Pengembangan Multimedia Mobile Learning Berbasis Smartphone Android Materi Huruf Madura untuk SD Negeri 1 Perante Kabupaten Situbondo

Bayu Nurhidayat, Agus Wedi, Henry Praherdhiono

Abstract


Abstrak: Multimedia Mobile Learning merupakan suatu media pembelajaran yang menggunakan smartphone untuk menyajikan beberapa unsur media yaitu teks,gambar,animasi, dan video.Tujuan Pengembangan ini adalah menghasilkan produk aplikasi mobile learning pembelajaran berbasis smartphone android yang digunakan pada pelajaran Bahasa madura tentang materi huruf madura. Peneltian ini berfokus menghasilkan multimedia pemebalajaran mobile learning untuk meningkatkan pemahaman materi Bahasa madura di SDN 1 Perante Situbondo. Prosedur pengembangan multimedia pembelajaran mobile learning menggunakan model Lee, W.W., & Owens, D.L. (2004) dengan beberapa tahapan yaitu antara lain tahapan analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Hasil yang diperoleh dari validasi oleh ahli media hasil keseluruhan yaitu sebesar 79.16% berdasarkan kriteria media termasuk valid dan layak digunakan dalam proses pembelajaran. Hasil validasi oleh ahli materi diperoleh hasil keseluruhan yaitu sebesar 89,5.7% berdasarkan kriteria media termasuk valid dan layak digunakan dalam proses pembelajaran. H Selanjutnya hasil uji coba pada siswa kelas V SDN 1 Perante Situbondo diperoleh hasil keseluruhan 97 % yang berdasarkan kriteria media termasuk valid dan layak digunakan dalam proses pembelajaran. Hasil pre-test dan post-test siswa terdapat peningkatan nilai sebesar 100% yang berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan medi mobile learning berbasis smartphone termasuk dalam kriteria yang ekertif saat digunakan dalam proses pembelajaran. Saran untuk penelitian lebih lanjut diharapkan mampu membuat aplikasi yang lebih menarik siswa dengan materi yang lebih lengkap agar siswa termotivasi dalam menguasai materi.

Abstract: This research focuses on producing multimedia learning for mobile learning to improve understanding of Madurese material in SDN 1 Perante Situbondo. The procedure for developing multimedia learning for mobile learning uses the models of Lee, W.W., & Owens, D.L. (2004) with several stages, namely among others the stages of analysis, design, development, implementation, and evaluation. The results obtained from the validation by media experts as a whole result that is equal to 79.16% based on media criteria including valid and feasible to be used in the learning process. The results of the validation by material experts obtained overall results which amounted to 89.5.7% based on media criteria including valid and feasible to use in the learning process.Furthermore, the results of trials on class V students of SDN 1 Perante Situbondo obtained an overall result of 97% based on media criteria including valid and appropriate to be used in the learning process. Students' pre-test and post-test results have an increase in value of 100% based on predetermined criteria medi smartphone-based mobile learning is included in the strict criteria when used in the learning process. Suggestions for further research are expected to be able to make the application more attractive to students with more complete material so that students are motivated in mastering the material.


Keywords


Pengembangan; Multimedia Mobile Learning; Bahasa Madura

Full Text:

PDF

References


Arikunto. S, 2000. Manajemen Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Arsyad, A., 2002. Media pembelajaran, edisi 1. Jkt. PT Raja Graf. Persada 36.

Darmawan. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Desstya, A. 2014. kedudukan dan aplikasi pendidikan sains di Sekolah Dasar. Profesi Pendidikan Dasar, 2(1), 193-200.

Effendy, M. H. (2019). Peningkatan Kemampuan Berbahasa Madura Yang Baik Dan Benar Pada Masyarakat Dusun Banlanjang Tlonto Raja Kecamatan Pasean di Masjid Al Muttaqin. PERDIKAN (Journal of Community Engagement), 1(1).

Gunawan, I., & Palupi, A. R. (2016). Taksonomi Bloom–revisi ranah kognitif: kerangka landasan untuk pembelajaran, pengajaran, dan penilaian. Premiere educandum: jurnal pendidikan dasar dan pembelajaran, 2(02).

Hendrawan, D. S. (2013). Aplikasi belajar menulis untuk anak pra sekolah berbasis android.

Ibda, F. (2015). Perkembangan kognitif: teori jean piaget. Intelektualita, 3(1)

Lee.W.W. & Owen. D. L. 2004. Multimedia based instructional design, second edition.

Passe, J., (1999). Elementary school curriculum. McGraw-Hill College.

Praherdhiono, H. (2014). Convenience of Learning Environment for Student Special Education With Cyberwellness Concept. Proceeding International postdraduate University Kebangsaan Malaysia. SEAMOSEN.

Praherdhiono, H. (2016). Standar Program Pengukuran Kenyamanan Lingkungan Belajar Berbasis Ergonomi. Disertasi Dan Tesis Program Pascasarjana UM.

Sugiyono,2013. Metodologi Penelitian Kuantitatif,kualitatif dan R&D. (Bandung: ALFABETA)

Surahman, E., & Surjono, H. D. (2017). Pengembangan adaptive mobile learning pada mata pelajaran biologi SMA sebagai upaya mendukung proses blended learning. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 4(1), 26-37.

Surahman, E., & Alfindasari, D. (2017, September). Developing Adaptive Mobile Learning with the Principle of Coherence Mayer on Biology Subjects of High School to Support the Open and Distance Education. In 3rd International Conference on Education and Training (ICET 2017). Atlantis Press.

Surahman, E. (2019). Integrated Mobile Learning System (Imoles) Sebagai Upaya Mewujudkan Masyarakat Pebelajar Unggul Era Digital. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran) Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 5(2), 50-56.

Thohari, A. N. A., Satoto, K. I., & Martono, K. T. (2013). Pembuatan Aplikasi Mobile Learning sebagai Sarana Pembelajaran di Lingkungan Universitas Diponegoro. Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer, 1(2), 56-65.

Wisnu Wirawan, P. (2011). Pengembangan Kemampuan E-Learning Berbasis Web ke dalam M Learning. Jurnal Masyarakat Informatika, 2(4).




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v6i22020p103

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Bayu Nurhidayat, Agus Wedi, Henry Praherdhiono

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

======================================================================

Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran published by Universitas Negeri Malang in collaboration with the Asosiasi Program Studi Teknologi Pendidikan Indonesia (APS TPI) and Ikatan Profesi Teknologi Pendidikan Indonesia (IPTPI) with a MoU.

Publisher Address:
Educational Technology Laboratorium, Building D5, 1st Floor
Faculty of Education, Universitas Negeri Malang
Semarang St. No. 5, Malang City, East Java Province, Postal Code 65145
Email: jinotep.fip@um.ac.id

 

======================================================================

Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran is indexed by:

                

Creative Commons License
JINOTEP is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JINOTEP Statistics (Since July 13th, 2020)

example counter
View My Stats

View My Stats