Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Sekolah Menengah Kejuruan Terhadap Efektif dan Efisiensi Pembelajaran

Baharuddin Baharuddin

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan mengembangkan multimedia pembelajaran interaktif terhadap Efektif dan Efisiensi Pembelajaran di SMK. Media pembelajaran pada penelitian ini menggunakan medel desain ADDIE (Analisys, Design, Development, Implementation, Evaluation). Adapun metode penelitian yang digunakan adalah metode Research and Developmetn (R & D). Data diperoleh melalui angket, dokumen dan tes. Analisis data sebagai dasar untuk mengembangkan media interaktif dengan menggunakan analisis kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah (1)ahli media menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dihasilkan 80,00% dalam kategori baik, (2)ahli materi aspek isi/konten dalam media sebesar 91,58% dalam kategori sangat baik, dan rata-rata hasil belajar 84,77 dalam kategori baik.

Abstract: This study aims to develop interactive learning multimedia on Effective and Learning Efficiency in Vocational Schools. The learning media in this study used the ADDIE design method (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). The research method used is the Research and Development (R & D) method. Data is obtained through questionnaires, documents, and tests. Data analysis is the basis for developing interactive media using quantitative analysis. The results of this study are (1) media experts showed that the learning media produced 80.00% in the good category, (2) the material experts content/content in the media amounted to 91.58% in the excellent category, and the average learning outcomes 84.77 in the good category.


Keywords


pengembangan, pembelajaran; multimedia; interaktif; efektif dan efisien; development, learning; multimedia; interactive; effective and efficient

Full Text:

PDF

References


Arief Sadiman . 2009. Media Pendi-dikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Andikafisma’sBlog,2012.PengertianMultimedia,http://andikafisma.wordpress.com/multimedia/ (diakses 10 Januari 2014)

Benny A. Priyadi. 2009. Model-Model Desain Sistem Pembelejaran. Jakarta: PPS-UNJ

Dadang Supriatna, dan Mochamad Mulyadi. 2009. Konsep Dasar Desain Pembelejaran. PPPPTK TK.

Hamalik, Oemar. 2010. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara

H.M. Musfiqon. 2012. Pengembangan Media dan Sumber Pembe-lajaran. Jakarta: Prestasi Pus-taka.

http://digilib.unimed.ac.id/public/UNIMEDUndergraduate-22779-BAB%20II.pdf (diakses 4 April 2014)

Niken Ariani dan Haryanto. 2010. Pembelajaran Multimedia di Sekolah. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Rayandra, Asyhar. 2011. Kreatif Mengembangkan Media Pembe-lajaran. Jakarta: GP. Press

Sanaky, Hujair. 2011. Media Pembe-lajaran. Yogyakarta: Kaukaba

Sanjaya, Wina. 2008. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineks Cipta

Solihin, M. Dani 2012 Desain Pembe-lajaran Berbasis Multimedia In-teraktif Pada Mata Diklat Mengoperasikan Sistem Pengendali Elektromagnetik Di SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan. Med-an: UNIMED. Skripsi Tidak Dipublikasikan

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta Bandung

Sriadhi, 2012 Instrumen Ukur KelayakanCourseware Multimedia Lea-rning. Centre for Instructional Technology and Multimedia, USM

Suprayatna, Mulyadi, 2012. Konsep Dasar Desain Pembelajaran, Bahan Ajar untuk Diklat E-Training PPPPTKTK dan LB(online) dalam (http://www.

tkplb.org/documents/ctraining%20media%20pembelajaran/3.Konsep_Dasar_Desain_Pembelajaran.pdf) diakses 20

September 2012

Undang Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendi-dikan Nosional. Jogjakarta : Media Wacana Press. Diakses pada tanggal 24




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v1i22015p115

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Baharuddin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

======================================================================

Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran published by Universitas Negeri Malang in collaboration with the Asosiasi Program Studi Teknologi Pendidikan Indonesia (APS TPI) and Ikatan Profesi Teknologi Pendidikan Indonesia (IPTPI) with a MoU.

Publisher Address:
Educational Technology Laboratorium, Building D5, 1st Floor
Faculty of Education, Universitas Negeri Malang
Semarang St. No. 5, Malang City, East Java Province, Postal Code 65145
Email: jinotep.fip@um.ac.id

 

======================================================================

Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran is indexed by:

                

Creative Commons License
JINOTEP is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JINOTEP Statistics (Since July 13th, 2020)

example counter
View My Stats

View My Stats