2019.02.009.
Brame, C. J. (2016). Effective educational videos: principles and guidelines for maximizing student learning from video content. CBE—Life Sciences Education, 15(4), 1-6. https://doi.org/10.1187/cbe.-16-03-0125
Branch, R. M. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach. New York: Springer Science & Busines Media.
Darman, D., Asrul, A., & Saputra, H. N. (2021). Pemanfaatan multimedia interaktif dalam proses pembelajaran ditinjau dari ketersediaan peralatan pendukung dan aplikasi yang digunakan. Decode: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 1(2), 64-68. https://doi.org/10.51454/decode.v1i2.21
Darussalam, A. (2015). Pengembangan media pembelajaran berbasis web interaktif (blog) untuk meningkatkan motivasi belajar pada mata pelajaran pemasaran online sub kompetensi dasar merancang website (studi pada siswa kelas X Tata Niaga SMK Negeri 2 Nganjuk). Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 3(2), 1-7.
Diana, L. M. (2021). Model numbered head together berbantuan video untuk meningkatkan hasil belajar siswa. DECODE: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 1(2), 50-56. https://doi.org/10.51454/decode.v1i2.18
Divayana, D. G. H., Suyasa, P. W. A., & Sugihartini, N. (2016). Pengembangan media pembelajaran berbasis web untuk matakuliah kurikulum dan pengajaran di Jurusan Pendidikan Teknik Informatika Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI), 5(3), 149–157. https://doi.org/10.23887/janapati.v5i3.9922
Ekaputra, F. (2020). Efektivitas laboratorium virtual kimia berbasis hypertext markup language 5 untuk meningkatkan sikap ilmiah dan prestasi belajar. Tarbawy: Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 6-16. https://doi.org/10.32923/tarbawy.v7i1.1201
Fahmi, F., Anas, N., Ningsih, R. W., Khairiah, R., & Permana, W. H. (2021). Pemanfaatan media pembelajaran sederhana sebagai sumber belajar. Decode: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 1(2), 57-63. https://doi.org/10.51454/decode.v1i2.17
Fajriani, A., Darman, D., Saputra, H. N., & Sinarti, A. (2020). Hypertext based interactive multimedia development. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Vokasional, 2(2), 10-16.
Gilang, L., Sihombing, R. M., & Sari, N. (2017). Kesesuaian konteks dan ilustrasi pada buku bergambar untuk mendidik karakter anak usia dini. Jurnal Pendidikan Karakter, 7(2), 158-169. https://doi.org/10.21831/jpk.v7i2.15799
Hadi, S. (2017). Efektivitas penggunaan video sebagai media pembelajaran untuk siswa sekolah dasar. Prosiding TEP & PDs, 15, 96–102.
Januarisman, E., & Ghufron, A. (2016). Pengembangan media pembelajaran berbasis web mata pelajaran ilmu pengetahuan alam untuk siswa kelas VII. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 3(2), 166-182. http://dx.doi.org/10.21831/jitp.v3i2.8019
Kurniawan, D., Kuswandi, D., & Husna, A. (2018). Pengembangan media video pembelajaran pada mata pelajaran IPA tentang sifat dan perubahan wujud benda kelas IV SDN Merjosari 5 Malang. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran) Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 4(2), 119–125. https://doi.org/10.17977/um031v4i22018p119
Manggopa, H. K., Manoppo, C. T. M., Togas, P. V., Mewengkang, A., & Batmetan, J. R. (2019). Web-based learning media using hypertext markup language as course materials. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 25(1), 116-123. http://dx.doi.org/10.21831/jptk.v25i1.23469
Maulana, A., Kusdinar, A. B., & Sunarto, A. A. (2020). Penerapan multimedia development life cycle dalam pengembangan media visualisasi pembelajaran interaktif. Jutisi: Jurnal Ilmiah Teknik Informatika dan Sistem Informasi, 9(3), 25-32. http://dx.doi.org/10.35889/jutisi.v9i3.539
Motaghian, H., Hassanzadeh, A., & Moghadam, D. K. (2013). Factors affecting university instructors' adoption of web-based learning systems: case study of Iran. Computers & Education,61, 158-167. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2012.09.016
Prasetyo, Y. A. (2014). Ilustrasi buku cerita fabel sebagai media pendidikan karakter anak. Arty: Jurnal Seni Rupa, 3(1), 1-9. https://doi.org/10.15294/arty.v3i1.4024
Pratama, A., Ulfa, S., & Praherdhiono, H. (2020). Pengembangan video animasi budaya reog ponorogo sebagai suplemen kegiatan ekstrakurikuler siswa sekolah dasar. JINOTEP (Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran): Kajian dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 7(1), 9-17. http://dx.doi.org/10.-17977/um031v7i12020p009
Putra, I. N. T. A., Kartini, K. S., & Widiyaningsih, N. N. (2020). Implementasi media pembelajaran interaktif berbasis mobile pada materi hidrokarbon. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 4(2), 43-52. http://dx.-doi.org/10.23887/jpk.v4i2.28536
Putri, L. A., & Dewi, P. S. (2020). Media pembelajaran menggunakan video atraktif pada materi garis singgung lingkaran. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 32-39. https://doi.org/10.33365-/jm.v2i1.568
Rafika, A. S., & Amboro, K. (2018). Pengembangan desain media pembelajaran sejarah movie maker berbasis visualisasi situs Megalitik Pugung Raharjo Lampung Timur. Swarnadwipa, 2(2), 99-108.
