Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share dalam Sistem Pembelajaran Blended terhadap Higher Order Thinking Skills

Tutut Mei Ningsih, Henry Praherdhiono, Agus Wedi

Abstract


Abstrak: Higher order thinking skills (HOTS) pada pebelajar terbentuk melaluimodel dan sistem pembelajaran. Model pembelajaran menggunakan think pair share (TPS) yang dikombinasikan dengan sistem pembelajaran blended (SPB).Quasy axperiment dengan model posttest only control group diberlakukan kepada mahasiswa jurusan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang angkatan 2015. Sampel sebanyak 44 mahasiswa yang dipilih secara random. Uji analisis data menggunakan uji independent sample t-test. Diperoleh nilai Sig. sebesar 0,678, yang berarti > 0,05 dengan rata-rata nilai posttest kelompok eksperimen sebesar 74,59 dan kelompok kontrol sebesar 76,64. Sehinggatidak terdapat perbedaan yang signifikan HOTS mahasiswa yang menggunakan dengan model pembelajaran TPS dalam SPB dan SPB tanpa model pembelajaran TPS.

Abstract: Higher-order thinking skills (HOTS) for students are formed through learning models and systems. The learning model uses think pair share (TPS) combined with the blended learning system (SPB). Quasi-experiment with the posttest only control group model is applied to students of the Education Technology Department of the State University of Malang in 2015. The sample is 44 students randomly selected. Test data analysis using the independent sample t-test. Obtained Sig. amounting to 0.678, which means> 0.05 with the average posttest value of the experimental group at 74.59 and the control group at 76.64. So there is no significant difference in HOTS students using TPS learning models in SPB and SPB without TPS learning models.


Full Text:

PDF

References


Albab, A. F., & Zulaikah, S. (2016). Pengaruh E-Scaffolding Dalam Think Pair Share Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Dinamika Partikel. Jurnal Pen-didikan Sains, 4(1), 1–8.

Anderson, L. W., Krathwohl, D. R., Airasian, P. W., Cruikshank, K. A., Mayer, R. E., Pintrich, P. R., … Wittrock, M. C. (2001). A taxonomy for learning, teach-ing, and assessing: A revision of Bloom’s taxonomy of educational ob-jectives, abridged edition. White Plains, NY: Longman.

Brookhart, S. M. (2010). How to assess higher-order thinking skills in your classroom. ASCD.

Degeng, I. N. S. (2001). Kumpulan Bahan Pembelajaran. Menuju Pribadi Unggul Melalui Perbaikan Proses Pembelaja-ran, Malang: LP3, UM.

Huda, M. (2013). Model-model pengajaran dan pembelajaran. Yogyakarta: pustaka pelajar.

Husamah, H. (2014). Pembelajaran Bauran (Blended Learning). Research Report.

Nugroho, R. A. (2018). HOTS (kemampuan berpikir tingkat tinggi: konsep, pem-belajaran, penilaian, dan soal-soal). PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Onosko, J. J., & Newmann, F. M. (1994). Cre-ating more thoughtful learning envi-ronments. Creating Powerful Thinking in Teachers and Students: Diverse Per-spectives, 27–49.

Praherdhiono, H. (2016). Openportfolio As Moocs In Blededsystems. Jurnal TEK-PEN, 1(3).

Raes, A., Schellens, T., & De Wever, B. (2011). Scaffolding information prob-lem solving in web-based inquiry learn-ing. In Computer Assisted Learning (CAL-2011).

Rusman. (2013). Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sjukur, S. B. (2012). Pengaruh blended learn-ing terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa di tingkat SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(3).

Suharsimi, A. (2000). Manajemen penelitian. Jakarta, Rineka Cipta Basu, Parikshit K,(2007), Critical Evaluaton of Growth Strategis: India and China, Inter-nasional Journal of Sosial Economics, 34(9), 664–678.

Suprijono, A. (2010). Model-meodel Pembela-jaran Inovatif. Jakarta: PAVPPAI Uni-versitas Terbuka.

Surayya, L., Subagia, I. W., & Tika, I. N. (2014). Pengaruh model pembelajaran think pair share terhadap hasil belajar IPA ditinjau dari keterampilan berpikir kritis siswa. Jurnal Pendidikan IPA In-donesia, 4(1).

Taliningsih, T. (2016). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Dengan Prob-lem Solving Terhadap Hasil Belajar Kognitif Dan High Order Thinking Skill (HOTS) Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Kediri Pada Materi Larutan Penyangga. SKRIPSI Jurusan Kimia-Fakultas MIPA UM.

Trianto, S. P., & Pd, M. (2007). Model-model pembelajaran inovatif berorientasi Kon-struktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Wahyuni, T. (2017). Pengaruh Model Pembela-jaran Problem Based Instruction Ter-hadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Materi Sumberdaya Kehutanan Kelas XI SMAN 1 Kepanjen. SKRIPSI Jurusan Geografi-Fakultas Ilmu Sosial UM.

Yaniawati, R. P. (2013). E-learning to improve higher order thinking skills (HOTS) of students. Journal of Education and Learning, 7(2), 109–120.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v4i22018p088

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Tutut Mei Ningsih, Henry Praherdhiono, Agus Wedi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

======================================================================

Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran published by Universitas Negeri Malang in collaboration with the Asosiasi Program Studi Teknologi Pendidikan Indonesia (APS TPI) and Ikatan Profesi Teknologi Pendidikan Indonesia (IPTPI) with a MoU.

Publisher Address:
Educational Technology Laboratorium, Building D5, 1st Floor
Faculty of Education, Universitas Negeri Malang
Semarang St. No. 5, Malang City, East Java Province, Postal Code 65145
Email: jinotep.fip@um.ac.id

 

======================================================================

Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran is indexed by:

                

Creative Commons License
JINOTEP is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JINOTEP Statistics (Since July 13th, 2020)

example counter
View My Stats

View My Stats