Inovasi Bahan Pembelajaran Fisika Materi Fluida Menggunakan Kajian Aliran Air Bendungan
Abstract
Abstrak: Pembelajaran fisika merupakan fenomena alam yang dapat ditemui dan dapat dipelajari di kehidupan sehari-hari. Aliran air Bendungan Sampean Baru dapat dijadikan contoh penerapan fluida dinamis karena dapat ditemui di lingkungan sekitar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji aliran air bendungan sampean baru sebagai dasar untuk pembuatan LKPD. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Pengukuran yang dilakukan adalah pengukuran lebar aliran sungai, kedalaman sungai, dan pengukuran menggunakan metode apung (floating method), dilanjutkan dengan perhitungan matematis untuk mendapatkan luas penampang, kecepatan aliran, dan debit aliran. Hasil kajian fluida menunjukkan bahwa lebar aliran sungai berbanding terbalik dengan luas penampang aliran dan sesuai dengan hukum persamaan kontinuitas. Dari hasil analisis bahan pembelajaran fisika materi fluida berbasis kontekstual menggunakan kajian aliran air dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam pembelajaran fisika pada materi persamaan kontinuitas
Abstract: Physics learning is a natural phenomena that can be found and learned in everyday life. The water flow of Sampean Baru Dam can be used as an example of the application of dynamic fluids because it can be found in the environment around the students. This study aims to examine the water flow from the Bendungan Sampean Baru as a basis for making LKPD. This research uses a descriptive qualitative method. The measurements taken were the measurement of the width of the river flow, the depth of the river, and measurements using the floating method, followed by mathematical calculations to obtain the cross-sectional area, flow velocity, and flow discharge. The results of the fluid study show that the width of the river flow is inversely proportional to the cross-sectional area of the flow and is in accordance with the law of continuity equations. From the results of the analysis, contextual-based fluid physics learning using water flow, can improve students' understanding of physics learning on the continuity equation material.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adi, S. (2019). Analisis Dan Karakterisasi Badan Air Sungai, Dalam Rangka Menunjang Pemasangan Sistim Pemantauan Sungai Secara Telemetri. Jurnal Hidrosfir Indonesia, 3(3), 123-128.
Allen, G. H., & Pavelsky, T. M. (2015). Patterns Of River Width And Surface Area Revealed By The Satellite‐Derived North American River Width Data Set. Geophysical Research Letters, 42(2), 395-402. https://doi.org/10.1002/2014gl062764
Ayuningtyas, P., Soegimin, W. W., & Supardi, Z. I. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Dengan Model Inkuiri Terbimbing Untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains Siswa Sma Pada Materi Fluida Statis. Jpps (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 4(2), 636-647. https://doi.org/10.26740/jpps.v4n2.p636-647
Benfetta, H., & Ouadja, A. (2017). The Surface Water Storage Problem In Arid Regions: A Case Study Of The Gargar Dam, Algeria. Journal Of Fundamental And Applied Sciences, 9(3), 1598-1617. https://doi.org/10.4314/jfas.v9i3.22
Boas, M. L. (2006). Mathematical Methods In The Physical Sciences. John Wiley & Sons.
Dewi, P. Y. A., & Primayana, K. H. (2019). Effect Of Learning Module With Setting Contextual Teaching And Learning To Increase The Understanding Of Concepts. International Journal Of Education And Learning, 1(1), 19-26. https://doi.org/10.31763/ijele.v1i1.26
Farrell, B. F., & Ioannou, P. J. (2012). Dynamics Of Streamwise Rolls And Streaks In Turbulent Wall-Bounded Shear Flow. Journal Of Fluid Mechanics, 708, 149-196. https://doi.org/10.1017/jfm.2012.300
Fasdarsyah, F. (2017). Analisis Karakteristik Sedimen Dasar Sungai Terhadap Parameter Kedalaman. Teras Jurnal, 6(2), 91-100. http://dx.doi.org/10.29103/tj.v6i2.108
Fitriyati, F., Kurniawan, E. S., & Ngazizah, N. (2013). Pengembangan Lks Fisika Sma Kelas X Semester Ii Dengan Website Online Berbasis Contextual Teaching Learning. Radiasi: Jurnal Berkala Pendidikan Fisika, 3(1), 7-11.
