Pengembangan E-Modul Berbasis Mobile Learning Seni Budaya Materi Konsep Budaya, Seni, dan Keindahan Untuk Siswa Kelas X SMKN 1 Turen Malang

Rizky Ari Pradana, Sulton Sulton, Arafah Husna

Abstract


Abstrak: Proses pembelajaran seni budaya di SMKN 1 Turen Malang  mengalami kesulitan belajar menggunakan media cetak. Penyajian materi berupa teks, serta media cetak hitam putih menjadi masalah umum yang banyak dipaparkan. Maka dibutuhkan sebuah media yang dapat menuntaskan permasalahan yaitu menyusun aplikasi modul elektronik berbasis mobile learning. Tujuan pengembangan untuk mendapatkan aplikasi e-modul berbasis mobile learning yang valid serta efektif untuk siswa belajar mandiri. Model pengembangan yang digunakan adalah model Lee & Owens (2004) karena memiliki alur lengkap mulai dari tahap analisis, tahap desain, tahap pengembangan dan implementasi, serta tahap evaluasi. Hasil tabulasi data aplikasi e-modul berbasis mobile learning dinyatakan valid oleh ahli media 96,25 %, ahli materi 93,13%, serta audiens siswa dengan uji perseorangan 93,13% uji kelompok 90,47%, uji lapangan 89,25 %. Hasil tabulasi data tes setelah memakai aplikasi dinyatakan efektif dengan presentase 96%  karena 24 dari 25 siswa berhasil mencapai kkm mata pelajaran seni budaya.

Abstract: The process of learning art and culture at SMKN 1 Turen Malang has difficulty learning using print media. Presentation of material in the form of text, as well as black-and-white print media is a common problem that is widely presented. Then we need a media that can solve the problem that is compiling the application of electronic modules based on mobile learning. The purpose of the development is to obtain a valid and effective e-module based mobile learning application for independent learning students. The development model used is the Lee & Owens (2004) model because it has a complete flow starting from the analysis phase, the design stage, the development and implementation stage, as well as the evaluation stage. The results of the data tabulation of e-module applications based on mobile learning were declared valid by 96.25% media experts, 93.13% material experts, and student audiences with individual tests 93.13% 90.47% group tests, field tests 89.25% . The results of the tabulation of test data after using the application were declared effective with a percentage of 96% because 24 of the 25 students managed to reach the KKM subject of culture and art.


Keywords


E-Modul; mobile learning; seni budaya

Full Text:

PDF

References


Abdulhak, I., & Darmawan, D. (2013). Teknologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Asyhar, R. (2012). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi Jakarta

Darmawan D. 2013. Teknologi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Darmawan, Deni 2012. Inovasi Pendidikan: Pendekatan Praktik Teknologi Multimedia dan Pembelajaran Online. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Daryanto. 2013. Strategi dan Tahapan Mengajar. Bandung: CV Yrama Widya.

Fauziyah, N. 2017. Faktor Penyebab Kejenuhan Belajar Sejarah Kebudayaan Islam (Ski) Pada Siswa Kelas XI Jurusan Keagamaan Di Man Tempel Sleman. Jurnal pendidikan Agama Islam UIN Sunan Kalijaga. 10(1), 99-108.

Handayani, R. D. 2014. Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Berbasis Mobile-Learning Pada Mata Kuliah Optik di FKIP Universitas Jember. 17(1), 81-85.

Handayani. S. N. 2018. Pengembangan Multimedia Interaktif Seni Tari Jawa Timur Pada Mata Pelajaran Seni Budaya Kelas VII di SMP Negeri 1 Karangan. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan (JKTP). 1(1), 63-69.

Hapsari. N. 2016. Pengembangan E-Modul Pengayaan Materi Pertumbuhan dan Perkembangan Untuk Meningkatkan Kemandirian dan Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Biologi. 5(5), 23-31.

Herawati. S. H. 2018. Pengembangan Modul Elektronik (E-Modul) Interaktif Pada Mata Pelajaran Kimia Kelas XI SMA. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan. 5(2), 180-191.

Lee. W.W. & Owens. D L. 2004. Multimedia-Based Instructional Design, (2nd Ed.). San Francisco: Pfeiffer

McQuiggan, S., McQuiggan, J., Kosturko, L. & Sabourin, J. 2015. Mobile Learning A Handbook fo Developers, Educators, and Learners. New Jersey: John Wiley & Sons, Inc

Nurhairunnisah. 2018. Bahan Ajar Interaktif Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Pada Siswa Kelas X. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan. 5(2), 192-203.

Quinn, Clark. Educational Technology and Society. (Online). Tersedia. http://www.linesize.com/2.1/feature/cqmmwiyp.html

Rahmawati. 2014. Penilaian dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: C.V Andi Offset.

Sambung. D. Pengembangan Mobile Learning Berbasis Gamifikasi Untuk Penguasaan KosaKata Bahasa Jepang Kelas X SMAN 1 Garum. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan (JINOTEP). 3(2), 121-129.

Surahman. E., Surjono. H. D. 2017. Pengembangan Adaptive Mobile Learning Pada Mata Pelajaran Biologi SMA Sebagai Upaya Mendukung Proses Blended Learning. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan. 4(1), 26-37.

Surahman. E. 2019. Integrated Mobile Learning System (IMOLES) Sebagai Upaya Mewujudkan Masyarakat Pebelajar Unggul Era Digital. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan (JINOTEP). 5(2), 50-56.

Sukmadinata, N. S. (2005). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Soehardjo, A.J. (2012). Pendidikan Seni. Malang: bayumedia Publishing

Traxler, John. Defining Mobile Learning. Retrieved 11 July 2018. Interact website: http://iadis.net/dl/final_uploads/200506C018.pdf

Martha, Z. D. 2018. E-book berbasis Mobile Learning. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan (JKTP). 1(2), 109-112.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v6i22020p089

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Rizky Ari Pradana, Sulton, Arafah Husna

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

======================================================================

Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran published by Universitas Negeri Malang in collaboration with the Asosiasi Program Studi Teknologi Pendidikan Indonesia (APS TPI) and Ikatan Profesi Teknologi Pendidikan Indonesia (IPTPI) with a MoU.

Publisher Address:
Educational Technology Laboratorium, Building D5, 1st Floor
Faculty of Education, Universitas Negeri Malang
Semarang St. No. 5, Malang City, East Java Province, Postal Code 65145
Email: jinotep.fip@um.ac.id

 

======================================================================

Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran is indexed by:

                

Creative Commons License
JINOTEP is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JINOTEP Statistics (Since July 13th, 2020)

example counter
View My Stats

View My Stats