The Influence of Professional Competence on the Authentic Assessment Skills of Indonesian Language Teachers at MTS Pekanbaru City
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdillah, F. M., Sulton S., & Husna, A. (2021). Implementasi Penilaian Autentik dalam Kurikulum 2013. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan. 4(1), 40-47.
Agustin, A.W. (2022). Kompetensi Guru dalam Melaksanakan Penilaian Autentik Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19 Kelas II SD Negeri Ledug Kecamatan Kembaran Kabupaten Banyumas. Skripsi. Universitas Islam Negeri Purwokerto.
Damaryanti, R., Sangila, M.S., Kadir, A., & Marlina. (2023). Peran Guru dalam Implementasi Penilaian Autentik Pada Peserta Didik Berdasrkan Kurikulum 2013. Taksonomi: Jurnal Pendidikan Dasar. 3(1), 100-110. https://doi.org/10.35326/taksonomi.v2i.4436
Dudung, A. (2018). Kompetensi Profesional Guru (Suatu Studi Meta-Analysis Desertasi Pascasarjana). JKKP: Jurnal Kesejahteraan Keluarga dan Pendidikan, 1(2), 9-19.
Haili, H. (2022). Penilaian Autentik dalam Pembelajaran Fisika pada Madrasah Aliyah. Jurnal Kulidawa.3(1), 8-18.
Hartanti, A. S., & Yuniarsih, T. (2018). Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran. 3(1), 19–27. https://doi.org/10.17509/jpm.v3i1.9452
Isnaini, A.I.., & Utami, L. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian Kinerja untuk Mengukur Kemampuan Psikomotorik Siswa dalam Praktikum Laju Reaksi. Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry. 12(1), 24-30.
Lumbantobing, M.E., & Naibaho, D. (2023). Kompetensi Profesional Guru dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen. Jurnal Ilmiah Multidisiplin. 1(1), 58-64. DOI: https://doi.org/10.62017/merdeka
Mafaza, A. (2016). Pelaksanaan Penilaian Portofolio Dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia oleh Guru Kelas VI SD. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar.5(2), 1-9.
Magdalena, I., Inayah, S., & Sahidah, N. (2023). Analisis Dampak Penerapam Metode Pembelajaran Berbasis Portofolio Dalam Meningkatkan Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar Negeri Taman Cibodas. Bersatu: Jurnal Pendidikan Bhineka Tunggal Ika. 1(4), 132-152. DOI: https://doi.org/10.51903/bersatu.v1i4.273
Maulina, O.H., & Setyorini. (2018). Penilaian Proyek Sebagai Implementasi Authentic Assesment Untuk Meningkatkan Motivasi Pembelajaran Drama Di Sekolah. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia. 2(1), 334-343.
Mawardi, M., & Aryanti, M.P. (2018). Analisis Kesulitan Guru dalam Mengimplementasikan Penilaian Autentik Siswa Pada Kurikulum 2013 di SDN Petir 3 Kota Tanggerang. In prosiding Seminar dan Diskusi Pendidikan Dasar.
Mudlofir, A. (2012). Pendidik Profesional (Konsep, Strategi Aplikasinya dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di Indonesia). Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Mulyasa, E. (2009). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Muslich, M. (2011). Authentic Assesment: Penilaian Berbasis Kelas dan Kompetensi. Bandung: PT. Refika Aditam.
Mustofa, T., Farida, N.A., Ferianto. (2023). Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Dalam Manajemen Pembelajaran Terhadap Peningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI. Al Ulya: Jurnal Pendidikan Islam. 8 (1), 44-54.
Natalia, T. (2018). Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Terhadap Kualitas Pembelajaran Siswa Kelas II Taman Harahap Curup. Skripsi: Institut Agama Islam Negeri Curup.
Nisrokha. (2018). Authentic Assessment (Penilaian Otentik). Jurnal Madaniyah. 8(2), 209-299.
