Pelaksanaan Pembelajaran Siswa Tunagrahita di Sekolah Inklusif (Studi Kasus: Smp Negeri 191 Jakarta Barat)

Yuni Apriati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran siswa tunagrahita kelas VIII di SMPN 191 Jakarta Barat. Penelitian berlangsung pada bulan Mei-Juni 2020. Subjek dalam penelitian ini adalah GPK SMPN 191 Jakarta Barat. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif naratif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes wawancara. Hasil penelitian yang diperoleh adalah pelaksanaan pembelajaran SMPN 191 Jakarta Barat untuk peserta didik berkebutuhan khusus menggunakan Program Pembelajaran Individual (PPI), yang dirancang berdasarkan asesmen awal anak. Pelaksanaan pembelajaran untuk ABK yaitu terdapat kegiatan terjadwal yang melatih life skill, pihak sekolah menempati 3-4 siswa ABK pada setiap kelas, modifikasi pembelajaran (materi, penggunaan media, penilaian siswa), pemberian feedback positif dan motivasi, kerja sama yang baik antara guru kelas dan GPK. Maka dapat disimpulkan, pelaksanaan pembelajaran sekolah inklusif, SMPN 191 Jakarta Barat, sangat baik dan ramah terhadap siswa ABK sehingga meningkatnya prestasi akademik dan non-akademik ABK


Keywords


Pelaksanaan pembelajaran; Siswa Tunagrahita; Sekolah Inklusif

Full Text:

PDF

References


Asrorul M. 2016. Media Pembelajaran Anak

Berkebutuhan Khusus. CV Pustaka Abadi:

Jember.

Assjari, P. S. 2010. Desai Penelitian Naratif. UPI:

Bandung.

Depdiknas. 2009. Model Program Pembelajaran

Individual. Direktorat Pembinaan SLB.

Fauziah, A. Y., & Pradipta, R. F. (2018). Implementasi

Metode Sosiodrama dalam Mengasah Pelafalan

Kalimat Anak Tunarungu Kelas XI. Jurnal

ORTOPEDAGOGIA, 4(2), 82-86.

Firdaus, I., & Pradipta, R. F. (2020). Implementasi

Treatment and Education of Autistic and Realted

Communicationhandicapped Children (TEACCH)

pada Kemampuan Bina Diri Anak Down Syndrome.

Jurnal ORTOPEDAGOGIA, 5(2), 57-61.

Indah P, dkk. 2015. Pelaksanaan Sekolah Inklusi

Di Indonesia. Unpad. http://journal.unpad.ac.id/

prosidin g/article/view/13530

Khoiriyah, P. A., & Pradipta, R. F. (2017).

Media Counting Board untuk Kemampuan

Berhtung Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal

ORTOPEDAGOGIA, 3(2), 109-113.

Lilik Kustanto. 2015. Analisis Naratif: Kemiskinan

Dalam Program Realita TV “Pemberian

Misterius” di Stasiun SCTV. Jurnal Rekam, Vol.

No.2.

Munawir, dkk. 2018. Pendidikan Inklusif dan

Perlindungan Anak. Metagraf: Solo.

Nurkholis. 2013. Pendidikan Dalam Upaya

Memajukan Teknologi. Ejournal IAIN Purwokerto.

http://ejournal.iainpurwokerto.ac.i d/index.php/

jurnalkependidikan/ar ticle/view/530

Pradipta, R. F., & Dewantoro, D. A. (2019). Origami

and Fine Motoric Ability of Intellectual Disabiliy

Students. International Journal of Innovation,

(5), 531-545.

Pradipta, R. F., & Andajani, S. J. (2017). Motion

Development Program for Parents of Child

with Cerebral Palsy. Jurnal Penelitian dan

Pengembangan Pendidikan Luar Biasa, 4(2), 160-

Regina E. 2019. Penataan Kelas yang Ramah Anak

di Sekolah Dasar Inklusi: Studi Deskriptif.

Universitas Sanata Dharma: Yogyakarta.

Rona Fitria. 2012. Proses Pembelajaran Dalam Setting

Inklusi Di Sekolah Dasar. http://ejournal.unp.

ac.id/index.php/jupekhu/article/view/781

Titin Indrawati. 2016. Pelaksanaan Pembelajaran Anak

Tunagrahita. Journal UNY. http://journal.student.

uny.ac.id/ojs/ index.php/pgsd/article/download/1

/1681

Tjutju Soendari. Program Pembelajaran Individual

(PPI). http://file.upi.edu.

Triyanto, dkk. 2016. Pemenuhan Hak Anak

Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Inklusi.

http://journal2.um.ac.id/index.php/sd/article

download/1338/704

Wahyudi, dkk. 2016. Gambaran Sekolah Inklusif

Indonesia. Jakarta: Kemendikbud. http://

publikasi.data.kemendikbud. .go.id/

uploadDir/isi_14D0F106- F4EE-486B-A74F84A191B4AD25_.pdf

Wina S. 2015. Perencanaan dan Desain Sistem

Pembelajaran. Kencana: 1 Maret 2015.

Yopi N. F. 2014. Pee Teaching (Tutor Sebaya)

Sebagai Metode Pembelajaran Untuk Melatih

Siswa Mengajar. https://media.neliti.com/media/

publications/peer-teaching-tutor sebaya-sebagaimetod.pdf

Zaitun. 2017. Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus.

Kreasi Edukasi: Pekanbaru.

Tjutju S., Pudji Asti. 2009. Pengaruh Media Animasi

Komputer Terhadap Hasil Belajar Sains Anak

Tunagrahita Ringan. JASSI Anakku




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v7i12021p23-28

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal ORTOPEDAGOGIA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

"Jurnal Ortopedagogia" is Indexing by:

 

View My Stats