Penerapan Metode Kinesthetic Tactile dalam Pembelajaran Membaca Permulaan pada Anak Tunagrahita

Anggi Whima Epriliasari, Sulthoni Sulthoni

Abstract


Anak tunagrahita mempunyai taraf kecerdasan yang sangat rendah. Dalam bidang kognitif yakni dalam pembelajaran anak tunagrahita memerlukan metode khusus untuk mempelajari keterampilan membaca. Salah satunya dengan menggunakan metode Kinesthetic Tactile untuk pengenalan huruf dan kata melalui seluruh indera. Penelitian ini mengambil lima subyek kelas II SDLB. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode eksperimen dengan desain One Group Pretest-Posttest Design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah skor rata-rata yang diperoleh pada saat pre-test dan post-test yaitu sebesar 48 dan 73. Maka dapat diperoleh kesimpulan bahwa, metode Kinesthetic Tactile berpengaruh terhadap kemampuan membaca permulaan anak tunagrahita kelas II.

Children with intellectual disability have very low intellegent level. In the cognitive, need a special method to teach them how to learn reading. One of those methods is Kinesthetic Tactile method which is used to introduce letters and words by using all of the five senses. This study took five class II subject SDLB. The research method of this study was experimental method by using One-Group PretestPosttest Design. The instrument of this study between the pre-test and post-test avarage score which were 48 and 73. Therefore, the researcher concluded that Kinesthetic Tactile method influenced reading for the beginner skill for the second grade children with intellectual disability


Keywords


Metode Kinesthetic Tactile; Membaca Permulaan; Tunagrahita

Full Text:

PDF

References


Tarigan. (2008). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angaksa.

Abdurrahman, M. (2003). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Efendi, M. (2008). Psikopendagogik Anak Berkelainan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Soemantri, S. (2012). Psikologi Anak Luar Biasa. Bandung: Refika Aditama. Sugiyono.(2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Seniati L, dkk. (2015). Psikologi Eksperimen. Jakarta:

PT. Indeks.

Wijaya A. (2013). Teknik Mengajar Siswa Tunagrahita.

Yogyakarta: Imperium.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v2i22016p62-64

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal ORTOPEDAGOGIA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

"Jurnal Ortopedagogia" is Indexing by:

 

View My Stats