Pengejawantahan blended learning untuk mendukung kultur lingkungan belajar berbasis kehidupan pasca pandemi

Zahid Zufar At Thaariq, Rista Anggraini

Abstract


Penulisan ini bertujuan untuk memberikan penjabaran terkait dengan penerapan blended learning dalam lingkungan belajar berbasis kehidupan pada masa pasca pandemi. Pembelajaran secara daring baik disadari maupun tidak, telah menjadikan keterampilan guru dalam mengembangkan pembelajaran dapat meningkat secara perlahan. Hal ini menyebabkan terdapat perubahan kultur belajar baru yang mulai memasuki pada orientasi pada kehidupan. Perubahan ini juga terkuatkan dengan adanya rencana kebijakan untuk melaksanakan pembelajaran secara tatap muka. Maka dari itu, penulis tertarik untuk menelaah blended learning yang kemungkinan akan terjadi sebagai jawaban dalam mendukung kultur belajar baru pasca pandemi. Telaah ini bersifat “pengejawantahan” yang berarti penulis berusaha memberikan pendapat mengenai perwujudan proses blended learning dengan orientasi pada belajar berbasis kehidupan sebagai solusi alternatif bagi guru dalam mengembangkan pembelajaran nantinya. Harapannya tulisan ini mampu memberikan pandangan yang terakumulasi dengan berbagai riset yang ada, sehingga dapat dijadikan referensi alternatif bagi penelitian selanjutnya.

Kata Kunci: blended learning; belajar berbasis kehidupan; pasca pandemi 


DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um022v6i22021p103


Keywords


Blended Learning, Belajar Berbasis Kehidupan, Pasca Pandemi

Full Text:

PDF

References


Abidah, A., Hidaayatullaah, H.N., Simamora, R.M., Fehabutar, D. & Mutakinati, L. 2020. The Impact of Covid-19 to Indonesian Education and Its Relation to the Philosophy of “Merdeka Belajar”. Studies in Philosophy of Science and Education. 1(1):38–49.

Ameli, A., Hasanah, U., Rahman, H. & Putra, A.M. 2020. Analisis keefektifan pembelajaran online di masa pandemi COVID-19. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 2(1):28–37.

Anugrahana, A. 2020. Hambatan, solusi dan harapan: pembelajaran daring selama masa pandemi covid-19 oleh guru sekolah dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. 10(3):282–289.

Ayuni, D., Marini, T., Fauziddin, M. & Pahrul, Y. 2020. Kesiapan guru TK menghadapi pembelajaran daring masa pandemi COVID-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 5(1):414–421.

Bordoloi, R., Das, P. & Das, K. 2021. Perception towards online/blended learning at the time of Covid-19 pandemic: an academic analytics in the Indian context. Asian Association of Open Universities Journal. ahead-of-print(ahead-of-print).

Carliner, S. 2004. An Overview of Online Learning. Human Resource Development.

Chaeruman, U. 2017. Pengembangan Model Desain Sistem Pembelajaran Blended. Universitas Negeri Jakarta. (Doctoral Dissertation).

Chaeruman, U.A. 2020. Ruang Belajar Baru dan Implikasi terhadap Pembelajaran di Era Tatanan Baru. Kwangsan. 8(1):332450.

Chaeruman, U.A. & Maudiarti, S. 2018. Quadrant of Blended Learning: a Proposed Conceptual Model for Designing Effective Blended Learning. Jurnal Pembelajaran Inovatif. 1(1):1–5.

Chaeruman, U.A., Wibawa, B. & Syahrial, Z. 2018. Determining the appropriate blend of blended learning: A formative research in the context of Spada-Indonesia. American Journal of Educational Research. 6(3):188–195.

Degeng, I.N.S. 1998. Mencari Paradigma Baru Pemecahan Masalah Belajar dari Keteraturan Menuju Kesemrawutan. Makalah disajikan dalam Pidato Pengukuhan Guru Besar IKIP Malang.

