Pelaksanaan Pembelajaran dan Bentuk Penilaian pada Masa Pandemi Covid 19

Nola Dewanti

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran pelaksanaan pembelajaran dan bentuk penilaian pada masa pandemi Covid-19 di salah satu sekolah inklusi yaitu SDN Kramat Jati 16 Pagi untuk anak berkebutuhan khusus. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Subjek Penelitian adalah Guru Pendidikan Khusus yang dilakukan wawancara karena guru ini merupakan guru yang bertanggung jawab dalam memberikan pembelajaran kepada anak Berkebutuhan khusus di SDN Kramat Jati 16 Pagi Data dikumpulkan dengan wawancara melalui telepon dan whatsapp. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis interaktif Miles & Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran di SDN 16 Kramat Jati Pagi dilaksanakan dengan melakukan berbagai modifikasi dari mulai tujuan pembelajaran, media, strategi sampai pada penilaiannya dengan penyesuaian di masa pandemi Covid-19, yaitu dengan mempertimbangkan kondisi lingkungan di rumah, kemudahan akses, kebutuhan serta perkembangan peserta didik. Pembelajaran yang diberikan dilaksanakan melalui Pembelajaran Jarak Jauh dengan menggunakan akses internet melalui Whatsapp. Setiap harinya guru akan mengirimkan materi ke setiap siswa dan meminta siswa untuk mengirimkan laporannya setelah selesai mengerjakan tugas

Keywords


sekolah inklusi; Pembelajaran Jarak Jauh; covid-19

Full Text:

PDF

References


Chasanah, N. U., & Pradipta, R. F. (2019). Pengaruh

Penggunaan Media Sempoa Geometri pada

Kemampuan Berhitung Tunagrahita. Jurnal

ORTOPEDAGOGIA, 5(1), 12-17.

Dewi, A. K., Huda, A., & Pradipta, R. F. (2020). Media

Clay Tepung sebagai Sarana Menulis Permulaan

Tunagrahita. Jurnal ORTOPEDAGOGIA, 6(1),

-19.

Enriquez, M. A. S. (2014). Students ’ Perceptions

on the Effectiveness of the Use of Edmodo as

a Supplementary Tool for Learning. DLSU

Research Congress. Diakses melalui : https://doi.

org/10.1017/CBO978110741 5324.004

Fauziah, A. Y., & Pradipta, R. F. (2018). Implementasi

Metode Sosiodrama dalam Mengasah Pelafalan

Kalimat Anak Tunarungu Kelas XI. Jurnal

ORTOPEDAGOGIA, 4(2), 82-86.

Firdaus, I., & Pradipta, R. F. (2020). Implementasi

Treatment and Education of Autistic and

Realted Communicationhandicapped Children

(TEACCH) pada Kemampuan Bina Diri Anak

Down Syndrome. Jurnal ORTOPEDAGOGIA,

(2), 57-61.

Moleong. L. J. 2011. Metodologi Penelitian

Kualitatif. Bandung: PT

RemajaRosdakarya.

Moore, J. L., Dickson-Deane, C., & Galyen, K.

(2011). E-Learning, online learning, and distance

learning environments: Are they the same?

Internet and Higher Education. Diakses melalui :

https://doi.org/10.1016/j.iheduc.2010.10.001

Pradipta, R. F., & Andajani, S. J. (2017). Motion

Development Program for Parents of Child

with Cerebral Palsy. Jurnal Penelitian dan

Pengembangan Pendidikan Luar Biasa, 4(2),

-164.

Pradipta, R. F., & Dewantoro, D. A. (2019). Origami

and Fine Motoric Ability of Intellectual Disabiliy

Students. International Journal of Innovation,

(5), 531-545.

Pradipta, R. F., Purnamawati, F., Efendi, M.,

Dewantoro, D. A., Huda, A., & Jauhari, M. N.

(2020, December). The Role of The Resource

Center in the Implementation of Inclusion

Education in Basic, Medium, and Higher

Education Institutions: A Grounded Theory

Approach. In 1st International Conference on

Information Technology and Education (ICITE

(pp. 490-496). Atlantis Press.

Pradipta, R. F., Purnamawati, F., Yasin, M. H. M.,

Dewantoro, D. A., Irvan, M., & Susilawati, S.

Y. (2020, October). Online Learning Resource

Based on One ID Website for All Access (OIAA)

as a Student Learning Assistance System. In 2020

th International Conference on Education and

Technology (ICET) (pp. 77-83). IEEE.

So, S. (2016). Mobile instant messaging support

for teaching and learning in higher education.

Internet and Higher Education. Diakses melalui :

https://doi.org/10.1016/j.iheduc.2016.06.001




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v7i12021p19-22

Refbacks



Copyright (c) 2021 Jurnal ORTOPEDAGOGIA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

"Jurnal Ortopedagogia" is Indexing by:

 

View My Stats