Pelaksanaan Pembelajaran Siswa Tunagrahita di Sekolah Inklusif (Studi Kasus: Smp Negeri 191 Jakarta Barat)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran siswa tunagrahita kelas VIII di SMPN 191 Jakarta Barat. Penelitian berlangsung pada bulan Mei-Juni 2020. Subjek dalam penelitian ini adalah GPK SMPN 191 Jakarta Barat. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif naratif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes wawancara. Hasil penelitian yang diperoleh adalah pelaksanaan pembelajaran SMPN 191 Jakarta Barat untuk peserta didik berkebutuhan khusus menggunakan Program Pembelajaran Individual (PPI), yang dirancang berdasarkan asesmen awal anak. Pelaksanaan pembelajaran untuk ABK yaitu terdapat kegiatan terjadwal yang melatih life skill, pihak sekolah menempati 3-4 siswa ABK pada setiap kelas, modifikasi pembelajaran (materi, penggunaan media, penilaian siswa), pemberian feedback positif dan motivasi, kerja sama yang baik antara guru kelas dan GPK. Maka dapat disimpulkan, pelaksanaan pembelajaran sekolah inklusif, SMPN 191 Jakarta Barat, sangat baik dan ramah terhadap siswa ABK sehingga meningkatnya prestasi akademik dan non-akademik ABK
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Asrorul M. 2016. Media Pembelajaran Anak
Berkebutuhan Khusus. CV Pustaka Abadi:
Jember.
Assjari, P. S. 2010. Desai Penelitian Naratif. UPI:
Bandung.
Depdiknas. 2009. Model Program Pembelajaran
Individual. Direktorat Pembinaan SLB.
Fauziah, A. Y., & Pradipta, R. F. (2018). Implementasi
Metode Sosiodrama dalam Mengasah Pelafalan
Kalimat Anak Tunarungu Kelas XI. Jurnal
ORTOPEDAGOGIA, 4(2), 82-86.
Firdaus, I., & Pradipta, R. F. (2020). Implementasi
Treatment and Education of Autistic and Realted
Communicationhandicapped Children (TEACCH)
pada Kemampuan Bina Diri Anak Down Syndrome.
Jurnal ORTOPEDAGOGIA, 5(2), 57-61.
Indah P, dkk. 2015. Pelaksanaan Sekolah Inklusi
Di Indonesia. Unpad. http://journal.unpad.ac.id/
prosidin g/article/view/13530
Khoiriyah, P. A., & Pradipta, R. F. (2017).
Media Counting Board untuk Kemampuan
Berhtung Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal
ORTOPEDAGOGIA, 3(2), 109-113.
Lilik Kustanto. 2015. Analisis Naratif: Kemiskinan
Dalam Program Realita TV “Pemberian
Misterius” di Stasiun SCTV. Jurnal Rekam, Vol.
No.2.
Munawir, dkk. 2018. Pendidikan Inklusif dan
Perlindungan Anak. Metagraf: Solo.
Nurkholis. 2013. Pendidikan Dalam Upaya
Memajukan Teknologi. Ejournal IAIN Purwokerto.
http://ejournal.iainpurwokerto.ac.i d/index.php/
jurnalkependidikan/ar ticle/view/530
Pradipta, R. F., & Dewantoro, D. A. (2019). Origami
and Fine Motoric Ability of Intellectual Disabiliy
Students. International Journal of Innovation,
(5), 531-545.
Pradipta, R. F., & Andajani, S. J. (2017). Motion
Development Program for Parents of Child
with Cerebral Palsy. Jurnal Penelitian dan
Pengembangan Pendidikan Luar Biasa, 4(2), 160-
Regina E. 2019. Penataan Kelas yang Ramah Anak
di Sekolah Dasar Inklusi: Studi Deskriptif.
Universitas Sanata Dharma: Yogyakarta.
Rona Fitria. 2012. Proses Pembelajaran Dalam Setting
Inklusi Di Sekolah Dasar. http://ejournal.unp.
ac.id/index.php/jupekhu/article/view/781
Titin Indrawati. 2016. Pelaksanaan Pembelajaran Anak
Tunagrahita. Journal UNY. http://journal.student.
uny.ac.id/ojs/ index.php/pgsd/article/download/1
/1681
Tjutju Soendari. Program Pembelajaran Individual
(PPI). http://file.upi.edu.
Triyanto, dkk. 2016. Pemenuhan Hak Anak
Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Inklusi.
http://journal2.um.ac.id/index.php/sd/article
download/1338/704
Wahyudi, dkk. 2016. Gambaran Sekolah Inklusif
Indonesia. Jakarta: Kemendikbud. http://
publikasi.data.kemendikbud. .go.id/
uploadDir/isi_14D0F106- F4EE-486B-A74F84A191B4AD25_.pdf
Wina S. 2015. Perencanaan dan Desain Sistem
Pembelajaran. Kencana: 1 Maret 2015.
Yopi N. F. 2014. Pee Teaching (Tutor Sebaya)
Sebagai Metode Pembelajaran Untuk Melatih
Siswa Mengajar. https://media.neliti.com/media/
publications/peer-teaching-tutor sebaya-sebagaimetod.pdf
Zaitun. 2017. Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus.
Kreasi Edukasi: Pekanbaru.
Tjutju S., Pudji Asti. 2009. Pengaruh Media Animasi
Komputer Terhadap Hasil Belajar Sains Anak
Tunagrahita Ringan. JASSI Anakku
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v7i12021p23-28
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Jurnal ORTOPEDAGOGIA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
"Jurnal Ortopedagogia" is Indexing by:
View My Stats