Pengembangan Buku Suplemen dengan Teknologi 3D Augmented Reality sebagai Bahan Belajar Tematik untuk Siswa Kelas 4 SD

Akhmad Faiq Abdillah, I Nyoman Sudana Degeng, Arafah Husna

Abstract


Abstrak: Tujuan dari penelitian ini yaitu mengembangkan dan mengetahui kelayakan serta keefektifan bahan belajar berupa buku suplemen  yang dilengkapi 3D Augmented Reality pada mata pelajaran Tematik tema peduli terhadap makhluk hidup untuk siswa kelas IV SD. Model pengembangan yang digunakan adalah model Borg and Gall (Sugiyono,2012:297) yang sudah di modifikasi dan disesuaikan dengan kebutuhan pelatihan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Polehan 3 Malang. Penelitian ini menghasilkan kriteria valid dengan perolehan total persentase ahli media 93,75% (valid), ahli materi 72,18% (cukup valid) , uji coba perseorangan 100% (valid), uji coba kelompok kecil 100% (valid), uji coba kelompok besar 99,1% (valid). Buku suplemen siswa juga dinyatakan cukup efektif digunakan sebagai bahan ajar karena 66,66% siswa telah mencapai KKM.

Abstract: The purpose of this research is to develop and find out the feasibility and effectiveness of learning materials in the form of supplementary books equipped with 3D Augmented Reality on Thematic subjects that care about living things for fourth grade elementary school students. The development model used is the Borg and Gall model (Sugiyono, 2012: 297) which has been modified and adapted to training needs. The subjects of this study were fourth grade students of Polehan 3 Public Elementary School Malang. This study produces valid criteria with the acquisition of the total percentage of media experts 93.75% (valid), material experts 72.18% (quite valid), 100% individual trial (valid), small group trial 100% (valid), test try a large group 99.1% (valid). Student supplement books were also stated to be quite effective as teaching materials because 66.66% of students had reached the KKM.


Keywords


Buku Suplemen; Augmented Reality; Tematik

Full Text:

PDF

References


Billinghurst, M. (2002). Augmented reality in education. New horizons for learning, 12(5), 1-5.

Borg, W. R., & Gall, M. (1989). D.(1989). Education Research: An Introduction (4th Edition). New York. Longman publisher.

Degeng, I.N.S. 2013. Ilmu Pembelajaran: Klasifikasi Variabel untuk Pengembangan Teori dan Penelitian. Bandung: Aras Media.

Hapsari, N. D., Toenlioe, A. J., & Soepriyanto, Y. (2019). Pengembangan Augmented Reality Video Sebagai Suplemen Pada Modul Bahasa Isyarat. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(3), 185-194.

Hidayat, D. W., Kuswandi, D., & Ulfa, S. (2018). Pembelajaran organisasi makhluk hidup berbasis gamification menggunakan mobile augmented reality. JINOTEP (Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran) Kajian dan Riset dalam Teknologi Pembelajaran, 4(1), 9-14.

Ibda, Fatimah 2015. “Perkembangan Kognitif: Teori Jean Piaget.” Intelektualita 3.1.

Jamhari, I., Susilaningsih, S., & Ulfa, S. (2018). Pengembangan Buku Suplemen 3d Augmented Reality Sebagai Bahan Belajar Tematik Tema Lingkungan Tentang Perkembangbiakan Hewan Untuk Siswa Kelas III SD. JINOTEP (Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran) Kajian dan Riset dalam Teknologi Pembelajaran, 4(2), 76-81.

Kurniasari, D. A. D., Rusilowati, A., & Subekti, N. (2014). Pengembangan Buku Suplemen IPA Terpadu dengan Tema Pendengaran Kelas VIII. Unnes Science Education Journal, 3(2).

Lee, K. (2012). Augmented reality in education and training. TechTrends, 56(2), 13-21.

Mendikbud RI. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah (2013).

Meredith D. Gall, Joyce P. Gall, Walter R. Borg, 2003. Education Research an Introduction, Seventh Editions University of Oregon. United State of America.

Mudarwan. 2012. Perkembangan Buku Teks. Jurnal Pendidikan Penabur, No. 18. Vol. 11: 34-36.

Pradana, H. D., Kuswandi, D., & Sulton, S. (2018). Augmented Reality Learning Materials for Animation Making Subject. Jurnal Pendidikan Humaniora, 6(3).

Persefoni, K., & Tsinakos, A. (2015). Use of Augmented Reality in terms of creativity in School learning. In Workshop of Making as a Pathway to Foster Joyful Engagement and Creativity in Learning (Make2Learn) (p. 45).

Praherdhiono, H., Setyosari, P., Degeng, I. N. S., Slamet, T. I., Surahman, E., Adi, E. P., ... & Abidin, Z. (2019). Teori dan Implementasi Teknologi Pendidikan: Era Belajar Abad 21 dan Revolusi Industri 4.0. Seribu Bintang.

Prasetiyo, T. K., & Sihkabuden, P. (2018). Pengembangan Media Augmented Reality Untuk Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan Di Sekolah Menengah Kejuruan. JINOTEP (Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran) Kajian dan Riset dalam Teknologi Pembelajaran, 4(1), 37-46.

Poupyrev, I., Tan, D. S., Billinghurst, M., Kato, H., Regenbrecht, H., & Tetsutani, N. (2002). Developing a generic augmented-reality interface. Computer, 35(3), 44-50.

Rena. 2014. Pengaruh Buku Penunjang Sebagai Sumber Belajar terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Geografi di Madrasah Aliyah Alkhairaat Tondo Palu. E Journal Geo-Tadulako UNTAD.

Sabil, H. (2012). Pengembangan Bahan Ajar Pendidikan Matematika I dengan Pendekatan Kontekstual. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(02).

Sihkabuden, S. P. (2005). Media Pembelajaran. Malang: Elang Mas.

Soepriyanto, Y. 2015. Pengembangan Augmented reality Berbasis Animasi Sebagai Electronic Performance Support System Dalam Pembelajaran. Makalah disajikan pada Prosiding Seminar Nasional Teknologi Pendidikan 2015. Malang. Indonesia. 14 Nopember 2015: TEP UM.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Trianto. 2012. Model Pembelajaran Terpadu, Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam KTSP: Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Wu, H. K., Lee, S. W. Y., Chang, H. Y., & Liang, J. C. (2013). Current status, opportunities and challenges of augmented reality in education. Computers & education, 62, 41-49.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v6i22020p111

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Akhmad Faiq Abdillah, I Nyoman Sudana Degeng, Arafah Husna

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

======================================================================

Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran published by Universitas Negeri Malang in collaboration with the Asosiasi Program Studi Teknologi Pendidikan Indonesia (APS TPI) and Ikatan Profesi Teknologi Pendidikan Indonesia (IPTPI) with a MoU.

Publisher Address:
Educational Technology Laboratorium, Building D5, 1st Floor
Faculty of Education, Universitas Negeri Malang
Semarang St. No. 5, Malang City, East Java Province, Postal Code 65145
Email: jinotep.fip@um.ac.id

 

======================================================================

Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran is indexed by:

                

Creative Commons License
JINOTEP is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JINOTEP Statistics (Since July 13th, 2020)

example counter
View My Stats

View My Stats