Tanggapan Masyarakat terhadap Pondok Pesantren Darul Ilmi dalam perspektif pendidikan

Muhammad Efendi, Kukuh Ranom Prayoga, Muniratul Mukaramah

Abstract


Pondok pesantren merupakan bagian dari lembaga pendidikan yang berupaya membina, mendidik, membimbing dan mengembangkan setiap potensi yang ada dalam diri manusia. Sejauh mana pondok pesantren berperan dalam bidang pendidikan akan terus berlanjut oleh masyarakat yang selalu mengharapkan terciptanya lingkungan yang sejahtera dan terpenuhinya kebutuhan disektor keagamaan. Tanggapan masyarakat menjadi faktor yang menentukan berhasil atau tidaknya pondok pesantren dalam membina santri-santrinya. Penelitian ini berfokus pada Tanggapan masyarakat terhadap pondok pesantren  Darul Ilmi dalam perspektif pendidikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif.Peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi dalam mengumpulkan data lapangan. Objek dalam penelitian ini adalah ponpes Darul Ilmi yang berhubungan dengan bagaimana tanggapan masyarakat terhadap lembaga tersebut. Subjek penelitianya adalah masyarakat yang berada di kelurahan Landasan Ulin, selanjutnya analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Adapun hasil dari penelitian ini berupa penilaian masyarakat bahwa pondok pesantren Darul Ilmi kota Banjarbaru berhasil dan tepat guna dalam memberikan pendidikan agama Islam kepada para santrinya.

Kata Kunci: Tanggapan; Pondok Pesantren; pendidikan

DOI:  http://dx.doi.org/10.17977/um022v6i22021p69


Keywords


Tanggapan; Pondok Pesantren; Pendidikan

Full Text:

PDF

References


Arifiah, D. A. (2021). Solusi Terhadap Problematika Pendidikan Dalam Pembelajaran di Pesantren Pada Era Globalisasi. Jurnal Pendidikan, 9(2), 36–43.

Arifin, Z. (2011). Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum, Cet. I. PT. Remaja Rosdakarya: Bandung.

Arisanty, D., & Efendi, M. (2017). Penggunaan Model Pembelajaran Latihan Penelitian untuk Meningkatkan Hasil Belajar Geografi MA Darul Ilmi Banjarbaru, Kalimantan Selatan. Prosiding Konvensyen Kebangsaan Sekolah Kluster Kecemerlangan, 264.

Efendi, M. (2014). Pengaruh model pembelajaran latihan penelitian terhadap hasil belajar geografi siswa SMA. Universitas Negeri Malang.

Efendi, M., Masriyah, M., & Riadi, S. (2020). Islamic Contribution In The Covid-19 Pandemic Viewed From History.

Fakhruddin, A. (2011). Prinsip-Prinsip Manajemen Pendidikan Islam dalam Konteks Persekolahan. Jurnal Pendidikan Agama Islam-Ta’lim, 9(2), 199–212.

Herdiana, Y., Kosim, C. A., Erihadiana, M., & Syah, M. (2021). Transformasi Manajemen Masyarakat di Lingkungan Pesantren. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda), 4(2), 110–118.

Indonesia, P. R. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta.

Jamal, N. (2015). Transformasi Pendidikan Pesantren dalam Pembentukan Kepribadian Santri. TARBIYATUNA, 8(2), 64–100.

Kurniawan, Y. (2021). Manajemen hubungan masyarakat dalam mengembangkan pondok pesantren: Penelitian di pondok pesantren Nurul Falah Cililin Bandung Barat. Uin sunan gunung djati bandung.

Miles, B. M., & Huberman, M. A. (1992). Analisis Data Kualitatif (Alih bahasa oleh Tjetjep Rohendi. Jakarta: UI Press.

Nasution, N. A. (2020). Lembaga Pendidikan Islam Pesantren. Al-Muaddib: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial dan Keislaman, 5(1), 36–52.

Pandiangan, A. P. B. (2019). Penelitian Tindakan Kelas: Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran, Profesionalisme Guru Dan Kompetensi Belajar Siswa. Deepublish.

Pratama, T. P. (2014). Peranan Pondok Pesantren Hudatul Muna Ii Ponorogo Dalam Pengembangan Pendidikan Santri Untuk Menghadapi Tantangan Di Era Globalisasi. SOSIALITAS; Jurnal Ilmiah Pend. Sos Ant, 5(1).

Prayoga, K. R. (2021). Persepsi Masyarakat Terhadap Pendidikan Agama Islam di Pondok Pesantren Darul Ilmi Banjarbaru. FTK-UIN Antasari: Banjarmasin.

Shiddiq, A. (2015). Tradisi Akademik Pesantren. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam, 10(2), 218–229.

Sugiyono. (2008). Metode penelitian pendidikan:(pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R & D). Alfabeta.

Suhardi, M., & Irawan, M. A. (2015). Peran Serta Masyarakat dalam Pengembangan Pondok Pesantren (Studi Kasus di Pondok Pesantren Yanmu NW Praya Lombok Tengah NTB). Jurnal Kependidikan, 14(4), 375–383.

Suharni, S., & Haramen, M. (2020). Dampak Negatif Pergaulan Bebas Terhadap Generasi Muda Menurut Tinjauan Pendidikan Agama Islam. Madrasatuna, 1(1), 27–46.

Syafe’i, I. (2017). Pondok pesantren: Lembaga pendidikan pembentukan karakter. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 61–82.

Tolib, A. (2015). Pendidikan di Pondok Pesantren Modern. Risâlah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 2(1), 60–66.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Editorial and Administration Office:
This Journal is published by Prodi Pendidikan IPS, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang
Semarang St. No. 5 Building I3-102 65145.
Phone. (0341) 551312. line. 376 (19)
Homepage: http://journal2.um.ac.id/index.php/jtppips/index
email: jtp2ips.journal@um.ac.id 


JTP2IPS INDEXED BY:

 

e-ISSN 2503-5347
ISSN 2503-1201

Statcounter

 Creative Commons License

JTP2IPS is licensed by CC BY 4.0