Gherabati, S. A., Browning, J., Male, F., Ikonnikova, S. A., & Mcdaid, G. (2016). The Impact Of Pressure And Fluid Property Variation On Well Performance Of Liquid-Rich Eagle Ford Shale. Journal Of Natural Gas Science And Engineering, 33, 1056-1068. https://doi.org/10.1016/j.jngse.2016.06.019
Ghozali, I. (2011). Pengembangan Buku Teks Bahasa Inggris Integratif: Penelitian Pengembangan Pendidikan Di Sekolah Menengah Kejuruan Jurusan Usaha Jasa Pariwisata Di Yogyakarta. Yogyakarta: Linguistik Peminatan Utama Pengajaran Bahasa Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret.
Gumrowi, A. (2016). Strategi Pembelajaran Melalui Pendekatan Kontekstual Dengan Cooperative Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Gelombang Siswa Kelas Xii Man 1 Bandar Lampung. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(2), 183-191. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v5i2.118
Humairoh, F. (2015). Pengembangan E-Book Interaktif Berbasis Salingtemas (Sains, Lingkungan, Teknologi, Masyarakat) Pada Materi Fluida Dinamis Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Dan Penerapannya. Inovasi Pendidikan Fisika, 4(2), 69-75. https://doi.org/10.26740/ipf.v4n2.p%25p
Hyun, C. C., Wijayanti, L. M., Asbari, M., Purwanto, A., Santoso, P. B., Wardani, I. G. K., ... & Pramono, R. (2020). Implementation Of Contextual Teaching And Learning (Ctl) To Improve The Concept And Practice Of Love For Faith-Learning Integration. International Journal Of Control And Automation, 13(1), 365-383.
Khairoh, L., Rusilowati, A., & Nurhayati, S. (2014). Pengembangan Buku Cerita Ipa Terpadu Bermuatan Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Pada Tema Pencemaran Lingkungan. Unnes Science Education Journal, 3(2), 519-527. https://doi.org/10.15294/USEJ.V3I2.3349
Khoiruddin, A. I. (2021). Pengaruh Kecepatan Dan Arah Angin Terhadap Hambatan Udara Lokomotif Kereta Api Komersial.
Ma'ruf, M. (2013). Pengaruh Variasi Kecepatan Aliran Udara Terhadap Besarnya Koefisien Gaya Hambat Serta Gaya Angkat Yang Dihasilkan Pada Benda Uji Berbentuk Setengah Bola Dan Bentuk Aerofoil Pada Alat Uji Terowongan Angin. Transmisi, 9(1), 865-872. https://doi.org/10.26905/jtmt.v9i1.4588
Mcjannet, D. L., Cook, F. J., & Burn, S. (2013). Comparison Of Techniques For Estimating Evaporation From An Irrigation Water Storage. Water Resources Research, 49(3), 1415-1428. https://doi.org/10.1002/wrcr.20125
Monaghan, J. J. (2012). Smoothed Particle Hydrodynamics And Its Diverse Applications. Annual Review Of Fluid Mechanics, 44, 323-346. https://doi.org/10.1146/annurev-fluid-120710-101220
Murtiani, M., Fauzan, A., & Ratnawulan, R. (2012). Penerapan Pendekatan Contextual Teaching And Learning (Ctl) Berbasis Lesson Study Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Fisika Di Smp Negeri Kota Padang. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 1(1), 1-21. https://doi.org/10.24036/jppf.v1i1.597
Norhadi, A., Marzuki, A., Wicaksono, L., & Yacob, R. A. (2015). Studi Debit Aliran Pada Sungai Antasan Kelurahan Sungai Andai Banjarmasin Utara. Poros Teknik, 7(1), 7-14.
Panjaitan, D. J. (2018). Peningkatan Pemahaman Dan Aplikasi Konsep Melalui Pendekatan Contextual Teaching And Learning. Jurnal Matheducation Nusantara, 1(1), 52-59. ttps://doi.org/10.32696/jmn.v1i1.8
Pebriyanti, D. (2016). Keefektifan Penggunaan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Terhadap Prestasi Belajar Matematika Pada Siswa Kelas Vii Smp Negeri 17 Purworejo Tahun Pelajaran 2015/2016 (Doctoral Dissertation, Pendidikan Matematika-Fkip).
