Hubungan Minat dengan Aktivitas Belajar Siswa
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan minat dengan aktivitas belajar siswa. Metode penelitian ini kuantitatif dengan teknik analisis korelasi pearson product moment. Teknik pengambilan sampel adalah sample population berjumlah 31 siswa. Hasil uji korelasi pearson product moment menunjukkan kedua variabel yang diteliti tergolong memiliki hubungan kuat, rxy = 0.717 jika dibandingkan dengan nilai r.tabel dengan taraf signifikansi 1% = 0,456 menunjukkan nilai r.hitung(0,717)> r.tabel (0,456) pada taraf signifikansi 1% artinya terdapat korelasi positif antara variabel minat dengan aktifitas belajar siswa. Uji signifikansi hubungan kedua variabel X, Y adalah signifikan dengan nilai r hitung (5,539) > nilai t,tabel (2,756) pada taraf signifikansi 1 %. Hasil penelitian ini disimpulkan terdapat korelasi positif dan signifikan antara variabel X minat dengan variabel Yaktifitas belajar siswa.
Abstract: This study aims to determine the relationship of interest with student learning activities. This research method is quantitative with Pearson product moment correlation analysis technique. The sampling technique was a sample population of 31 students. Pearson product moment correlation test results show that the two variables studied were classified as having a strong relationship, rxy = 0.717 when compared with the value of r. Table with a significance level of 1% = 0.456 indicating the value of r count (0.717)> r. table (0.456) at the level 1% significance means that there is a positive correlation between the variables of interest with student learning activities. The significance test of the relationship between the two variables X, Y is significant with the calculated r value (5.539)> t value, table (2.756) at the 1% significance level. The results of this study concluded that there was a positive and significant correlation between variable X interest and student learning activity variables.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ardiansyah, Mohammad Farizal, T. S. (2019). Hubungan Minat Belajar Dengan Kemandirian Belajar Siswa Kelas Vii Pada Mata Pelajaran PPKN Di SMP Negeri 1 Krian. Jurnal Kajian Moral Dan Kewarganegaraan., 7(1).
Ariaten, K. R., Feladi, V., Dedy, R., & Budiman, A. (2019). Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Tik. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Pendidikan, 1(1).
Astuti, D., Mudjiran, M., & Alizamar, A. (2020). Measuring Student Interest in the Industrial Revolution 4 . 0 Through Rasch Analysis. 04(01), 46–50. https://doi.org/10.24036/00227za0002
Ayu, P., & Sari, P. (2020). Hubungan Literasi Baca Tulis Dan Minat Membaca Dengan Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Journal for Lesson and Learning Studies, 3(1), 141–152.
Encep Andriana, Endang Widya Ningsih, Nana Hendracipta, Mudmainah Vitasari, C. A. (2020). History : Analysis Of Student Learning Activities In Science Learning Using Inquiry Model Based On Local Wisdom, 6(1).
Flora Siagian, R. E. (2015). Pengaruh Minat dan Kebiasaan Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(2), 122–131. https://doi.org/10.30998/formatif.v2i2.93
Hamim Hamdani. (2017). Pengaruh Minat dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 1(2), 204–210. https://doi.org/10.30998/formatif.v7i1.1383
Hermaliza, H., Efendi, J., & Gistituati, N. (2019). The Effect of Learning Model Project Based Learning on The Activities and Study Results of IPA Graders VI. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, Volume 178 1st International Conference of Innovation in Education (ICoIE 2018) The, 178(ICoIE 2018), 116–119. https://doi.org/10.2991/icoie-18.2019.27
Herman, S. D. H., & Rochmat, S. (2018). Analisis Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah. 9(September), 617–624. Retrieved from http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/risalah/article/view/12756/12291
Isti, T. R. (2015). Pengaruh Aktivitas Belajar Dan Kreativitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Juwangi Boyolali. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Kusumawati, L. T. (2019). Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Ips Dengan Model Make-A- Match Pada Materi Perubahan Sosial Budaya Dan Globalisasi Siswa Kelas Ix-D Di Smp. HARMONY, 4(2), 115–125. Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/harmon
Meilon, B., Mariani, S., & Semarang, U. N. (2019). Analysis of Mathematical Representation Skills Based on Student Learning Activities in Hands on Activity Assisted PBL Learning Model. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 8(2), 213–219.
Mesin, T., Teknik, F., & Padang, U. N. (2017). Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Mengunakan Metode Talking Stick Improved Student Learning Activities and Outcome. Invotek, 17(1), 73–80.
