Pengaruh Strategi Pembelajaran (Peta Konsep dan Rangkuman) dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar Pembelajaran Sejarah
Abstract
Abstrak: penelitian ini bertolak dari fakta bahwa strategi pembelajaran yang digunakan dalam menyampaikan mata pelajaran Sejarah di MAN Kraton Pasuruan masih menggunakan strategi konvensional dan interaksi dalam proses belajar mengajar di sekolah kerapkali bersifat monolog. Penelitian ini bertujuan untuk menguji: (1) ada tidaknya perbedaan hasil belajar siswa antara kelas yang menggunakan strategi peta konsep dengan kelas yang menggunakan strategi rangkuman, (2) ada tidaknya perbedaan hasil belajar siswa pada siswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi dengan siswa yang memiliki motivasi berprestasi rendah, (3) ada tidaknya interaksi antara penggunaan strategi (peta konsep dan rangkuman) dan tingkat motivasi berprestasi terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan rancangan eksperimen kuasi, dengan desain faktorial 2 x 2, dengan subyek penelitian siswa kelas X MAN Kraton Kabupaten Pasuruan tahun ajaran 2014/2015 pada mata pelajaran Sejarah. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes hasil belajar dan tes motivasi berprestasi. Teknik analisis datanya menggunakan ANOVA dua jalur dengan bantuan analisis statistik SPSS release 16.00 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada perbedaan hasil belajar antara kelas yang menggunakan strategi peta konsep dengan kelas yang menggunakan strategi rangkuman, (2) ada perbedaan hasil belajar siswa pada siswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi dengan siswa yang memiliki motivasi berprestasi rendah. (3) tidak ada interaksi antara penggunaan strategi pembelajaran (peta konsep dan rangkuman) dengan tingkat motivasi berprestasi terhadap hasil belajar Sejarah. Bagi penelitian lanjutan disarankan untuk menguji keefektivan strategi peta konsep terhadap hasil belajar mata pelajaran Sejarah dengan menggunakan variabel moderator gaya kognitif.
Abstract: This study departs from the fact that the learning strategies used in delivering History subjects at the Kraton Pasuruan MAN still use conventional strategies and interactions in the teaching and learning process in schools are often monologues. This study aims to examine: (1) whether there are differences in student learning outcomes between classes using concept map strategies with classes using summary strategies, (2) whether there are differences in student learning outcomes in students who have high achievement motivation with motivated students low achievement, (3) the presence or absence of interaction between the use of strategy (concept map and summary) and the level of achievement motivation on student learning outcomes. This study uses a quasi-experimental design, with a 2 x 2 factorial design, with the research subjects of class X MAN Kraton Pasuruan Regency 2014/2015 academic year on History subjects. The instruments used in this study were learning outcomes tests and achievement motivation tests. The data analysis technique uses two-way ANOVA with the help of SPSS release 16.00 statistical analysis for Windows. The results showed that: (1) there were differences in learning outcomes between classes using concept map strategies with classes using summary strategies, (2) there were differences in student learning outcomes for students who had high achievement motivation with students who had low achievement motivation. (3) there is no interaction between the use of learning strategies (concept maps and summaries) with the level of achievement motivation towards learning outcomes of history. For further research, it is recommended to test the effectiveness of the concept map strategy on the learning outcomes of History subjects by using cognitive style moderator variables.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arends, R.I. 2008. Learning To Teach: Belajara untuk Mengajar. Edisi Ketujuh, Buku Satu. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Astuti, V.T. 2013. Pengaruh Metode Pembelajaran Peta Konsep dan Value Clarification Technique terhadap Kompetensi Kewarganegaraan Siswa pada Konsep Norma. Tesis tidak diterbitkan. Bandung: Magister Pendidikan Kewarganegaraan, PPs UPI.
Ausubel, D. 1968. Education Psychology: A Cognition View. New York: Holt Rinehart, and Winston.
Coop, R.H. & White, K. 1974. Psychological Concept in The Classroom. New York: Harper and Row Publisher.
Dahar, R.W. 1990. Peta Konsep Pengungkap Penguasaan Konsep-Konsep. Laporan Penelitian P4 Ditjen Dikti, Depdikbud. Bandung: FMIPA IKIP Bandung.
