Pengaruh Model Kooperatif Numbered Head Together (NHT) Berbantuan Media Video terhadap Keterampilan Sosial dan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII SMP Islam Al-Hidayah Kaliwates Jember

Luluk Mauli Diana, Sulton Sulton, Sulthoni Sulthoni

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan (1) menganalisis apakah terdapat pengaruh model kooperatif numbered head together (NHT) berbantuan media video terhadap keterampilan sosial pada mata pelajaran IPS (Siswa Kelas VIII SMP Islam Al-Hidayah Kaliwates Jember), dan (2) menganalisis apakah terdapat pengaruh model kooperatif numbered head together (NHT) berbantuan media video terhadap hasil belajar pada mata pelajaran IPS (Siswa Kelas VIII SMP Islam Al-Hidayah Kaliwates Jember). Metode penelitian ini adalah quasi eksperimen dimana peneliti memberikan perlakuan pada subjek penelitian. Prosedur eksperimen quasi ini dilakukan dengan mengacu pada desain Nonequivalent Control Group Design. Subjek penelitian terdiri dari 40 siswa yang terbagi menjadi dua kelas, yaitu kelas A sebagai kelas eksperimen dan kelas B sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data untuk hasil belajar dilakukan dengan melaksanakan tes hasil belajar, dan data keterampilan sosial melalui angket keterampilan sosial. Uji prasyarat analisis data normalitas menggunakan uji Kolmogorov-Smirnov Test dan untuk homogenitas menggunakan uji Test of Homogeneity of Variance. Analisis data hipotesis menggunakan Multivariate Analysis of Variances (MANOVA) pada taraf signifikansi 0,05 dan dengan bantuan program sofware statistical package for social science (SPSS) versi 19.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada pengaruh model numbered head together berbantuan media video terhadap keterampilan sosial dengan F hitung 69,03 dengan p-value (0,000) dan (2) ada pengaruh model numbered head together berbantuan media video terhadap hasil belajar dengan F hitung 32,72 dengan p-value (0,000).

Abstract: This study aims to (1) analyze whether there is influence of the cooperative numbered head together (NHT) model assisted by video media on social skills in social studies subjects (Class VIII Students of Al-Hidayah Islamic Middle School Kaliwates Jember), and (2) analyze whether there are the influence of the cooperative numbered head together (NHT) model-assisted video media on learning outcomes in social studies subjects (Class VIII Students of Al-Hidayah Islamic Middle School Kaliwates Jember). The method of this research is quasi-experiment where the researcher treats the subject of the research. This quasi-experimental procedure is carried out with reference to the Nonequivalent Control Group Design. The research subjects consisted of 40 students divided into two classes, namely class A as the experimental class and class B as the control class. Data collection for learning outcomes is carried out by carrying out learning outcomes tests, and social skills data through social skills questionnaires. The prerequisite test for normality data analysis uses the Kolmogorov-Smirnov Test and for homogeneity using the Test of Homogeneity of Variance test. Analysis of hypothesis data using Multivariate Analysis of Variances (MANOVA) at the 0.05 significance level and with the help of a software statistical package for social science (SPSS) version 19.0 for Windows. The results showed that: (1) there was the influence of the numbered head together model assisted by video media on social skills with F count 69.03 with p-value (0,000) and (2) there was the influence of the numbered head together model assisted by video media on learning outcomes with F count 32.72 with p-value (0,000).


Keywords


Cooperative Numbered Head Together (NHT) model assisted by video media; social skill; learning outcomes; Model Kooperatif Numbered Head Together (NHT) berbantuan media video; keterampilan sosial; hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Akbar, S. 2010. Filosofi, Metodologi dan Implementasinya (Edisi Revisi). Yogyakarta : Cipta Media Aksara.

Arends, R.I. 2000. Learning To Teach, Belajar Untuk Mengajar Edisi ketujuh Jilid 1, Buku Satu. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Arends, R.I. 2004. Learning to Teach (sixth Edition) Belajar untuk Mengajar.

Ibrahim, Muhsin dkk. (2000). Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: University Press.

Degeng, I Nyoman Sudana. 2013. Ilmu Pembelajaran: Klasifikasi Variabel untuk Pengembangan Teori dan Penelitian. Bandung: Kalam Hidup.

Sadiman, A.S. 2003. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatanya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Kagan, S. dan Kagan, M. 2009. Kagan Cooperative Learning. California: Kagan Publishing

Komalasari, K. 2011. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama.

Kunandar. (2007). Guru Profesional Implementasi KTSP dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada

Prastowo, A. 2014. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta. Diva Press.

Sudjana. 2005. Metode Statistik. Bandung: Tarsito.

Suharjo. 2006. Mengenal Pendidikan Sekolah Dasar, Teori dan Praktek. Jakarta: Depdiknas dikti Direktorat Ketenagaan.

Vembriarto, St. 1993. Sosiologi Pendidikan. Jakarta: Grasindo




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v3i22017p144

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Luluk Mauli Diana, Sulton Sulton, Sulthoni Sulthoni

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

======================================================================

Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran published by Universitas Negeri Malang in collaboration with the Asosiasi Program Studi Teknologi Pendidikan Indonesia (APS TPI) and Ikatan Profesi Teknologi Pendidikan Indonesia (IPTPI) with a MoU.

Publisher Address:
Educational Technology Laboratorium, Building D5, 1st Floor
Faculty of Education, Universitas Negeri Malang
Semarang St. No. 5, Malang City, East Java Province, Postal Code 65145
Email: jinotep.fip@um.ac.id

 

======================================================================

Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran is indexed by:

                

Creative Commons License
JINOTEP is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JINOTEP Statistics (Since July 13th, 2020)

example counter
View My Stats

View My Stats