Dewi, W.A.F. 2020. Dampak Covid-19 terhadap implementasi pembelajaran daring di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan. 2(1):55–61.

Dhawan, S. 2020. Online learning: A panacea in the time of COVID-19 crisis. Journal of Educational Technology Systems. 49(1):5–22.

Dziuban, C., Graham, C.R., Moskal, P.D., Norberg, A. & Sicilia, N. 2018. Blended learning: the new normal and emerging technologies. International Journal of Educational Technology in Higher Education. 15(1):3.

Fauziyah, N. 2020. Dampak Covid-19 Terhadap Efektivitas Pembelajaran Daring Pendidikan Islam. Al-Mau’izhoh. 2(2). http://www.jurnal.unma.ac.id/index.php/am/article/view/2294 Date of access: 07 Jun. 2021.

Firman, F. & Rahayu, S. 2020. Pembelajaran online di tengah pandemi covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES). 2(2):81–89.

Hatuwe, R.S.M., Tuasalamony, K., Susiati, S., Masniati, A. & Yusuf, S. 2021. Modernisasi terhadap perubahan sosial masyarakat desa namlea kabupaten buru. Nusantara: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial. 8(1):84–96.

Hernawan, W. 2012. Pengaruh Media Massa Terhadap Perubahan Sosial Budaya Dan Modernisasi Dalam Pembangunan. KOM & REALITAS SOSIAL. 4(4).

Hidayat, W.N., Patmanthara, S., Sari, R.K. & Sutikno, T.A. 2019. Cognitive ability improvement in learning resource development course through implementation of life-based learning models using LMS. In: Vol. 1193. Journal of Physics: Conference Series. IOP Publishing. pp. 012034.

Hrastinski, S. 2019. What Do We Mean by Blended Learning? TechTrends. 63(5):564–569.

Izza, A.Z., Falah, M. & Susilawati, S. 2020. Studi Literatur: Problematika Evaluasi Pembelajaran dalam Mencapai Tujuan Pendidikan di Era Merdeka Belajar. Konferensi Ilmiah Pendidikan 2020. 1(1):10–15.

Kamus Besar Bahasa Indonesia. 2021. Arti kata ejawantah - Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online. https://kbbi.web.id/ejawantah Date of access: 06 Jun. 2021.

Kastur, A., Mustaji, M. & Riyanto, Y. 2020. The Practicality and Effectiveness of Direct Learning Model by Using Life-Based Learning Approach. Studies in Learning and Teaching. 1(3):165–174.

Kemendikbud. 2020. https://www.youtube.com/watch?v=0WQJR2-F8eo&feature=youtu.be Date of access: 19 Sep. 2020.

Kemendikbud. s.a. Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Mulai Juli 2021 | Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi. https://vokasi.kemdikbud.go.id/read/pembelajaran-tatap-muka-terbatas-mulai-juli-2021 Date of access: 06 Jun. 2021.

Littlefield, L.M. & Gjertsen, A.R. 2018. Teaching 21st century brains: Activating working memory in the online world. In: The use of technology in teaching and learning. Washington, DC, US: Society for the Teaching of Psychology. pp. 26–37.

Michel, R. & Durdella, N. 2019. Exploring Latino/a college students’ transition experiences: An ethnography of social preparedness and familial support. Journal of Latinos and Education. 18(1):53–67.

Miller, M.D. 2014. Minds online. Harvard University Press.

Praherdhiono, H. 2019. Konstruksi Belajar Berbasis Kehidupan pada MOOCs. In: Teori dan Implementasi Teknologi Pendidikan: Era Belajar Abad 21 dan Revolusi Industri 4.0. Malang: Seribu Bintang.

Praherdhiono, H., Adi, E.P. & Prihatmoko, Y. 2018. Konstruksi demokrasi belajar berbasis kehidupan pada implementasi LMS dan MOOC. Edcomtech Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan. 3(1):21–28.

Prawiyogi, A.G., Purwanugraha, A., Fakhry, G. & Firmansyah, M. 2020. Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Pembelajaran Siswa di SDIT Cendekia Purwakarta. Jurnal Pendidikan Dasar. 11(1):94–101.

