Model Pembelajaran Mandiri sebagai Upaya Peningkatan Usaha Petani Tambak Di Desa Tatelu Sulawesi Utara

Mozes M. Wullur

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan model pembelajaran mandiri bagi petani tambak terkait dengan motivasi, proses, dan hasil belajar mandiri. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Proses analisis data bersamaan dengan pengumpulan data. Hasil penelitian disimpulkan bahwa: Motivasi belajar mandiri petani meliputi motivasi internal dan eksternal; proses belajar mandiri petani meliputi kesiapan belajar, interaksi belajar, dan implementasi hasil interaksi belajar mandiri; sedangkan hasil belajar mandiri terjadi peningkatan pengetahuan, sikap dan keterampilan, dan terjadi peningkatan pendapatan keluarga. Saran bagi petani terus meningkatan pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki, ikhlas menjadi nara sumber,dan terus menabung, dengan dukungan semua stakeholder yang terkait.

Abstract: This study aims to describe the independent learning model for farmer farmers related to the motivation, process, and results of independent learning. This study uses qualitative research. Collecting data through observation, interviews, and documentation. The process of analyzing data together with data collection. The results of the study concluded that: Motivation of farmer independent learning includes internal and external motivation; the farmer's independent learning process includes learning readiness, learning interactions, and implementation of the results of independent learning interactions; while the results of independent learning have increased knowledge, attitudes, and skills, and there has been an increase in family income. Suggestions for farmers continue to improve their knowledge and skills, sincerely become resource persons, and continue to save, with the support of all relevant stakeholders.


Keywords


model pembelajaran mandiri; petani tambak; budidaya; ikan mas; independent learning model; pond farmers; cultivation; carp

Full Text:

PDF

References


Bogdan, R.C. & Biklen S.N. (1992). Qualitative Research for Education an Introduction to

Theory and Methods. Boston: allyn and Bacon.

Botkin, J. W, et all, (1984), No Limits to Learning: Bridging the Humman Gap. New

York: Pergamon Press.

Brookfield, Stephen, (1983), Adult Learner: Adult Education and the Community, SA: Teacher College Press

Freire Paulo, (1985), Pendidikan Kaum Tertindas: Diterjemahkan Tim Redaksi Asosiasi Pemandu Latihan, LP3ES Jakarta.

Illich, Ivan, (2008), Bebaskan Masyarakat Belenggu Sekolah, Terjemahan: A. Sonny Keraf, Yayasan Obor Indonesia, Jakarta.

Kindervatter Suzanne, (1979). Non Formal Education: As An Empowering Process.

America: Printes in the Unites States of America.

Knowles. Malcolm S. (1987). The Modern Practice: Andragogy vs Pedagogy. New York: Assosiation Press.

Koentjaraningrat, (1980). Kebudayaan, Mentalitet dan Pembangunan. Jakarta. Gramedia.

Mappa Syamsu dan Anisa Basleman (1994). Teori Belajar Orang Dewasa, Dirjen Dikti, Depdikbud, Jakarta.

Musa Alam, (2004), Teknik-Teknik Budidaya Ikan Mas (Cyprinus Carpio.L), Gramedia Jakarta.

Nawawi Ismail, (2006). Pembangunan dan Problematika Masyarakat: Kajian Konsep, Model, Teori dari Aspek Ekonomi dan Sosiologi. CV. Putra Media Nusantara. Surabaya.

Pinontoan Marien, (2010) Pelaksanaan sistem Pembelajaran Berwawasan Kewirausahaan, Cahaya Abadi Tulungagung.

Rogers, Everett M. (1983) Diffusion of Innovations, Third Edition. New York: Adivision of McMillan Publishing Co. Inc. The Free Press.

Srinivasan Lyra (1977). Perspectives on NonFormal Adult Learning Word Education. New York: The Free Press.

Sudjana, H. D. (2001), Pendidikan Luar Sekolah: Wawasan, Sejarah Perkembangan, Falsafah, Teori Pendukung, Asas, Falah Production, Bandung.

Sudjana, H. D. (2006), Evaluasi Program Pendidikan Luar Sekolah: Untuk Pendidikan Nonformal dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, PT Remaja Rosdakarya, Bandung.

Suharto Edi, (2009). Membangun Masyarakat Memberdayakan Rakyat: Kajian Strategis Pembangunan Kesejahteraan Sosial & Pekerjaan Sosial, Rafika Aditama. Bandung

Sumaatmadja Nursid, (2003), Manusia dalam konteks Sosial, Budaya, dan Lingkungan Hidup, Bandung Alumni.

Supriyanto, (2008). Pendidikan Orang Dewasa; Dari Teori hingga Aplikasi, Bumi Aksara Jakarta.

Wullur Mozes M. (2010). PerencanaanPendidikan Luar Sekolah, Cahaya Abadi Tulungagung

Wullur Mozes M. (2011). Analisis Sistem Pendidikan Luar Sekolah, Cahaya Abadi Tulungagung.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v1i12014p091

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2014 Mozes M. Wullur

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

======================================================================

Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran published by Universitas Negeri Malang in collaboration with the Asosiasi Program Studi Teknologi Pendidikan Indonesia (APS TPI) and Ikatan Profesi Teknologi Pendidikan Indonesia (IPTPI) with a MoU.

Publisher Address:
Educational Technology Laboratorium, Building D5, 1st Floor
Faculty of Education, Universitas Negeri Malang
Semarang St. No. 5, Malang City, East Java Province, Postal Code 65145
Email: jinotep.fip@um.ac.id

 

======================================================================

Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran is indexed by:

                

Creative Commons License
JINOTEP is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JINOTEP Statistics (Since July 13th, 2020)

example counter
View My Stats

View My Stats