Pengembangan Multimedia Interaktif Pelajaran Baca Tulis Aksara Jawa Dengan Sandhangan Kelas IV SD

Wisnu Lazuardi Yusuf, I nyoman Sudana Degeng, Eka Pramono Adi

Abstract


Abstrak: Bahasa merupakan kemampuan yang dimiliki manusia untuk saling berkomunikasi dengan yang lainnya dengan menggunakan tanda, seperti isyarat dan kata. Dalam hubungannya dengan kepentingan pelestarian kebudayaan nasional, penelitian berbahasa dalam bahasa jawa merupakan hal yang penting (Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 1990). Di tingkat sekolah dasar hingga menengah pertama materi aksara jawa wajib di ajarkan,  khususnya di jawa timur sebagai pelajaran muatan lokal. Tujuan dari pengembangan ini  untuk menghasilkan sebuah produk berupa multimedia interaktif yang valid dan efektif, sehingga dapat dijadikan sebagai alternatif dalam pencapaian tujuan pembelajaran. Model pengembangan dalam penelitian ini menggunakan metode pengembangan media R & D model Sugiyono (2013) yang dimodifikasi oleh peneliti. Validasi produk dilakukan pada ahli materi dan media serta hasil dari implementasi. Setelah dilakukan interpretasi data dari hasil validasi ahli serta hasil implementasi sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran baca dan tulis aksara jawa dengan sandhangan dinyatakan valid, efektif dan layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran. 


Abstract: Language is the ability possessed by humans to communicate with each other using signs, such as signals and words. In conjunction with the importance of preserving national culture, research speaking in Javanese is important (Ministry of Education and Culture, 1990). At the elementary, to the junior high school level, the Javanese script material must be taught, especially in East Java as a local content lesson. The purpose of this development is to produce a product in the form of interactive multimedia that is valid and effective so that it can be used as an alternative in achieving learning objectives. The development model in this study uses the R & D media development method model Sugiyono (2013) modified by researchers. Product validation is carried out on material and media experts and the results of implementation. After interpretation of the data from the results of expert validation as well as the results of the implementation so that it can be concluded that the reading and writing learning media of Javanese script with Sandhangan is declared valid, effective and suitable for use in learning activities.


Full Text:

PDF

References


NN.2018. Aksara jawa, (online). https://id.wikipedia.org/wiki/Aksara_Jawa, diakses 13 Februari 2018

Arianda, Fidian D. 2016. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Ilmu Pengetahuan Sosial SMP. http://journal2.um.ac.id/index.php/jinotep/article/view/2176/1280.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi Kedua). Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Nationalgraphic.grid.id (2018).Ratusan Ragam bahasa di Indonesia Hadapi Ancaman kepunahan. (http://nationalgeographic.grid.id/read/13306446/ratusan-ragam-bahasa-di-indonesia-hadapi-ancaman-kepunahan)

Pragianata, Muhammad M. 2016. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Berbasis Platform Mata Pelajaran IPA Pada Siswa Kelas VIII Semester II di SMP Negeri 3 Malang. http://journal2.um.ac.id/index.php/jinotep/article/view/2180/1283.

Robleyer, M & Doering, A.H. 2010. Intergrating Educational Technology Into Teaching. Boston: Pearson.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta.

Widyhastuti, Esti. 2016. Pengembangan Multimedia Interaktif Unggah-Ungguh Bahasa Jawa Kelas V SD. http://journal.student.uny.ac.id/pengembangan-multimedia-interaktif-unggah-ungguh-bahasa-jawa-kelas-V-SD.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v4i22018p095

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Wisnu Lazuardi Yusuf, I nyoman Sudana Degeng, Eka Pramono Adi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

======================================================================

Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran published by Universitas Negeri Malang in collaboration with the Asosiasi Program Studi Teknologi Pendidikan Indonesia (APS TPI) and Ikatan Profesi Teknologi Pendidikan Indonesia (IPTPI) with a MoU.

Publisher Address:
Educational Technology Laboratorium, Building D5, 1st Floor
Faculty of Education, Universitas Negeri Malang
Semarang St. No. 5, Malang City, East Java Province, Postal Code 65145
Email: jinotep.fip@um.ac.id

 

======================================================================

Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran is indexed by:

                

Creative Commons License
JINOTEP is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JINOTEP Statistics (Since July 13th, 2020)

example counter
View My Stats

View My Stats