Degeng, I.N.S. 1991. Kontribusi Jenis Kelamin, Gaya Kognitif, dan Motivasi Berprestasi Terhadap Cara Belajar Mahasiswa IKIP Malang. Malang: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Institusi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Malang.
Degeng, I.N.S. 1997. Strategi Pembelajaran Mengorganisasi Isi dengan Model Elaborasi. Malang: Penertbit IKIP Malang.
Esau, M. 1992. Pengaruh Review Rangkuman dan Gaya Kognitif terhadap Perolehan Belajar dan Retensi dengan Ceramah Bermedia OHP. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Magister Teknologi Pembelajaran, PPs IKIP MALANG.
Etika, R. 2012. Pengaruh Strategi Peta Konsep terhadap Motivasi Belajar dan Pemahaman Konsep dalam Pembelajaran IPA di SMPN 3 Kertak Hanyar Kabupaten Banjar. Tesis tidak diterbitkan. Yogyakarta: PPs UNY.
Farlina, E. 2011. Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Malasah matematis dan SelfRegulated Learning Siswa MTS melalui pendekatan Keterampilan Proses dengan Peta Konsep. Tesis tidak diterbitkan. Bandung: Magister Pendidikan Matematika, PPs UPI.
Fushha. 2003. Pengaruh Bentuk Balikan dan Motivasi Berprestasi terhadap Perolehan Belajar Fisika di SLTP Al-Yakin Rembang. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Magister Teknologi Pembelajaran, Pascasarjana Universitas Negeri Malang, tidak diterbitkan.
Hafid, H. 2007. Pengaruh Metode Pembelajaran (Kooperatif Model STAD vs Konvensional) dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar Pemecahan Masalah Soal Cerita Matematika pada Siswa Kelas IV SD di Kota Makasar. Disertasi tidak diterbitkan. Malang: Teknologi Pembelajaran, Pascasarjana Universitas Negeri Malang.
Hamid, A.K. 1992. Pengaruh Pemberian Rangkuman dan Gaya Kognitif Mahasiswa terhadap Perolehan Belajar. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Magister Teknologi Pembelajaran, PPs IKIP MALANG.
Harnawita. 2006. Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Metode STAD dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar Matematika Murid Kelas IV SD Negeri Bareng I Kecamatan Klojen Kota Malang. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Magister Teknologi Pembelajaran, Pascasarjana Universitas Negeri Malang.
Ihsan. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Kolaborasi Problem_based Learning dan Mind Mapping, Motivasi Berprestasi terhadap Hasil Belajar Ekonomi. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Magister Teknologi Pembelajaran, Pascasarjana Universitas Negeri Malang.
Horton & Philip, B. 1993. An Investigation of The Effectiveness of Concept Mapping as an Instructional Tool. Science Education, 77 (1): 95-115.
Keefe, J.W. 1987. Learning Styles: Theory and Practice. Reston: National Association of secondary School Principals (NASSP)
Kerlinger, F.N. 1986. Asas-Asas Penelitian Behavioral. Terjemahan Simatupang, L.R. 1990. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Kristian. 1995. Pengaruh Metode Mengajar dan Motivasi Berprestasi Terhadap Perolehan Belajar Ilmu Ukur Tanah Mahasiswa PTB FPTK IKIP Malang. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Magister Teknologi Pembelajaran, PPs IKIP MALANG.
Machmudah, U. 2010. Pengaruh Metode Pembelajaran Kooperatif Model STAD vs Konvensional dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas X SMA I Malang. Disertasi tidak diterbitkan. Malang: Teknologi Pembelajaran, Pascasarjana Universitas Negeri Malang.
Mashudi. 2012. Pengaruh Strategi Pembelajaran Ekspositori Berbantuan Peta Pikiran, Motivasi Berprestasi Terhadap Pemahaman Konsep Pendidikan Agama Islam. Disertasi tidak diterbitkan. Malang: Teknologi Pembelajaran, Pascasarjana Universitas Negeri Malang.
Messick, S., dkk. 1976. Individuality in Learning. San Francisco: Jossey Bass.
