Penerapan Pembelajaran Problem Solving pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan untuk Meningkatkan Keterampilan Berfikir dan Aktivitas Belajar Siswa
Abstract
Abstrak: Penelitian ini dilaksanakan untuk memperbaiki kualitas belajar siswa dalam cara berfikir dan aktivitas belajar, tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan berfikir dan aktifitas belajar siswa kelas VIII G SMP Negeri 1 Jabung. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdapat empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data melalui observasi, catatan lapangan, lembar kerjasiswa, lembar observasi kemampuan berfikir, dan lembar observasi aktivitas siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran problem solving dapat meningkatkan kemampuan berfikir dan aktivitas belajar siswa, dari siklus I ke siklus II secara keseluruhan kemampuan berfikir kritis dalam aspek pengkajian, intepretasi, penyelesaian dan pengambilan keputusan diperoleh 71 % meningkat 3% dari siklus I. Aktivitas siswa dalam pembelajaran menggunakan model problem solving dapat membuat siswa lebih aktif dan kritis dalam hal memperhatikan, menjawab pertanyaan, bekerjasama, mempresentasikan jawaban, dan merespon jawaban siswa lainnya.
Abstract: This research was conducted to improve the quality of student learning in ways of thinking and learning activities, the purpose of this study was to improve the skills of thinking and learning activities of class VIII G students of SMP Negeri 1 Jabung. This research is a classroom action research (PTK), consisting of two cycles, each cycle with four stages, namely planning, action, observation, and reflection. Collecting data through observation, field notes, worksheet sheets, observation sheets of thinking skills, and student activity observation sheets. Based on the results of the study it can be concluded that the problem-solving learning model can improve students' thinking and learning abilities, from cycle I to cycle II overall critical thinking skills in aspects of assessment, interpretation, resolution and decision making obtained 71% increased by 3% from cycle I. Student activities in learning using a problem-solving model can make students more active and critical in terms of paying attention, answering questions, collaborating, presenting answers, and responding to the answers of other students.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Depdiknas. 2006. Contoh/ Model Silabus Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Sekolah Menengah Pertama. Jakarta : BNSP dan Depdiknas.
Ennis, R. 1992.Critical Thinking. What is it? Proceeding of the Forty- Eight Annual Meeting of The Philosophy of Education Society. Denver,
Hamalik, Omar. 2005. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara
Hudojo, 2003. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika, Common Textbook, (Malang: Jurusan Matematika, FMIPA)
Kemmis, W.C. & Taggart, R.M. 1988. The Action Research Planer. Gulong Victoria: Deakin University press.
Krishannanto, D. 2009. Instrumen Aktivitas Belajar Siswa, (online), (http://tecnology13.wordpress.com/2009/07/03/instrumen-aktivitas-belajar-siswa/) diaksesMaret 2015.
Polya, G. 1957. How to solve it. New York: Douoleday
Rahyubi, 2012. Teori-Teori Belajar dan Aplikasi Pembelajaran Motorik. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Sardiman, A.M. 2001. Interaksi Dan Motifasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2004 tentan Sistem Pendidikan Nasional.
Widyani, N. 2013. Penggunaan Motode Problem Solving Dalam Pembelajaran PKN Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Dikelas VIII.6 SMP Negeri 3 Banjar Kabupaten Buleleng. Undiksha
Wiriatmodjo, R. 2009. Metode PenelitianTindakan Kelas. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v3i12016p062
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Indria Kristiawan, Anselmus JE Toenlioe, Sulthoni Sulthoni

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
======================================================================
Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran published by Universitas Negeri Malang in collaboration with the Asosiasi Program Studi Teknologi Pendidikan Indonesia (APS TPI) and Ikatan Profesi Teknologi Pendidikan Indonesia (IPTPI) with a MoU.
Publisher Address:
Educational Technology Laboratorium, Building D5, 1st Floor
Faculty of Education, Universitas Negeri Malang
Semarang St. No. 5, Malang City, East Java Province, Postal Code 65145
Email: jinotep.fip@um.ac.id
======================================================================
JINOTEP is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JINOTEP Statistics (Since July 13th, 2020)