Pengembangan Media Video Pembelajaran IPS Berbasis Virtual Field Trip (VFT) pada Kelas V SDNU Kratonkencong

Vannisa Aviana Melinda, Nyoman Sudana Degeng, Dedi Kuswandi

Abstract


Abstrak: Tujuan dari pengembangan ini yaitu untuk menghasilkan suatu produk media video pembelajaran berbasis Virtual Field Trip (VFT) yang valid sebagai sumber belajar dan efektif untuk pembelajaran IPS di kelas V SD/MI. Pengembangan media video pembelajaran berbasis Virtual Field Trip (VFT) ini menggunakan model pengembangan Assure, adapun langkah-langkah pengembangannya yaitu terdiri dari 6 langkah tindakan yang meliputi (1) analisis siswa; (2) menentukan tujuan pembelajaran; (3) memilih metode, media dan materi; (4) menggunakan media dan materi; (5) mendorong partisipasi siswa; dan (6) evaluasi dan perbaikan. Subjek yang dituju dalam validasi pengembangan adalah siswa kelas V SDNU Kraton Kecamatan Kencong Kabupaten Jember. Video pembelajaran berbasis Virtual Field Trip (VFT) pada materi IPS kelas V di SDNU Kraton ini secara keseluruhan dinyatakan sangat layak. Hal ini dibuktikan dengan hasil validasi oleh ahli materi sebesar 94,28%, ahli desain sebesar 84,44%, ahli media sebesar 91,42, siswa perorangan sebesar 95%, siswa kelompok kecil 92,5% , sebesar dan siswa kelompok besar/lapangan sebesar 90,90%. Setelah dilakukan validasi ahli dan uji coba siswa kemudian dilanjutkan dengan tes akhir, tes ini dilakukan guna untuk mengetahui keefektifan penggunaan video pembelajaran berbasis Virtual Field Trip (VFT). Untuk tes hasil belajar, rata-rata hasil belajar 82,27, dari 33 siswa terdapat 31 siswa (93,93%) yang mencapai KKM dan 2 siswa (6,07%) yang belum mencapai KKM. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa jumlah siswa yang memenuhi KKM mencapai tingkat persentase 93,93%, sehingga video pembelajaran berbasis Virtual Field Trip (VFT) ini efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

Abstract. The purpose of this development is to produce a valid Virtual Field Trip (VFT) learning video media product as a learning resource and effective for social studies learning in class V SD / MI. The development of this Virtual Field Trip (VFT) based video learning media uses the Assure development model, as for the development steps which consist of 6 action steps which include (1) student analysis; (2) determine learning goals; (3) choosing methods, media and material; (4) using media and material; (5) encourage student participation; and (6) evaluation and improvement. Subjects addressed in the development validation were fifth-grade students of SDNU Kraton, Kencong Subdistrict, Jember Regency. The Virtual Field Trip (VFT) -based learning video on the fifth-grade social studies material at SDNU Kraton was stated to be very feasible. This is evidenced by the results of the material expert validation of 94.28%, design experts at 84.44%, media experts at 91.42, individual students at 95%, small group students 92.5%, and large group students/field of 90.90%. After expert validation and student, testing is then continued with the final test, this test is conducted to determine the effectiveness of using Virtual Field Trip (VFT) based video learning. For the learning outcomes test, the average learning outcomes were 82.27, out of 33 students there were 31 students (93.93%) who reached the KKM and 2 students (6.07%) who had not yet reached the KKM. Thus, it can be concluded that the number of students who fulfill KKM reaches a percentage level of 93.93%, so this Virtual Field Trip (VFT) based learning video is effective for use in the learning process. 


Keywords


Pengembangan Media Video Pembelajaran; Virtual Field Trip (VFT); Development of Learning Video Media;

Full Text:

PDF

References


Andi Prastowo. 2013. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta : Diva Press.

Andi Prastowo. 2013. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif.

Azhar Arsyad. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press.

Azhar Arsyad. 2011. Media Pembelajaran. Cetakan ke-15. Jakarta: Rajawali Press.

Cox, E.S., & T. Su. 2004. “Integrating Student Learning with Practitioner Experiences via Virtual Field Trips.” Journal of Educational Media 29 (2):113–23.

Depdiknas. 2006. Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.

Desmita. 2009. Psikologi Perkembangan Anak Didik. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Gilmour, I .1997. Skiddaw Virtual Field Trip. A study of thermal

metamorphism. (http://earth2.open.ac.uk/Skiddaw/Text/Skiddaw.html).

Hidayati, Mujinem, & Anwar Senen. 2008. Pengembangan Pendidikan IPS SD. Jakarta: Dirjen Dikti Kementerian Pendidikan Nasional.

Kemendikbud. 2013. Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta : Kementerian dan Pendidikan Nasional.

Rosenberg, Marc. J. 2001. E-Learning : Strategies For Delivering Knowledge In The Digital Age. USA: McGraw-Hill Companies.

Sapriya. 2009. Pendidikan IPS. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Smaldino, S. E, Lowther, D, L., & Russel, J D. 2008. Instructional Technology & Media For Learning ( Kesembilan ed). Terjemahan A. Rahman. 2011. Jakarta: Kencana.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v3i22017p158

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Vannisa Aviana Melinda, Nyoman Sudana Degeng, Dedi Kuswandi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

=====================================================================

JINOTEP Indexed by:

      

________________________________________________________________________________________________________

TOOLS:

   

_________________________________________________________________________________________

ARTICLE TEMPLATE:

 _______________________________________________________________________________________________________

MEDIA PARTNER:

      

________________________________________________________________________________________________________

CONFERENCE PARTNER:

________________________________________________________________________________________________________

JINOTEP (Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran): Kajian dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran published by Department of Educational Technology, Faculty of Education, State University of Malang in collaboration with Indonesian Educational Technology Study Program Association (APS TPI).

Publisher Address:
Laboratorium Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Negeri Malang 
Jalan Semarang No. 5, Kel. Sumbersari, Kec. Lowokwaru
Kota Malang Jawa Timur Indonesia Kode Pos: 65145 Telepon: 0341-551334, Pst. 109
E-mail: jinotep.fip@um.ac.id (CP: 087821191948)

________________________________________________________________________________________________________

 

Jinotep Statistics (Since July 13th, 2020)

View My Stats