Ngurawan, S. 2005. Pengaruh Metode Pembelajaran dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar IPS Sejarah di SMP Negeri 6 Manado. Tesis tidak diterbitkan. Malang: MagisterTeknologi Pembelajaran, Pascasarjana Universitas Negeri Malang.
Novak, J.D. & Gowin, D.B. 1985. Learning How to Learn. New York: Cambridge University Press.
Novak, D. J. 2002. Meaningful Learning:The Essential Factor for Conceptual Change in Limited or Inappropriate Propositional Hierarchies Leading to Empowerment of learners. Science Education. 86 (4):548-568.
Rondonuwu, A.T. 1998. Efektifitas Pengajaran Fisika Dengan Pendekatan Belajar Menggunukan Peta Konsep untuk meningkatkan Kemampuan Penguasaun Konsep Fisika Pada Murid Kelas II SLTP. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Program Studi Teknologi Pembelajaran, Program Pascasarjana IKIP MALANG.
Schunk, D.H. 2012. Teori-Teori Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Sihkabuden. 1999. Hubungan Antara Gaya Kognitif, Motivasi Berprestasi dan Lokus Kendali dengan Perolehan Belajar Siswa SMU. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Teknologi Pembelajaran, PPs IKIP MALANG.
Sihkabuden. 2011. Pengaruh Interaktif Strategi Pembelajaran Blended (Blended Learning) dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa TEP FIP UM. Disertasi tidak diterbitkan. Malang: Teknologi Pembelajaran, Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang.
Slavin, R.E. 2006. Educational Psychology: Theory and Practice. Boston: Pearson Education, Inc
Suciati & Irawan, P. 2001. Teori Belajar dan Motivasi. Jakarta: PAU-PPAI.
Suprapta, I.M. 2006. Pengaruh Metode Pembelajaran (Siklus Belajar Vs Konvensional) dan Motivasi Berprestasi terhadap hasil Belajar Biologi pada Siswa Kelas I SMPN I Woja Dompu. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Magister Teknologi Pembelajaran, PPs Universitas Negeri Malang
Susilo, H. & Prasetyo, T.I. 1989. Pengaruh Penggunaan Peta Konsep Sebagai Strategi Belajar Mahasiswa dalam Mata Kuliah Genetika. Malang: Laporan Hasil Penelitian Pusat penelitian IKIP Malang.
Taufiq, M. 2005. Perbedaan Prestasi Belajar Siswa yang Diajar Dengan Menggunakan Strategi Peta Konsep dan Strategi Rangkuman Terhadap Hasil Belajar Fisika Kelas II SMP Negeri 1 Peusangan Kabupaten Bireuen. Tesis tidak diterbitkan. Malang:Program Studi Teknologi Pembelajaran, Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang.
Utomo, B.T. 2009. Pengaruh Metode Pembelajaran (Penemuan Terbimbing Vs Ekspositori), dan Motivasi Berprestasi terhadap Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas IX SMP. Disertasi tidak diterbitkan. Malang: Teknologi Pembelajaran, Pascasarjana Universitas Negeri Malang.
Winkel, W.S. 1987. Psikologi Pengajaran. Jakarta: Gramedia. Wormeli, R. 2005. Meringkas Mata Pelajaran. Terjemahan Linoto, T. 2011. Jakarta: Penerbit Erlangga. Yurni, I. 2012. Peta Konsep dalam Pembelajaran IPS. Jurnal Pendidikan Serambi Ilmu. Volume II no 2. SSN 1693-4849.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v2i12015p280
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2015 Muahamad Mukhlason, Nyoman Sudana Degeng, sihkabuden sihkabuden
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
======================================================================
Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran published by Universitas Negeri Malang in collaboration with the Asosiasi Program Studi Teknologi Pendidikan Indonesia (APS TPI) and Ikatan Profesi Teknologi Pendidikan Indonesia (IPTPI) with a MoU.
Publisher Address:
Educational Technology Laboratorium, Building D5, 1st Floor
Faculty of Education, Universitas Negeri Malang
Semarang St. No. 5, Malang City, East Java Province, Postal Code 65145
Email: jinotep.fip@um.ac.id
======================================================================
JINOTEP is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JINOTEP Statistics (Since July 13th, 2020)