Pereira, T. C., Boutsioukis, C., Dijkstra, R. J. B., Petridis, X., Versluis, M., De Andrade, F. B., ... & So, M. V. R. (2021). Biofilm Removal From A Simulated Isthmus And Lateral Canal During Syringe Irrigation At Various Flow Rates: A Combined Experimental And Computational Fluid Dynamics Approach. International Endodontic Journal, 54(3), 427-438. https://doi.org/10.1111/iej.13420
Prastowo, A. (2013). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar. Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.
Putra, W. A. (2016). Studi Experimen Distribusi Kecepatan Pada Saluran Lurus Di Sungai Batang Lubuh. Jurnal Mahasiswa Teknik UPP, 2(1), 1-10.
Rofiqoh, F., Mahardika, I. K., & Yushardi, Y. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Disertai Media Monopoli Games Terintegrasi Pendekatan Problem Solving Pada Pembelajaran Fisika Di SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika, 4(3), 198-203.
Saputra, O., Setiawan, A., Rusdiana, D., & Muslim, M. (2019, December). Miskonsepsi Siswa Sma Pada Topik Fluida. In Seminar Nasional Lontar Physics Forum (Pp. 65-72).
Schild, A. (2018). Time In Quantum Mechanics: A Fresh Look At The Continuity Equation. Physical Review A, 98(5), 052113. https://doi.org/10.1103/physreva.98.052113/figures/3/medium
Selvia, M., Arifuddin, M., & Mahardika, A. I. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Fisika Sma Topik Fluida Berorientasi Masalah Lahan Basah Melalui Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL). Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 5(2), 213-222.
Setiawan, I., & Purwanto, Y. (2018). Perbandingan Pengukuran Debit Sungai Dengan Metode Pelampung Dan Current Mater. Pros. Has. Penelit. Dan Kegiat, 67-74.
Setyorini, W., & Dwijananti, P. (2014). Pengembangan LLK Fisika Terintegrasi Karakter Berbasis Pendekatan Ctl Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Upej Unnes Physics Education Journal, 3(3), 63-71. https://doi.org/10.15294/upej.v3i3.4322
Sinaulan, O. M., Rindengan, Y. D., & Sugiarso, B. A. (2015). Perancangan Alat Ukur Kecepatan Kendaraan Menggunakan Atmega 16. Jurnal Teknik Elektro Dan Komputer, 4(3), 60-70. https://doi.org/10.35793/jtek.4.3.2015.8257
Surya, E., & Putri, F. A. (2017). Improving Mathematical Problem-Solving Ability And Self-Confidence Of High School Students Through Contextual Learning Model. Journal On Mathematics Education, 8(1), 85-94.
Teel, W. S. (2019). Catching Rain: Sand Dams And Other Strategies For Developing Locally Resilient Water Supplies In Semiarid Areas Of Kenya. In Agriculture And Ecosystem Resilience In Sub Saharan Africa (Pp. 327-342). Springer, Cham. https://doi.org/10.1007/978-3-030-12974-3_15
Yulistia, E. F. (2015). Studi Perbandingan Penggunaan Lembar Kerja Siswa (Lks) Dengan Non Lks Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah 2 Sumberrejo Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Edutama, 1.13
Zakirman, Z., & Hidayati, H. (2017). Praktikalitas Media Video Dan Animasi Dalam Pembelajaran Fisika Di SMP. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 6(1), 85-93.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v9i12022p080
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Rakhmat Hidayat, Trapsilo Prihandono, Sudarti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
======================================================================
Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran published by Universitas Negeri Malang in collaboration with the Asosiasi Program Studi Teknologi Pendidikan Indonesia (APS TPI) and Ikatan Profesi Teknologi Pendidikan Indonesia (IPTPI) with a MoU.
Publisher Address:
Educational Technology Laboratorium, Building D5, 1st Floor
Faculty of Education, Universitas Negeri Malang
Semarang St. No. 5, Malang City, East Java Province, Postal Code 65145
Email: jinotep.fip@um.ac.id
======================================================================
JINOTEP is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JINOTEP Statistics (Since July 13th, 2020)