Munandar, N. (2019). the Effect of Cooperative Learning Models on Increasing Learning Results and Student Activities in Mathematic Lessons. Journal of Mathematics Education, 4(1), 21–26.
Nuryasintia, I., & Wibowo, L. A. (2019). Learning Activeness through Learning Media and Class Management. 65(Icebef 2018), 145–148. https://doi.org/10.2991/icebef-18.2019.35
Paneo, F. R. (2019). Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar Ips Melalui Model Pembelajaran Make A Match Pada Siswa Kelas Viii Smp Negeri 2 Taluditi Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal AKSARA, 05(01), 25–30.
Prianti, E. N., & Prihatin, K. S. (2020). Teacher Professionalism, Learning Facilities, and Student Interest in Improving the Intellectual Intelligence of Elementary Students in Pandeglang Regency. 410(Imcete 2019), 145–149. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200303.035
Putra, E. D., & Panglipur, I. R. (2019). Analisis Level Kinerja Practitioner Melalui Aktivitas Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika : Judika Education, 2(1), 25–35. https://doi.org/10.31539/judika.v2i1.700
Rahmadani, N., & Anugraheni, I. (2017). Peningkatan Aktivitas Belajar Matematika Melalui Pendekatan Problem Based Learning Bagi Siswa Kelas 4 Sd. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(3), 241. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2017.v7.i3.p241-250
Ricardo, R., & Meilani, R. I. (2017). Impak Minat dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(2), 79. https://doi.org/10.17509/jpm.v2i2.8108
Safitri, S., Nursyamsiah, G., Setiawan, W., & Belakang, L. (2020). Analisis Minat Belajar Siswa Mts Dalam Geogebra. 7(1), 111–116.
Sakinah, N. (2020). The Relationship between Association and Moral Development of Student Learning Activities. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal) : Humanities and Social Sciences, 3(1), 359–366. https://doi.org/10.33258/birci.v3i1.780
Salo, E. S., Lolotandung, R., & Tulak, H. (2019). Pengaruh Perhatian Orangtua dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar IPS Siswa Di SDN 3 Toraja Utara Kabupaten Toraja Utara. Elementary Journal, 1(2), 1–11.
Siti Nurhasanah1, A. Sobandi2* 1, 2Program. (n.d.). (Learning Interest as Determinant Student Learning Outcomes). Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1). https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14958
Sugeng, S., Marzuki, M., & Marli, S. Hubungan Antara Self Efficacy, Disiplin, Tanggung Jawab, Dan Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 9(1).
Sungkono, A. R. dan. (2020). Pemilihan Gaya Belajar Vark Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. 5(1), 27–36.
Triastuti, R., Winarno, & Wijayanti. (2020). The Strategy of Improving Student Learning Interest Through the Use of Video as Learning Media in Civic Education Learning. 422(Icope 2019), 224–228. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200323.124
Utama, A., Jalinus, N., Jasman, J., & Hasanuddin, H. (2020). Implementasi Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Aktifitas Dan Hasil Belajar Produk Kreativitas Kewirausahaan Siswa Kelas Xi Smk Negeri 1 Bukittinggi. Jurnal Vokasi Mekanika (VoMek), 2(1), 134–141.
Yunita Hastuti, V., Sri Rahayu, T., & . W. (2019). Upaya Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Talking Stick dengan Pendekatan Saintifik. Journal of Education Action Research, 3(2), 185. https://doi.org/10.23887/jear.v3i2.17306
Yusrina, N., Tobing, A., Dahlan, U. A., Dahlan, U. A., & Dahlan, U. A. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Matematika Siswa Kelas Vii G Smp Negeri 15 Yogyakarta. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika (Sendika) 2020 Integrasi STEAM & HOTS Dalam Matematika Dan Pembelajarannya Sabtu, 6(2), 208–213.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v7i12020p018
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Stefen Deni Besare

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
======================================================================
Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran published by Universitas Negeri Malang in collaboration with the Asosiasi Program Studi Teknologi Pendidikan Indonesia (APS TPI) and Ikatan Profesi Teknologi Pendidikan Indonesia (IPTPI) with a MoU.
Publisher Address:
Educational Technology Laboratorium, Building D5, 1st Floor
Faculty of Education, Universitas Negeri Malang
Semarang St. No. 5, Malang City, East Java Province, Postal Code 65145
Email: jinotep.fip@um.ac.id
======================================================================
JINOTEP is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JINOTEP Statistics (Since July 13th, 2020)