Purnomo, A., Ratnawati, N. & Aristin, N.F. 2017. Pengembangan Pembelajaran Blended Learning Pada Generasi Z. Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS. 1(1):70–76.

Ramadania, F. & Aswadi, D. 2020. Blended Learning dalam Merdeka Belajar Teks Eksposisi. Stilistika: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya. 5(1):10–21.

Setyosari, P. 2019. Belajar Abad ke-21 dan Era Revolusi Industri 4.0. In: Teori dan Implementasi Teknologi Pendidikan: Era Belajar Abad 21 dan Revolusi Industri 4.0. Malang: Seribu Bintang.

Setyosari, P. 2021. Isu-Isu Aktual dan Tren Terkini dalam Penelitian Teknologi Pendidikan. Youtube. https://www.youtube.com/watch?v=402g-FRrEZA Date of access: 04 Oct. 2021.

Simanjuntak, F.N. 2017. Pendidikan untuk Pembangunan Berkelanjutan. Jurnal Dinamika Pendidikan. 10(2):169–195.

Simarmata, J., Djohar, A., Purba, J. & Juanda, E.A. 2018. Design of a Blended Learning Environment Based on Merrill’s Principles. Journal of Physics: Conference Series. 954:012005.

Staron, M. 2011. Life-based learning model–a model for strength-based approaches to capability development and implications for personal development planning. Mindful Creations, February. 1–14.

Susanto, M.I. 2019. Kedudukan Hukum People Power dan Relevansinya dengan Hak Kebebasan Berpendapat di Indonesia. Volksgeist: Jurnal Ilmu Hukum dan Konstitusi. 2(2):225–237.

Syarifudin, A.S. 2020. Impelementasi pembelajaran daring untuk meningkatkan mutu pendidikan sebagai dampak diterapkannya social distancing. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua. 5(1):31–34.

Thaariq, Z.Z.A. 2020. The Use of Social Media as Learning Resources to Support the New Normal. Teknodika. 18(2):80–93.

Thaariq, Z.Z.A., Surahman, E., Murti, S.A., Faqiroh, B.Z. & Kusworo, N.R. 2020. Analysis of Learners Characteristics and Learning Process Preferences during Online Learning. In: 1st International Conference on Information Technology and Education (ICITE 2020). Atlantis Press. pp. 49–54.

Thorne, K. 2003. Blended learning: how to integrate online & traditional learning. Kogan Page Publishers.

Toenlioe, A.J.E. 2018. Ilmu dan Filsafat Pendidikan: Kajian Model Dikotomis Sinergis. Malang: Elang Mas.

Uwajeh, P.C. & Ezennia, I.S. 2018. The Socio-cultural and ecological perspectives on landscape and gardening in Urban Environment: A narrative review. Journal of Contemporary Urban Affairs. 2(2):78–89.

Watson, J. 2008. Blended Learning: The Convergence of Online and Face-to-Face Education. Promising Practices in Online Learning. North American Council for Online Learning.

Website Resmi Penanganan COVID-19. 2021. Beranda. covid19.go.id. https://covid19.go.id/ Date of access: 06 Jun. 2021.

Yuristia, A. 2017. Keterkaitan Pendidikan, Perubahan Sosial Budaya, Modernisasi dan Pembangunan. IJTIMAIYAH Jurnal Ilmu Sosial dan Budaya. 1(1).


Refbacks





Editorial and Administration Office:
This Journal is published by Prodi Pendidikan IPS, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang
Semarang St. No. 5 Building I3-102 65145.
Phone. (0341) 551312. line. 376 (19)
Homepage: http://journal2.um.ac.id/index.php/jtppips/index
email: jtp2ips.journal@um.ac.id 


JTP2IPS INDEXED BY:

 

e-ISSN 2503-5347
ISSN 2503-1201

Statcounter

 Creative Commons License

JTP2IPS is licensed by CC BY 4.0