Analysis of ease and usefulness of using google sheets in accounting assignment with technology acceptance model approach
Abstract
Abstrak: Pelaksanaan kegiatan pembelajaran akuntansi saat ini sudah mulai dilakukan dengan berbantuan aplikasi. Aplikasi yang digunakan sebaiknya adalah aplikasi yang dapat diterima oleh seluruh siswa karena hal tersebut akan memudahkan siswa dalam memahami materi pembelajaran. Penelitian deskriptif kuantitatif ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan tingkat penerimaan siswa terhadap penggunaan aplikasi Google Sheets dalam pembelajaran akuntansi. Sampel yang digunakan adalah sebanyak 143 siswa yang diambil menggunakan teknik sampel jenuh. Metode pengumpulan data adalah menggunakan angket, wawancara, serta dokumentasi yang kemudian dianalisis dengan teknik deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dapat menerima penggunaan aplikasi Google Sheets sebagai alat bantu mengerjakan tugas akuntansi karena aplikasi ini dinilai mudah dan bermanfaat untuk digunakan. Hal ini telah menyebabkan perolehan hasil belajar siswa menjadi maksimal. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerimaan yang baik terhadap penggunaan suatu alat atau media pembelajaran akan memudahkan dalam pencapaian tujuan pembelajaran.
Abstract: The implementation of accounting learning activities has now begun to be carried out with the help of applications. The application used should be an application that can be accepted by all students because this will make it easier for students to understand the learning material. This quantitative descriptive research was conducted with the aim of describing the level of student acceptance of the use of the Google Sheets application in accounting learning. The sample used was 143 students taken using the saturated sample technique. Data collection methods were by questionnaires, interviews, and documentation, which were then analyzed using percentage descriptive techniques. The results of the study show that students can accept the use of the Google Sheets application as a tool for doing accounting assignments because the application is considered easy and useful to use. This has led to the acquisition of student learning outcomes to be maximized. Thus, it can be concluded that good acceptance of the use of a learning tool or media will facilitate the achievement of learning objectives.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amelia, E. (2019). Analisis perilaku minat menggunakan mobile payment dengan pendekatan technology acceptance model 3: Studi pada pengguna aplikasi pembayaran OVO (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).
Arikunto, S. (2013). Prosedur penelitian: suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Aripradono, H. W. (2021). Analisis technology readiness and acceptance model (TRAM) pada penggunaan sport wearable technology. Jurnal Teknika, 10(1), 68-77. https://doi.org/10.34148/teknika.v10i1.330
Bhat, S., Raju, R., Bikramjit, A., & D’souza, R. (2018). Leveraging e-learning through google classroom: A usability study. Journal of Engineering Education Transformations, 31(3), 129-135. https://doi.org.10.16920/jeet/2018/v31i3/120781
Bimaniar, I. M., Mawarni, A., Agusyahbana, F., & Dharmawan, Y. (2018). Pengaruh persepsi kemudahan penggunaan dan persepsi kemanfaatan dengan niat untuk menggunakan sistem informasi manajemen surveillance kesehatan ibu dan anak. Jurnal Kesehatan Masyarakat (Undip), 6(5), 209-215. https://doi.org/10.14710/jkm.v6i5.22010
Chawla, D., & Joshi, H. (2019). Consumer attitude and intention to adopt mobile wallet in India–An empirical study. International Journal of Bank Marketing, 37(7), 1590-1618. https://doi.org/10.1108/IJBM-09-2018-0256
Effendi, D., & Wahidy, A. (2019, July). Pemanfaatan teknologi dalam proses pembelajaran menuju pembelajaran abad 21. In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang.
Hafni, N. (2012). Kompetensi belajar siswa dalam menganalisis ayat jurnal penyesuaian pada mata pelajaran akuntansi kelas XI Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah 1 Pekanbaru. Skripsi. Pekanbaru: Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim.
Hanif, A., Siddiqi, A. F., & Jalil, Z. (2019). Are computer experience and anxiety irrelevant? towards a simple model for adoption of E-Learning systems. International Journal of Engineering Pedagogy, 9(5), 112-125. https://doi.org/10.3991/ijep.v9i5.11488
Kraugusteeliana, K. (2019). Rancangan indikator analisis pengaruh penerimaan sistem e-learning (persepsi kebermanfaatan & persepsi kemudahan) terhadap motivasi belajar siswa menggunakan model TAM (Studi kasus: sistem google classroom SMK Negeri 57 Jakarta). PROSIDING SEINASI-KESI, 2(1), 112-118.