Nurfidah., Rostati., & Yani, M. (2022). Penerapan Penilaian Autentik Guru Bahasa Indonesia dalam Pembelajaran Menulis Teks Anekdot di SMAN 1 Wera. JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala. 7(4), 808-814.
Rifka, Z., Khaldun, I., & Ismayani, A. (2017). Analisis Pelaksanaan Penilaian Autentik Kurikulum 2013 oleh Guru Kimia di SMAN Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kimia. 2(3), 245-254.
Santi, A., Silvia, D., & Damaianti. (2023). Penilaian Autentik Pembelajaran Menulis Karya Ilmiah dalam Mencapai Keterampilan Peserta Didik Sekolah Menengah Atas. Jurnal Fon: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 19(2), 226-238. https://doi.org/10.25134/fon.v19i2.7710
Sappaile, N. (2017). Pengaruh Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Profesional, dan Sikap Profesi Guru Tehadap Kinerja Penilaian Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Teknologi Pendidikan. 19 (1), 47-58.
Sarudin, Sahliah, Dharmawati, & Pulungan, S. 2021). Pengaruh Kompetensi Profesional Dan Kepribadian Guru Terhadap Prestasi Belajar MTSS Ulumul Qur’an Medan. Jurnal Wahana Inovasi. 10 (2), 311-330.
Siregar, L.A. (2019). Penilaian Otentik Dalam Kurikulum 2013. Jurnal Pembelajaran. 3(2), 1-11.
Subrata, I.M., & Rai, G.A. (2019). Penerapan Penilaian Autentik dalam Pembentukan Karakter Siswa. Jurnal Emasains: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains. 3(2), 198-204. DOI : 10.5281/zenodo.3552023
Sudirman. (2022). Pengaruh Kompetensi Profesional Guru, Motivasi Kerja dan Semangat Kerja Terhadap Kinerja Guru Di SMP Kadijah Padang. Jurnal Ekonomi Manajemen dan Bisnis. 1(2), 234-244. https://doi.org/10.47233/jemb.v1i2.658
Sudjoko, S. (2020). Kompetensi Profesional bagi Seorang Guru dalam Manjemen Kelas. Jurnal Ilmu Pendidikan. 12(1), 1-10. https://doi.org/10.37640/jip.v12i1.202.
Suebudin, M. (2021). Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Terhadap Kinerja Guru Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kecamatan Krangkeng Kabupaten Indramayu. Jurnal Pendidikan Indonesia. 2(4), 712-732.
Sukahar, K., Ernawati, E., & Ode, R. (2023). Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas IV di SD Inpres 5 Bomberay. Journal of Education Scienties. 7 (1), 14-30.
Sukenti, D. (2021). Buku Ajar Penilaian Pembelajaran Dalam Bahasa Indonesia. Solok: Mitra Cendikia Media.
Suwandani, R.A., Karma, I., & Affandi, L.H. (2020). Analisis Faktor-Faktor Kesulitan Guru dalam Melaksanakan Penilaian Autentik di SDN Gugus 1 Kecamatan Janapria, Jurnal Ilmiah Pendidikan Indonesia. 2(1), 1-12.
Uno, H. (2015). Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.
Wahyuni, A.S. (2023). Impelemntasi Autentik Assesment pada Pembelajaran Fikih di Madrasah Tsanawiyah. Tarqiyatuna: Jurnal Pendidikan Agama Islam dan Madrasah Ibtidaiyah. 2(1), 48-58.
Yunita, R., & Sukenti, D. (2024). ImplementasiPenilaian Kinerja dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Kerumutan, Kabupaten Pelalawan. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan. 7(3), 119-132.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um047v31i22024p79-85
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Nur Raudhoturrahmah, Desi Sukenti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
INDEXED BY |
TOOLS | PLAGIARISM CHECK | ARTICLE TEMPLATE |
| Research Article Non Research Article |
JPP (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License