Menyiapkan Bahan Ajar Sekolah Ramah Anak

Hernawaty Damanik, Sondang P. Pakpahan

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar mata kuliah Manajemen Berbasis Sekolah bagi mahasiswa Program S1 PGSD di Universitas Terbuka, dengan memasukkan materi hak anak, perlindungan anak, kekerasan terhadap anak, dan sekolah ramah anak. Penelitian ini menghasilkan modul bahan ajar yang diberi nama Manajemen Berbasis Sekolah Ramah Anak. Penelitian ini merupakan penelitian multi years yang berlangsung selama dua tahun. Tahun 2014 ini, dilakukan uji coba pembelajaran dan materi bahan ajar Bahan Ajar Manajemen Berbasis Sekolah Ramah Anak yang telah ditemukan di tahun pertama, melakukan evaluasi dan revisi terhadap bahan ajar dan model pembelajaran MBSRA yang dikembangkan. Data penelitian hasil belajar dan penilaian mahasiswa terhadap bahan ajar MBSRA dikumpulkan melalui tes dan instrumen. Hasil uji coba menunjukkan bahwa dalam menjawab soal-soal pada bahan ajar MBSRA adalah 90,14 atau nilai A. Sementara itu, hasil penilaian mahasiswa terhadap bahan ajar Manajemen Berbasis Sekolah Ramah diperoleh hasil 94,91% , mahasiswa menilai bahan ajar MBSRA dengan kategori baik sampai dengan sangat baik.

Abstract: This study aims to develop school-based Management subject teaching materials for students of the PGSD S1 Program at the Open University, by including material on children's rights, child protection, child abuse, and child-friendly schools. This study produced a teaching material module called Child-Friendly School-Based Management. This study was a multi-year study that lasted two years. In 2014, a learning trial and material for teaching materials based on child-friendly school-based learning were conducted in the first year, evaluating and revising teaching materials and the MBSRA learning model developed. Research data on learning outcomes and student assessment of MBSRA teaching materials were collected through tests and instruments. The results of the trial showed that in answering the questions on the MBSRA teaching material was 90.14 or A. The meanwhile, the results of the student assessment of the Friendly School-Based Management teaching material obtained results of 94.91%, students assessed the MBSRA teaching material in a good category up to very good. 


Keywords


bahan ajar; manajemen berbasis sekolah; sekolah ramah anak; teaching materials; school-based management; child-friendly schools.

Full Text:

PDF

References


Arna, A, 2005. Analisis Hasil Konsultasi Anak Regional dan Nasional: Kekerasan Terhadap Anak, Jakarta: YPHA.

Damanik, S.Z., 2008. Sekolah Ramah Anak. Banda Aceh: Pusat Kajian dan Perlindungan Anak.

Faqih, M, dkk., 2000.Pendidikan Popular: Membangun Kesadaran Kritis, Yogyakarta: REaD Book.

Faqih, M., 2002. Anak-Anak Membangun Kesadaran Kritis. Jakarta:INFID.

Fisher, S, et.al, 2001. Mengelola Konflik: Keterampilan & Strategi untuk Bertindak, Jakarta, The British Council.

Galtung, J., 2003. Studi Perdamaian: Perdamaian dan Konflik Pembangunan dan Peradaban, Surabaya, Pustaka Eureka.

Handoko, T. H., 1995. Manajemen, Yogyakarta: BPFE. Ire, John Th. Anakmu Bukanlah Anakmu, www.indomedia.com/poskup/2005/ 11/09 /edisi11pm1.html.

Komisi Nasional Perlindungan Anak, 2005. Refleksi Akhir Tahun 2005: Hentikan Kekerasan Terhadap Anak, Sekarang dan Selamanya, (Jakarta: Komnas, PA).“Kekerasan Terhadap Anak Di Sekolah Cukup Tinggi”, Waspada, 2 Januari 2008.

Prasetyo, E., 2004.Orang Miskin Dilarang Sekolah, Yogyakarta: Insist Press

Syamsuarni, ”Hukuman di Sekolah dan Hak Anak Atas Pendidikan”, dalam Kalingga, Edisi MaretApril 2004 (Medan: PKPA).

Sihombing, J., 2005. Kekerasan terhadap Masyarakat Marjinal, Yogyakarta: Penerbit Narasi.

Suparman, A., 2012. Disain Instruksional Modern. Jakarta: Erlangga. Taruna, J. T., ”Sekolah Ramah Anak”, Kompas, 29 Nopember 2007.

Undang Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak.

Wahono, F., 2003. “Kekerasan Dalam Pendidikan: Sebuah Tinjauan Sosial Ekonomi Didaktika”, dalam Gelombang Perlawanan Rakyat: Kasuskasus Gerakan Sosial di Indonesia. Yogyakarta: Insist Press.

YPHA, 2006. Draft Position Paper tentang Kekerasan Anak di Institusi Pendidikan. Jakarta: YPHA.

Zainani, R., ”Potret Buram Anak Indonesia”, Tempo, 24 Juli 2007.

Gharini, P. P. R., ”Kekerasan Pada Anak Ditinjau Dari Aspek Medis”, Makalah disampaikan pada Seminar Online Kharisma ke-3,dengan Tema: Kekerasan Pada Anak: Efek Psikis, Fisik, dan Tinjauan Agama, Dunia Maya, 13-19 September 2004. Kementerian Negara Pemberdayaan Perempuan, PBB: Angka Kekerasan Anak di Indonesia Tinggi, http://www.menegpp.go.id/menegpp.php? cat=detail&id =media&dat=495, diakses 19 Desember 2007.

Gunawan, D,. “Kekerasan di Sekolah: Ruang Eksekusi di Zona Antikekerasan” dalam http://www.detiknews.com/read/2009/11/17), 17 Nopember 2009

Wedhaswary, Inggried D., “25 Juta Anak Indonesia Alami Kekerasan”, http://nasional.kompas.com/read/2010/03/19/12074218




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v1i12014p068

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2014 Hernawaty Damanik, Sondang P. Pakpahan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

======================================================================

Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran published by Universitas Negeri Malang in collaboration with the Asosiasi Program Studi Teknologi Pendidikan Indonesia (APS TPI) and Ikatan Profesi Teknologi Pendidikan Indonesia (IPTPI) with a MoU.

Publisher Address:
Educational Technology Laboratorium, Building D5, 1st Floor
Faculty of Education, Universitas Negeri Malang
Semarang St. No. 5, Malang City, East Java Province, Postal Code 65145
Email: jinotep.fip@um.ac.id

 

======================================================================

Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran is indexed by:

                

Creative Commons License
JINOTEP is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JINOTEP Statistics (Since July 13th, 2020)

example counter
View My Stats

View My Stats