Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berorientasi Kecakapan Hidup pada Materi Sistem Indera Manusia untuk Siswa SMA Kelas XI

Fatra Hadi Kurniawan, Reni Istiningrum, Saila Alfiatin Nuha

Abstract


Abstrak- Peraturan Menteri Pendidikan dan BSNP memperkuat bahwa kurikulum sekolah formal maupun non-formal memiliki kepentingan untuk mengembangkan pembelajaran berorientasi kecakapan hidup (life skill). Kecakapan tersebut bertujuan untuk mencapai kompetensi peserta didik untuk bertahan hidup serta menyesuaikan diri agar berhasil dalam kehidupan. Berdasarkan penjelasan tersebut peneliti mengembangkan LEMBAR KERJA SISWA berorientasi kecakapan hidup dengan model 4D. Tujuan pengembangan LEMBAR KERJA SISWA berorientasi kecakapan hidup materi sistem indera manusia yang praktis dan dapat disiapkan di sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LEMBAR KERJA SISWA valid adalah dari dari komponen identitas, teknis, konstruksi dan karakteristik kecakapan hidup. Respon positif siswa terhadap LEMBAR KERJA SISWA berorientasi kecakapan hidup sebesar 84% dengan kategori baik.

Abstract- The Minister of Education and BSNP Regulations reinforce that formal and non-formal school curricula have an interest in developing life skills-oriented learning. These skills aim to achieve the competency of students to survive and adjust to succeed in life. Based on this explanation, the researcher developed a Life-Skilled Student Worksheet with a 4D model. The purpose of developing practical, skill-oriented material for Life Skills-oriented student worksheets that can be prepared at school. The results of the study indicate that valid STUDENT WORKSHEET is from the components of identity, technical, construction and life skills characteristics. Positive responses of students to Life Skills-oriented Student Worksheets were 84% in the good category.


Keywords


Student Worksheets; Life Skills; Human Sensory System; Lembar Kerja Siswa; kecakapan hidup; Sistem Indera Manusia

Full Text:

PDF

References


Arifin, Zainal. 2012. Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Campbell, Neil A. 2008. Biology Eighth Edition. United States of America: Pearson Benjamin Cummings.

Depdiknas. 2004. Pedoman Umum Pengembangan Bahan Ajar Sekolah Menengah Ke Atas.

Guyton. 1995. Fisiologi Manusia dan Mekanisme Penyakit (Human Physiology and Mechanisms od Disease) Edisi III. Jakarta: Buku Kedokteran EGC.

Harahab, Dini P. 2012. Pengembangan LEMBAR KERJA SISWA Berorientasi Kecakapan Hidup (Life Skill) Untuk SMA Kelas XI Pada Materi Sistem Peredaran Darah Manusia. Skripsi. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Kimball, John W. 1988. Biologi Edisi Kelima Jilid 2. Jakarta: Airlangga.

Knight, John F. 1997. Indera Prima. Bandung: Indonesia Publishing House.

Samani, Muchlas dan Hariyanto. 2012. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. Kurukulum Tingkat Satuan Pendidikan: Sebuah Panduan Praktis. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nur, Mohammad. 1999. Teori Belajar Pengajaran Berpusat pada Siswa dan Pendekatan Konstruktivis dalam Pengajaran. Surabaya: Unipress.

Ortleb, Edward dan Zike, Dinah.2005. Human Body Systems. United States of America: Glencoe/McGraw-Hill.

Pearce, Evelin C. 2011. Anatomi dan Fisiologi untuk Paramedis. Jakarta: Gramedia.

Purwanto, Ngalim. 2010. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Riduwan. 2005. Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Rusdiana, Eva. 2011. Pengembangan LEMBAR KERJA SISWA Berorientasi Life Skill pada Materi Sistem Pernapasan di SMA Kelas XI. Skripsi(Tidak dipublikasikan). Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Sagala, Syaiful. 2007. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Soewolo. 2003. Fisiologi Manusia. Malang: Universitas Negeri Malang.

Suyono dan Hariyanto. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

S u g i y o n o . 2 0 1 0 . Metode Penelitian Pendidikan PendekatanKuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta

Syaifuddin. 2006. Anatomi Fisiologi untuk Mahasiswa Keperawatan. Jakarta: EGC. Tim BBE

Depdikbud. 2003. Pola Pelaksanaan Pendidikan Kecakapan Hidup. Surabaya: SIC. Tim Penyusun. 2006. Panduan Penulisan dan Penelitian Skripsi Universitas Negeri Surabaya. Surabaya: Unipress.

Trianto. 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Widodo, Agus. 2011. Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa Inkuiri Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Investasi Kelompok Pada Pokok Bahasan Gerak Melingkar Beraturan. Thesis Magister Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya.

Vander, Arthur J., Widmaier, Eric, Raff, Hershel, dan Strang, Kevin. 2001. Human Physiology: The Mechanism of Body Function, Eighth Edition. USA: The McGraw−Hill Companies.

Yamin, Martinis. 2011. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v2i22016p338

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Fatra Hadi Kurniawan, Reni Istiningrum, Saila Alfiatin Nuha

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

======================================================================

Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran published by Universitas Negeri Malang in collaboration with the Asosiasi Program Studi Teknologi Pendidikan Indonesia (APS TPI) and Ikatan Profesi Teknologi Pendidikan Indonesia (IPTPI) with a MoU.

Publisher Address:
Educational Technology Laboratorium, Building D5, 1st Floor
Faculty of Education, Universitas Negeri Malang
Semarang St. No. 5, Malang City, East Java Province, Postal Code 65145
Email: jinotep.fip@um.ac.id

 

======================================================================

Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran is indexed by:

                

Creative Commons License
JINOTEP is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JINOTEP Statistics (Since July 13th, 2020)

example counter
View My Stats

View My Stats