Persepsi Mahasiswa Pada Kajian dan Praktik Lapangan Jurusan Teknologi Pendidikan

Vian Elsa Christ Pradhitya, Dedi Kuswandi, Agus Wedi

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa pada pelaksanaan praktik kerja lapangan terhadap kesempatan dunia kerja. Dalam pelaksanaan praktik kerja lapangan diharapkan dapat membantu mahasiswa untuk mengembangkan diri dalam hal bakat sesuai di bidang keahlianya sehingga dapat menjadi bekal mereka ke dalam dunia kerja. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Rancanan penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian merupakan seluruh mahasiswa jurusan Teknologi Pendidikan angkatan 2014 yang sudah mengikuti pelaksanaan praktik kerja lapangan yang berjumlah 74 responden. Penelitian ini memiliki 5 sub variabel yaitu Tujuan, Perencanaan, Pelaksanaan, Evaluasi dan Refleksi Berdasarkan hasil penelitian tentang persepsi mahasiswa pada kajian dan praktik lapangan jurusan teknologi pendidikan yang telah mengikuti program kajian dan praktik lapangan, dapat diambil kesimpulan bahwa mahasiswa menyatakan bahwa kajian dan praktik lapangan saat ini telah dibutuhkan mahasiswa untuk membantu mengenal akan dunia kerja.

Abstract: This study aims to determine the perceptions of students on the implementation of fieldwork practices on opportunities in the world of work. In the implementation of fieldwork practices, it is expected to help students to develop themselves in terms of talent according to their fields of expertise so that they can become their stock into the world of work. This research is a quantitative descriptive. The research plan used is quantitative descriptive research. The research subjects were all 2014 Education Technology majors who had participated in the implementation of fieldwork practices totaling 74 respondents. This study has 5 sub-variables, namely Objective, Planning, Implementation, Evaluation and Reflection Based on the results of research on student perceptions in the study and field practice of educational technology majors that have taken study and field practice programs, conclusions can be drawn that students state that field studies and practices now students have needed to help get to know the world of work.


Full Text:

PDF

References


Arifin, M. 2014. Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Praktek Kerja

Lapangan Pada Instansi/Perusahaan. Jurnal Simetris Vol 5 Dari (http://jurnal.umk.ac.id/index.php/simet/article/view/130/132), diakses 25 April 2018

Arikunto, S. 1989. Manajemen Penelitian. Jakarta: Departemen Pendidikan

dan Kebudayaan

Djojonegoro, W. 1988. Pendidikan dan Pelatihan Kejuruan Dalam Era

Kompetensi Global. Jakarta. PT Jayakarta Agung Offset

Hamalik, O. 2007. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Husamah. 2013. Outdoor Learning. Malang: Prestasi Pustaka

Juklak PPL UM. 2015. Petunjuk Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL)

Keguruan Universitas Negeri Malang

Katalog Fakultas Ilmu Pendidikan UM. 2014. Kompetensi Lulusan Program Studi

Universitas Negeri Malang

Miarso, Y. 2004. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta:

Prenada Media

Sukanti, 2005. Efektivitas Pelaksanaa Praktik Kerja Lapangn Program D III.

Dari jurnal pendidikan akuntansi indonesia Vol. IV No. 2 (https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun/article/view/851/670), diakses 25 April 2018

Sunardi, 2017. Pengelolaan Praktik Kerja Indrustri Di Sekolah Menengah Kejuruan

Muhammadiyah 1 Sukoharjo. Dari jurnal manajemen pendidikan Vol 12, No.1 (http://journals.ums.ac.id/index.php/jmp/article/view/2968), diakses 25 april 2018

Syahroni, F. 2014. Persepsi Siswa Terhadap Manfaat Pelaksanaan Praktek Kerja Indrustri Di SMKN 1 Lembah Gumanti. Dari jurnal administrasi pendidijan Vol 2 No 1 (http://ejournal.unp.ac.id/index.php/bahana/article/viewFile/3762/2996) diakses 25 April 2018

Sylvia, R. 2005. Manfaat Pendidikan Sietem Ganda. Padang: UNP




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v4i22018p063

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Vian Elsa Christ Pradhitya, Dedi Kuswandi, Agus Wedi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

======================================================================

Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran published by Universitas Negeri Malang in collaboration with the Asosiasi Program Studi Teknologi Pendidikan Indonesia (APS TPI) and Ikatan Profesi Teknologi Pendidikan Indonesia (IPTPI) with a MoU.

Publisher Address:
Educational Technology Laboratorium, Building D5, 1st Floor
Faculty of Education, Universitas Negeri Malang
Semarang St. No. 5, Malang City, East Java Province, Postal Code 65145
Email: jinotep.fip@um.ac.id

 

======================================================================

Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran is indexed by:

                

Creative Commons License
JINOTEP is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JINOTEP Statistics (Since July 13th, 2020)

example counter
View My Stats

View My Stats