Implementasi Pendidikan Lingkungan Hidup Sebagai Kurikulum Muatan Lokal Ekopedagogi Dalam Membangun Karakter Siswa Di SDN Lowokwaru 2 Malang

Nia Hidayanti, Zainul Abidin, Arafah Husna

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tujuan, isi, sumber belajar, proses pembelajaran, dan penilaian pembangunan karakter dari kurikulum muatan lokal ekopedagogi PLH di SDN Lowokwaru 2. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Keabsahan data diuji dengan uji kredibitasi dan uji dependability. Kegiatan analisis data dimulai dari pengumpulan data hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi, penginterpretasian data, dan pengecekan keabsahan data. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa : (1) Tujuan kurikulum muatan lokal ekopedagogi PLH di sekolah ini adalah menerapkan sekolah berbudaya peduli lingkungan dan membekali siswa supaya bertanggung jawab dalam kegiatan pelindungan, pelestarian, dan pencegahan perusakan lingkungan dan sumber daya alam, serta pelestarian fungsi lingkungan di sekolah. (2) Isi kurikulum muatan lokal ekopedagogi PLH adalah pengintegrasian materi mengenai lingkungan hidup dalam indikator pembelajaran dan kegiatan pembelajaran di berbagai mata pelajaran yang sesuai untuk diintegrasikan. (3) Sumber belajar yang digunakan pada saat Pendidikan Lingkungan Hidup adalah buku tematik, lingkungan sekitar, dan teladan perilaku guru. (4) Proses pembelajaran muatan lokal ekopedagogi PLH di SDN Lowokwaru 2 dilakukan secara terintegrasi. Metode pembelajaran yang digunakan adalah metode ceramah, demonstrasi, diskusi, tanya jawab, penugasan, permainan, dan bermain peran.Namun penggunaan media pembelajaran di SDN Lowokwaru 2 belum dilaksanakan secara optimal. (5) Penilaian pembangunan karakter siswa dalam muatan lokal ekopedagogi PLH di SDN Lowokwaru 2 menggunakan penilaian otentik yang diambil dari nilai tugas, laporan, dan pengamatan kepada setiap siswa menggunakan catatan anekdot.


Abstract: This study aims to describe the purpose, content, learning resources, learning process, and character development assessment of the local eco-pedagogy PLH curriculum in SD Lowokwaru 2. This research is a qualitative descriptive study. Data collection techniques used were participant observation, in-depth interviews, and documentation. The validity of the data was tested by the credibility test and dependability test. Data analysis activity starts from collecting data from observations, interviews, and documentation, interpreting data, and checking the validity of data. The results of the study show that: (1) The objective of the PLH local eco-pedagogy curriculum in this school is to implement environmentally-conscious culture schools and equip students to be responsible for protection, preservation, and prevention of environmental and natural resource destruction, and preservation of environmental functions in school. (2) Contents of the local content curriculum PLH eco-pedagogy is the integration of material about the environment in the indicators of learning and learning activities in a variety of suitable subjects to be integrated. (3) Learning resources used when Environmental Education is thematic books, the surrounding environment, and examples of teacher behavior. (4) The learning process of local eco-pedagogy PLH content at Lowokwaru 2 Elementary School is carried out in an integrated manner. The learning method used is the method of lecture, demonstration, discussion, question and answer, assignment, game, and role-playing. However, the use of learning media in SDN Lowokwaru 2 has not been optimally implemented. (5) Assessment of student character development in the local content of PLHE eco-pedagogy at Lowokwaru Elementary School 2 using authentic assessments taken from assignments, reports, and observations to each student using anecdotal notes.


Full Text:

PDF

References


Aulina, C.N. 2013. Penanaman Disiplin pada Anak Usia Dini. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 2(1), 36-49

Hamzah, Amir. 2016. Profil Pembelajaran Karakter di Sekolah Dasar (Studi Kasus pada Sekolah Dasar di Kota Sampang). JINOTEP, 3(1), 31-50

Idi, Abdullah. 2010. Pengembangan Kurikulum : Teori dan Praktik. Jogjakarta : Ar-Ruzz Media

Kementrian Pendidikan Nasional. 2010. Pengembangan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta:Kementrian Pendidikan Nasional

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 79 Tahun 2014 tentang Muatan Lokal Kurikulum 2013

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah

Sukmadinata, Nana S. 2010. Pengembangan Kurikukulum dan Praktek. Bandung: Remaja Rosdakarya

Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v4i22018p106

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Nia Hidayanti, Zainul Abidin, Arafah Husna

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

======================================================================

Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran published by Universitas Negeri Malang in collaboration with the Asosiasi Program Studi Teknologi Pendidikan Indonesia (APS TPI) and Ikatan Profesi Teknologi Pendidikan Indonesia (IPTPI) with a MoU.

Publisher Address:
Educational Technology Laboratorium, Building D5, 1st Floor
Faculty of Education, Universitas Negeri Malang
Semarang St. No. 5, Malang City, East Java Province, Postal Code 65145
Email: jinotep.fip@um.ac.id

 

======================================================================

Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran is indexed by:

                

Creative Commons License
JINOTEP is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JINOTEP Statistics (Since July 13th, 2020)

example counter
View My Stats

View My Stats