Pengembangan Buku Suplemen 3D Augmented Reality Sebagai Bahan Belajar Tematik Tema Lingkungan Tentang Perkembangbiakan Hewan untuk Siswa Kelas III SD

Irfanda Jamhari, Susilaningsih Susilaningsih, Saida Ulfa

Abstract


Abstrak: Kegiatan belajar merupakan suatu aktifitas yang tidak akan terpisahkan selama manusia hidup. Dan seiring perkembangan zaman,kemajuan teknologi terus melesat canggih sehingga dalam proses pembelajaran juga hendaknya memanfaatkan kemajuan teknologi tersebut. Tujuan penelitian ini yaitu menghasilkan buku suplemen dengan teknologi augmented reality pada mata pelajaran tematik tema lingkungan tentang perkembangbiakan hewan yang tervalidasi dalam kegiatan pembelajaran tematik SD kelas III. Pengembangan ini telah melalui tahap pengumpulan informasi,prencanaan,pengembangan produk,uji coba lapangan tahap awal,revisi,uji coba lapangan dan revisi produk akhir selaras dengan model pengembangan Borg and Gall (Sugiyono,2012:297) yang sudah di modifikasi sesuai kebutuhan peneliti. Validasi produk dilakukan terhadap ahli media dan ahli materi. Sasaran uji coba media ini adalah siswa kelas III SDN 01 Jedong Malang. Pengembangan ini menghasilkan kriteria valid dengan perolehan total persentase ahli media 96,42%, ahli materi 84,2%, dan uji coba lapangan 83,43%. Sehingga buku suplemen dengan teknologi augmented reality ini dinyatakan valid dan layak untuk digunakan di lapangan. 

Abstract: Learning activities are activities that will not be separated as long as humans live. And along with the times, technological progress continues to accelerate so that in the learning process it should also take advantage of these technological advances. The purpose of this study is to produce supplementary books with augmented reality technology on thematic subjects on environmental themes about animal breeding that are validated in SD class III thematic learning activities. This development has gone through the stages of information collection, planning, product development, initial field trials, revisions, field trials and final product revisions in line with the Borg and Gall development model (Sugiyono, 2012: 297) which has been modified according to the needs of researchers. Product validation is carried out on media experts and material experts. The target of this media trial is the third-grade students of SDN 01 Jedong Malang. This development produced valid criteria with the total percentage of media experts 96.42%, material experts 84.2%, and 83.43% field trials. So that supplement books with augmented reality technology are declared valid and feasible for use in the field. 


Full Text:

PDF

References


Borg, Walter R., Gall,Joyce Meredith Damien. 2003. Educational Research: An Introduction (7th Edition),New York:longman.

Sugihartono,dkk (2007) Psikologi Pendidikan,Yogyakarta : UNY Press.

Arikunto,S.2010. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktek (Edisi Revisi III). Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Rohmah, U. (2012). Aplikasi Augmented Reality Tata Surya (Semua Planet Mengelilingi Matahari) Menggunakan Mobile Android.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Penerbit CV. Alfabeta:Bandung.

Kurniasari, D. A. (2014). Pengembangan Buku Suplemen IPA Terpadu dengan Tema Pendengaran Kelas VIII. Unnes Science Education Journal 3 (2), 463.

Nugraha, I. S., Satoto, K. I., & Martono, K. T. (2014). Pemanfaatan Augmented Reality untuk pembelajaran pengenalan alat musik piano. Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer, 2(1), 62-70.

Ibda, Fatimah 2015. "Perkembangan Kognitif: Teori Jean Piaget." Intelektualita 3.1

Permendikbud Nomor 8 Tahun 2016 tentang Buku yang Digunakan oleh Satuan Pendidikan.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v4i22018p070

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Irfanda Jamhari, Susilaningsih Susilaningsih, Saida Ulfa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

=====================================================================

JINOTEP Indexed by:

        

________________________________________________________________________________________________________

TOOLS:

   

_________________________________________________________________________________________

ARTICLE TEMPLATE:

 _______________________________________________________________________________________________________

MEDIA PARTNER:

      

________________________________________________________________________________________________________

CONFERENCE PARTNER:

________________________________________________________________________________________________________

JINOTEP (Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran): Kajian dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran published by Department of Educational Technology, Faculty of Education, State University of Malang in collaboration with Indonesian Educational Technology Study Program Association (APS TPI).

Publisher Address:

Jl. Semarang No.5 Gedung E2 301
Laboratorium Teknologi Pendidikan, FIP UM

Universitas Negeri Malang, Malang Jawa Timur, Indonesia

Telepon: 0341-551334, Pst. 109
E-mail: ensu@gapp.nthu.edu.tw (CP: 087821191948)

________________________________________________________________________________________________________

 

Jinotep Statistics (Since July 13th, 2020)

View My Stats