Pengembangan E-Module Mata Pelajaran Biologi Kelas XI Semester II Materi Sistem Pernapasan Manusia Di SMA Negeri 1 Karangan Trenggalek

Vega Selvian Puspridayanti, Agus Wedi, Saida Ulfa

Abstract


Abstrak: Proses pembelajaran Biologi di SMA Negeri 1 Karangan Trenggalek masih menggunakan metode penyampaian materi secara konvensional dan bahan ajar cetak yang digunakan kurang mampu menyajikan materi yang menggunakan simulasi seperti video, sehingga siswa kurang tertarik dalam mengikuti kegiatan pembelajaran di kelas karena materi yang dipelajari terkesan monoton. Penelitian ini bertujuan untuk  mengembangkan media pembelajaran berupa elektronic module yang valid, layak dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran. Metode pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan William W. Lee dan Diana L. Owens (2004) dengan prosedur pengembangan yang terdiri dari: 1) Analisis (Analysis), 2) Desain (Design), 3) Pengembangan (Development), 4) Implementasi (Implementation), 5) Evaluasi (evaluation). Hasil validasi ahli materi diperoleh 96,25%, ahli media diperoleh 92,5%, dan uji coba dilakukan sebanyak tiga kali dengan uji coba perseorangan diperoleh hasil 84,15%, uji coba kelompok kecil diperoleh hasil 91%, uji coba lapangan diperoleh hasil 91% dan tes hasil belajar diperoleh 84,21%. Berdasarkan hasil validasi, uji coba produk dan uji keefektifan membuktikan bahwa e-module termasuk dalam kriteria valid, layak dan efektif digunakan dalam proses kegiatan belajar mengajar. 

Abstract: The Biology learning process in Karangan Trenggalek 1 High School still uses conventional material delivery methods and printed teaching materials used are less able to present material using simulations such as videos, so students are less interested in participating in classroom learning activities because the material studied seems monotonous. This study aims to develop learning media in the form of electronic modules that are valid, feasible and effectively used in the learning process. The development method used is the development model of William W. Lee and Diana L. Owens (2004) with development procedures consisting of: 1) Analysis, 2) Design (Design), 3) Development (Development), 4) Implementation (Implementation), 5) Evaluation. The results of the material expert validation obtained 96.25%, media experts obtained 92.5%, and trials were carried out three times with individual trials obtained 84.15% results, small group trials obtained 91% results, field trials obtained results 91% and the test results obtained 84.21%. Based on the results of validation, product testing and effectiveness testing prove that e-module is included in the criteria of valid, feasible and effective use in the process of teaching and learning activities


Full Text:

PDF

References


Akbar, S. 2013. Instrumen Perangkat Pembelaja-ran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Anggraeni, C. M. 2016. Pengembangan E-Module Mata Pelajaran IPA Kelas IV Semester II Materi Energi dan Penggunaannya di MI Sunan Kalijogo Karang Besuki Ma-lang. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: FIP UM

Arikunto, S. 2000. Manajemen Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Hamalik, O. 2004. Proses Belajar Mengajar. Ja-karta: PT Bumi Aksara.

Hasbullah. 2011. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Lee, W.W., & Owens, D.L. 2004. Multimedia Based Instructional Design: Second Edition. San Francisco: Pfeiffer.

Nasution, S. 2003. Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara

Suarsana, I. M & Mahayukti, G. A. 2013. Pengem-bangan E-Module Berorientasi Pemeca-han Masalah untuk Meningkatkan Ket-erampilan Berpikir Kritis Mahasiswa. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 2(2), 266. Dari http://id.portalgaruda.org/?ref=browse&mod=viewarticle&article=139023




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v4i22018p056

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Vega Selvian Puspridayanti, Agus Wedi, Saida Ulfa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

======================================================================

Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran published by Universitas Negeri Malang in collaboration with the Asosiasi Program Studi Teknologi Pendidikan Indonesia (APS TPI) and Ikatan Profesi Teknologi Pendidikan Indonesia (IPTPI) with a MoU.

Publisher Address:
Educational Technology Laboratorium, Building D5, 1st Floor
Faculty of Education, Universitas Negeri Malang
Semarang St. No. 5, Malang City, East Java Province, Postal Code 65145
Email: jinotep.fip@um.ac.id

 

======================================================================

Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran is indexed by:

                

Creative Commons License
JINOTEP is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JINOTEP Statistics (Since July 13th, 2020)

example counter
View My Stats

View My Stats