Pembelajaran IPS sebagai penguat nasionalisme dalam menghadapi tantangan di era globalisasi

Moch. Dimas Galuh Mahardika, Fahmi Nur Ramadhan

Abstract


Nasionalisme merupakan keadaan pikiran, di mana kesetiaan individu muncul sebagai akibat dari eksistensi negara-bangsa. Keterikatan yang mendalam dengan tanah asal seseorang, dengan tradisi lokal otoritas teritorial yang mapan telah ada dalam kekuatan yang berbeda-beda di sepanjang proses sejarahnya. Bangsa Indonesia sebagai bangsa yang telah menghadapi berbagai tantangan zaman dalam berbagai fase sejarah terbentuk sebagai bangsa yang kuat. Kekuatan bangsa Indonesia dalam perspektif sejarah menguat saat nasionalisme mulai menggeser sifat-sifat primordial dan mengutamakan kepentingan yang bersifat nasional. Pentingnya penguatan nasionalisme hari ini adalah untuk tetap menjaga identitas luhur bangsa Indonesia di tengah arus globalisasi. Pembelajaran IPS merupakan salah satu kunci untuk memberikan dasar penanaman identitas generasi penerus bangsa dalam menghadapi segala tantangan dan ancaman arus globalisasi.  

Kata Kunci: nasionalisme; globalisasi; pembelajaran IPS

 

DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um022v6i22021p78


Keywords


Nasionalisme; Globalisasi; Pendidikan IPS

Full Text:

PDF

References


Alfian, T. I. (1996). Nasionalisme dalam Perspektif Sejarah (Jurnal Filsafat Pancasila). Gajah Mada Press.

Ali, M. (2005). Pengantar Ilmu Sejarah Indonesia. LKiS.

Bogoviz, A. V., Popkova, E. G., & Ragulina, Y. V. (Ed.). (2019). Industry 4.0: Industrial Revolution of the 21st Century (1st ed. 2019). Springer International Publishing : Imprint: Springer.

Bourchier, D. M. (2019). Two Decades of Ideological Contestation in Indonesia: From Democratic Cosmopolitanism to Religious Nationalism. Journal of Contemporary Asia, 1–21.

Bowles, P. (2008). National Currencies and Globalization: Endangered Specie? Routledge.

BSNP. (2007). Standard Isi IPS SD/MI. Badan Standard Nasional Pendidikan.

Dewi, S. M. (2018). Pengaruh Metode Pembelajaran dan Rasa Nasionalisme Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Jurnal Sekolah Dasar, 3(1).

Dunn, B. (2009). Global Political Economy: A Marxist Critique. Pluto Press.

Dwintari, J. W. (2018). Urgensi Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Multikultural dalam Pembinaan Keberagaman Masyarakat Indonesia. Jurnal Ilmu Pendidikan PKn dan Sosial Budaya, 2(1).

Epstein, T. (2009). Interpreting National History: Race, Identity, and Pedagogy in Classrooms and Communities. Routledge.

Frederick, W. H., & Soeroto, S. (2017). Pemahaman Sejarah Indonesia: Sebelum dan Sesudah Revolusi. Lembaga Penelitian Pendidikan dan Penerangan Ekonomi dan Sosial, (LP3ES).

Fukuyama, F. (1992). The end of History and The Last Man. Free Press ; Maxwell Macmillan Canada ; Maxwell Macmillan International.

Gardner, H. (2009). Five Minds for the Future. Harvard Business Review Press.

Gunawan, R. (2011). Pendidikan IPS-Filosofi, Konsep, dan Aplikasi. Alfabeta.

Hägerdal, H. (2009). Responding to The West: Essays on Colonial Domination and Asian Agency. Amsterdam University Press.

Hariyono. (2018). Pendidikan Sejarah dan Karakter Bangsa Sebuah Pengantar Dialog. Jurnal Pendidikan Sejarah Indonesia, 1(1), 1–22.

Hobsbawm, E. J. (1971). From Social History to the History of Society. Daedalus, 100(1,), 20–45.

Ibrahim, Z. A. (2017). Revitalisasi Nasionalisme Daerah Menuju Keutuhan Nasionalisme Negera Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) (Prosiding Internasional Symposium on Religious Literature and Heritage (ISLAGE)). Badan Litbang dan Diklat Kemerntrian Agama RI.

Kartodirdjo, S. (1990). Pengantar Sejarah Indonesia Baru: Sejarah Pergerakan Nasional dari Kolonialisme sampai Nasionalisme. Gramedia.

Kartodirdjo, S. (1999). Ideologi Bangsa dan Pendidikan Sejarah (Sejarah 8). MSI dan Arsip Nasional RI.

Kohn, H. (1982). Nationalism, its Meaning and History (Rev. ed). Krieger.

Mahardika, M. D. G. (2020). Kerangka Konseptual Untuk Pendidikan Multikultural di Indonesia. Jurnal Pendidikan Sejarah Indonesia, 3(2), 137–146.

Maria, U. (2012). Perilaku yang Sesuai dengan Nilai-nilai Pancasila. Tim MGMP Kewarganegaraan.

NCSS. (2003). A Vision of Powerful Teaching and Learning Social Studies. Departemen Alma.

Nursid, S. (1997). Konsep Dasar IPS. Depdikbud Universitas Terbuka.

Sapriya. (2009). Pendidikan IPS. Rosda Karya.

Siska, F., Suryani, & Tampubolon, B. (2014). Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dengan Team Games Tournamen di Kelas IV SDN 07 Sadaniang. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 3(8).

Soekarno. (2012). Nasionalisme, Islamisme, dan Marxisme (Cetakan pertama). Kreasi Wacana.

Supardan, D. (2011). Tantangan Nasionalisme Indonesia dalam Era Globalisasi. Lentera: Jurnal Ilmu-Ilmu Sejarah, 2(4), 37–72.

Supratman. (2013). Memahami Dampak Globalisasi dalam Kehidupan Bermasyarakat, Berbangsa, dan Bernegara. Tim MGMP Kewarganegaraan.

Utomo, C. B. (1995). Dinamika Pergerakan Kebangsaa Indonesai dari Kebangkitan Hingga Kemerdekaan. IKIP Semarang Press.

Wilson, J. D. (2015). Understanding Resource Nationalism: Economic Dynamics and Political Institutions. Contemporary Politics, 21(4), 399–416.

Wulandari, T. (2010). Pembelajaran IPS Sebagai Media Penanaman Nasionalisme. ISTORIA, VIII(1), 75–85.

Yudhanegara, F. (2015). Pancasila Sebagai Filter Pengaruh Globalisasi Terhadap Nilai-nilai Nasionalisme. Cendeka: Jurnal Ilmu Administrasi Negara, VIII(2), 165–180.

Yunianti, S. P. (2020). Memperkuat Pendidikan Karakter Nasionalisme Melalui Pembelajaran IPS (Studi Kasus Peserta Didik Kelas IV SD Al Irsyad Al Islamiyyah 02 Purwokerto). Prosiding Seminar Internasional Kolokium.

Zed, M. (2004). Metode Peneletian Kepustakaan. Yayasan Obor Indonesia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Editorial and Administration Office:
This Journal is published by Prodi Pendidikan IPS, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang
Semarang St. No. 5 Building I3-102 65145.
Phone. (0341) 551312. line. 376 (19)
Homepage: http://journal2.um.ac.id/index.php/jtppips/index
email: jtp2ips.journal@um.ac.id 


JTP2IPS INDEXED BY:

 

e-ISSN 2503-5347
ISSN 2503-1201

Statcounter

 Creative Commons License

JTP2IPS is licensed by CC BY 4.0