Listiyono, H., Sunardi, S., Utomo, A. P., & Mariana, N. (2022). pengaruh kemudahan penggunaan dan kemanfaatan learning management system (LMS) terhadap niat penggunaan e-learning. Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi dan Komputer), 11(2), 208-213. https://doi.org/10.32736/sisfokom.v11i2.1419
Mudlofir, A. dan E. F. Rusidiyah. 2016. Desain pembelajaran inovatif. Depok: Rajagrafindo Persada
Muljanto, M. A. (2020). Pencatatan dan pembukuan via aplikasi akuntansi UMKM di Sidoarjo. Jurnal Ilmiah Pangabdhi, 6(1), 40-43. https://doi.org/10.21107/pangabdhi.v6i1.6926
Musyafa. 2014. Dari masa ke masa aplikasi pengolah angka. https://www.academia.edu/9530670 [Diakses pada 29 Maret 2022]
Natasia, S. R., Wiranti, Y. T., & Parastika, A. (2022). Acceptance analysis of NUADU as e-learning platform using the Technology Acceptance Model (TAM) approach. Procedia Computer Science, 197, 512-520. https://doi.org/10.1016/j.procs.2021.12.168
Niqotaini, Z., & Budiman, B. (2021). analisis penerimaan google classroom menggunakan pendekatan technology acceptance model (TAM) dan end-user computing satisfaction (EUCS). Sistemasi: Jurnal Sistem Informasi, 10(3), 637-661. https://doi.org/10.32520/stmsi.v10i3.1376
Pambudi, B. S. (2014). Pengaruh persepsi manfaat, persepsi kemudahan, keamanan dan ketersediaan fitur terhadap minat ulang nasabah bank dalam menggunakan internet banking (studi pada program layanan internet banking BRI). Competence: Journal of Management Studies, 8(1), 2541–2552. https://doi.org/10.21107/kompetensi.v8i1.589
Pibriana, D. (2020). Technology acceptance model (TAM) untuk menganalisis penerimaan pengguna terhadap penggunaan aplikasi belanja online XYZ. JATISI (Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi), 7(3), 580-592. https://doi.org/10.35957/jatisi.v7i3.382
Putriani, J. D., & Hudaidah, H. (2021). Penerapan pendidikan indonesia di era revolusi industri 4.0. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 830-838. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i3.407
Rosanaya, S. L., & Fitrayati, D. (2021). Pengembangan media pembelajaran berbasis video animasi pada materi jurnal penyesuaian perusahaan jasa. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2258-2267. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.785
Setiawan, W. (2017). Era digital dan tantangannya. Seminar Nasional Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sukabumi. https://eprints.ummi.ac.id/id/eprint/151
Sholikah, M. A., & Sutirman, S. (2020). How technology acceptance model (TAM) factors of electronic learning influence education service quality through students' satisfaction. TEM Journal, 9(3), 1221–1226. https://doi.org/10.18421/TEM93-50
Skhephe, M. (2022). Accounting teachers’ readiness for virtual classroom during the covid-19 pandemic, South Africa. Jurnal Penelitian dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: e-Saintika, 6(1), 11-17. https://doi.org/10.36312/esaintika.v6i1.577
Usman, R. (2017). Karakteristik uang elektronik dalam sistem pembayaran. Yuridika, 32(1), 134–166. https://doi.org/10.20473/ydk.v32i1.4431
Vivianingsih, V., Suhliyatin, N., Mahmudah, M., & Al Ayubi, S. (2023). Using interactive learning video media aided by edpuzzle toward student learning. Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran (JINOTEP): Kajian dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 10(1), 24-31. https://doi.org/10.17977/um031v10i12023p024
Wibowo, S. F., D. Rosmauli, dan U. Suhud. (2015). Pengaruh persepsi manfaat, persepsi kemudahan, fitur layanan, dan kepercayaan terhadap minat menggunakan E-Money Card (studi pada pengguna jasa Commuterline di Jakarta). Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia. 6(1), 440-456. https://doi.org/10.21009/JRMSI.006.1.06
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v10i22023p182
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Eka Putry Wahyuning Dharojah, Retna Ngesti Sedyati, Tiara Tiara

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
======================================================================
Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran published by Universitas Negeri Malang in collaboration with the Asosiasi Program Studi Teknologi Pendidikan Indonesia (APS TPI) and Ikatan Profesi Teknologi Pendidikan Indonesia (IPTPI) with a MoU.
Publisher Address:
Educational Technology Laboratorium, Building D5, 1st Floor
Faculty of Education, Universitas Negeri Malang
Semarang St. No. 5, Malang City, East Java Province, Postal Code 65145
Email: jinotep.fip@um.ac.id
======================================================================
JINOTEP is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JINOTEP Statistics (Since July 13th, 2020)