Rikawati, K., & Sitinjak, D. (2020). Peningkatan keaktifan belajar siswa dengan penggunaan metode ceramah interaktif. Journal of Educational Chemistry (JEC), 2(2), 40-48. https://doi.org/10.21580/jec.-2020.2.2.6059
Salim, S., Ikman, I., Suhar, S., Kodirun, K., Pabunga, D. B., & Saputra, H. N. (2020). Pelatihan pembuatan blog sebagai media dalam pembelajaran SMK. Jurnal Berdaya Mandiri, 2(2), 336-344. https://doi.org/-10.31316/jbm.v2i2.655
Saputra, H. N. (2019). Analisis respon guru dan siswa terhadap penerapan model siklus belajar hipotesis deduktif. PEDAGOGIK: Jurnal Pendidikan, 6(2), 278-299. https://doi.org/10.33650/pjp.v6i2.729
Saputra, H. N., & Salim, S. (2019). Pengembangan buku ajar berbasis keterampilan berpikir kritis. Science Education Journal (SEJ), 3(2), 83-92. https://doi.org/10.21070/sej.v3i2.2661
Saputra, H. N., & Salim, S. (2020). Penerapan bahan ajar berbasis keterampilan berpikir kritis. PEDAGOGIK: Jurnal Pendidikan, 7(1), 22–46. https://doi.org/10.33650/pjp.v7i1.1078
Sari, H. V., & Suswanto, H. (2017). Pengembangan media pembelajaran berbasis web untuk mengukur hasil belajar siswa pada mata pelajaran komputer jaringan dasar program keahlian teknik komputer dan jaringan. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(7), 1008-1016. http://dx.doi.-org/10.17977/jptpp.v2i7.9734
Setyadi, D., & Qohar, A. B. D. (2017). Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis web pada materi barisan dan deret. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 8(1), 1-7. https://doi.org/10.-15294/kreano.v8i1.5964
Surahman, E., Sulthoni, S., Wedi, A., & Putra, A. P. (2020). Components and patterns of hypercontent textbook design as innovative learning resources in digital learning era components and patterns of hypercontent textbook design as innovative learning resources in digital learning era. 4th International Conference of Social Science and Education (ICSSED), 58–67. https://doi.org/10.2478/978836667-5186-008
Wasim, J., Sharma, S. K., Khan, I. A., & Siddiqui, J. (2014). Web based learning. International Journal of Computer Science and Information Technologies, 5(1), 446–449.
Widiyaningtyas, T., & Widiatmoko, A. (2015). Media pembelajaran berbasis web pada mata pelajaran Kimia. Tekno, 21(1), 47-51.
Yanto, D. T. P. (2019). Praktikalitas media pembelajaran interaktif pada proses pembelajaran rangkaian listrik. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional dan Teknologi, 19(1), 75-82. https://doi.org/10.24036/in-votek.v19i1.409
Yuanta, F. (2020). Pengembangan media video pembelajaran ilmu pengetahuan sosial pada siswa sekolah dasar. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(02), 91-100. http://dx.doi.org/10.30742/tpd.v1i02.816
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v9i32022p219
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Rian Rifaldi Ahyan, Hendra Nelva Saputra, Darman Darman
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
======================================================================
Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran published by Universitas Negeri Malang in collaboration with the Asosiasi Program Studi Teknologi Pendidikan Indonesia (APS TPI) and Ikatan Profesi Teknologi Pendidikan Indonesia (IPTPI) with a MoU.
Publisher Address:
Educational Technology Laboratorium, Building D5, 1st Floor
Faculty of Education, Universitas Negeri Malang
Semarang St. No. 5, Malang City, East Java Province, Postal Code 65145
Email: jinotep.fip@um.ac.id
======================================================================
JINOTEP is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JINOTEP Statistics (Since July 13th, 2020)