Pengaruh Strategi Pembelajaran Kontekstual dan Efikasi Diri Terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa SMA Kediri

Zainal Afandi

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh utama dan interaksi antara strategi pembelajaran dan efikasi diri terhadap hasil belajar sejarah. Penelitian ini menggunakan rancangan eksperimen semu pretest-posttest nonequivalent control group design versi faktorial 2 x 2. Subyek penelitian melibatkan 154 siswa kelas XI-IPS SMA Negeri 7 dan SMA Negeri 8 Kota Kediri. Subjek penelitian berasal dari 2 kelas XI IPS SMA Negeri 7 sebanyak 72 siswa dan dari 2 kelas XI IPS SMA Negeri 8 sebanyak 82 siswa. Penentuan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dilakukan dengan cara mengundi berdasarkan SMA. Data dikumpulkan dengan tes hasil belajar dalam bentuk perpaduan antara pilihan ganda, uraian, dan skala sikap, serta skala penilaian selfefficacy akademik. Data penelitian dianalisis dengan teknik statistik menggunakan analysis of variance (anova) dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada perbedaan hasil belajar sejarah antara kelompok peserta didik yang diajar dengan strategi pembelajaran kontekstual dan kelompok peserta didik yang diajar dengan strategi pembelajaran ekspositori; (2) ada perbedaan hasil belajar sejarah antara kelompok peserta didik dengan efikasi diri tinggi dan kelompok peserta didik dengan efikasi diri rendah; dan (3) ada interaksi antara strategi pembelajaran dan efikasi diri terhadap hasil belajar sejarah. 

Abstract: This study aims to examine the main influences and interactions between learning strategies and self-efficacy towards the results of learning history. This study used a quasi-experimental pretest-posttest nonequivalent control group design 2 x 2 version of the experimental design. The subjects of the study involved 154 XI-IPS class students at SMA 7 and SMA 8 Kota Kediri. The research subjects came from 2 XI IPS classes in SMA 7 as many as 72 students and from 2 XI IPS classes the SMA 8 as many as 82 students. Determination of the experimental group and the control group is done by raffling based on high school. Data is collected by learning outcomes tests in the form of a combination of multiple-choice, description, and attitude scale, and academic self-efficacy rating scale. The research data were analyzed by statistical techniques using two-way analysis of variance (ANOVA). The results of the study show that: (1) there are differences in historical learning outcomes between groups of students who are taught with contextual learning strategies and groups of students who are taught with expository learning strategies; (2) there are differences in historical learning outcomes between groups of students with high self-efficacy and groups of students with low self-efficacy; and (3) there is an interaction between learning strategies and self-efficacy towards the results of learning history.


Keywords


contextual; expository; self-efficacy; learning outcomes; kontekstual; ekspositori; efikasi diri; hasil belajar.

Full Text:

PDF

References


Arief Sadiman . 2009. Media Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Andikafisma’sBlog,2012.PengertianMultimedia, http://andikafisma.wordpress.com/multim edia/ (diakses 10 Januari 2014)

Benny A. Priyadi. 2009. Model-Model Desain Sistem Pembelejaran. Jakarta: PPS-UNJ

Dadang Supriatna, dan Mochamad Mulyadi. 2009. Konsep Dasar Desain Pembelejaran. PPPPTK TK.

Hamalik, Oemar. 2010. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara

H.M. Musfiqon. 2012. Pengembangan Media dan Sumber Pembe-lajaran. Jakarta: Prestasi Pus-taka. http://digilib.unimed.ac.id/public/UNIMEDUndergraduate-22779-BAB%20II.pdf (diakses 4 April 2014)

Niken Ariani dan Haryanto. 2010. Pembelajaran Multimedia di Sekolah. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Rayandra, Asyhar. 2011. Kreatif Mengembangkan Media Pembe-lajaran. Jakarta: GP. Press

Sanaky, Hujair. 2011. Media Pembe-lajaran. Yogyakarta: Kaukaba

Sanjaya, Wina. 2008. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineks Cipta

Solihin, M. Dani 2012 Desain Pembelajaran Berbasis Multimedia In-teraktif Pada

Mata Diklat Mengoperasikan Sistem Pengendali Elektromagnetik Di SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan. Medan: UNIMED. Skripsi Tidak Dipublikasikan

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pen-didikan. Bandung : Alfabeta Ba-ndung

Sriadhi, 2012 Instrumen Ukur Kelayakan Courseware Multimedia Lea-rning. Centre for Instructional Technology and Multimedia, USM

Suprayatna, Mulyadi, 2012. Konsep Dasar Desain Pembelajaran, Bahan Ajar untuk Diklat

E-Training PPPPTKTK dan LB(online) dalam (http://www.tkplb.org/documents/ctraining%20media%20pembelajaran/3.Konsep_Dasar_Desain_Pembelajaran.pdf) diakses 20 September 2012

Undang Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nosional. Jogjakarta : Media Wacana Press. Diakses pada tanggal 24




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v1i22015p127

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Zainal Afandi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

======================================================================

Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran published by Universitas Negeri Malang in collaboration with the Asosiasi Program Studi Teknologi Pendidikan Indonesia (APS TPI) and Ikatan Profesi Teknologi Pendidikan Indonesia (IPTPI) with a MoU.

Publisher Address:
Educational Technology Laboratorium, Building D5, 1st Floor
Faculty of Education, Universitas Negeri Malang
Semarang St. No. 5, Malang City, East Java Province, Postal Code 65145
Email: jinotep.fip@um.ac.id

 

======================================================================

Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran is indexed by:

                

Creative Commons License
JINOTEP is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JINOTEP Statistics (Since July 13th, 2020)

example counter
View My Stats

View My Stats