Implementasi Kurikulum 2013 PAUD Di TK TPI Nurul Huda Malang

Ferry Dwi Leksono, Sulton Sulton, Susilaningsih Susilaningsih

Abstract


Abstrak: Kurikulum merupakanacuan pokok pelaksanaan pendidikan nasional. Saat ini kurikulum yang berlaku adalah Kurikulum 2013 termasuk juga untuk Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Kurikulum 2013 PAUD mencangkup semua dimensi tumbuh kembang anak (sikap, pengetahuan, dan keterampilan) dan mencangkup semua program pengembangan yang direncanakan dan disajikan secara terpadu dan berkesinambungan sesuai dengan tahap perkembangan anak. Maka dari itu perlu adanya implementasi yang tepat agar tujuan kurikulum dapat tercapai. Penelitian kualitatif diskriptif ini mengambil subjek Kelompok A1 TK TPI Nurul Huda Malang. Berdasarkan temuan lapangan diketahui penerapan Kurikulum 2013 PAUD sudah terlaksana dengan maksimal. Dalam proses perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hingga penyusunan dokumen kurikulum sudah dapat dipenuhi oleh sekolah. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan kurikulum 2013 PAUD di TK TPI Nurul Huda khusunya untuk Kelompok A1 sudah terlaksana dengan baik.


Abstract

The curriculum is the main reference for implementing national education. At present, the applicable curriculum is the 2013 Curriculum including also for Early Childhood Education (PAUD). Curriculum 2013 PAUD covers all dimensions of child development (attitudes, knowledge, and skills) and covers all development programs planned and presented in an integrated and sustainable manner in accordance with the stages of child development. So from that, it is necessary to have the right implementation so that curriculum objectives can be achieved. This descriptive qualitative study took the subject of Group A1 TK TPI Nurul Huda Malang. Based on the field findings it is known that the implementation of the 2013 PAUD Curriculum has been carried out to the maximum. In the learning planning process, the implementation of learning, evaluation until the preparation of curriculum documents can be fulfilled by the school. Then it can be concluded that the application of the 2013 PAUD curriculum in TK TPI Nurul Huda especially for Group A1 has been well implemented.


Full Text:

PDF

References


Hakim, Abdul., Setyosri, Punaji., Degeng, I Nyoman., Kuswandi, Dedi. 2016 Pengaruh Strategi Pembelajaran Berbasis Proyek vs Pembelajaran Langsung Dan Motivasi Belajar Terhadsap Pemahaman Konsep Dan Keterampilan Motorik. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan. (Online) 3 (1): 1-12 (http://journal2.um.ac.id), diakses 2 juli 2018

Hamalik, O. 2011. Manajemen Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Hamzah, Amir. 2016. Profil Pembelajaran Karakter Di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, (Online), 3 (1): 31-50, (http://journal2.um.ac.id), diakses 2 juli 2018

Hendratmoko, Taufik., Kuswandi, Dedi. 2017. Tujuan Pembelajaran Berlandaskan Konsep Pendidikan Jiwa Merdeka Ki Hadjar Dewantara. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, (Online), 3 (2): 152-157, (http://journal2.um.ac.id), diakses tanggal 2 juli 2018

Moeleong,Lexy.2011. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Nugraha, dkk. 2015. Pedoman Pengelolaan Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Wahyuni, dkk. 2015. Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v4i22018p126

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Ferry Dwi Leksono, Sulton Sulton, Susilaningsih Susilaningsih

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

=====================================================================

JINOTEP Indexed by:

        

________________________________________________________________________________________________________

TOOLS:

   

_________________________________________________________________________________________

ARTICLE TEMPLATE:

 _______________________________________________________________________________________________________

MEDIA PARTNER:

      

________________________________________________________________________________________________________

CONFERENCE PARTNER:

________________________________________________________________________________________________________

JINOTEP (Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran): Kajian dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran published by Department of Educational Technology, Faculty of Education, State University of Malang in collaboration with Indonesian Educational Technology Study Program Association (APS TPI).

Publisher Address:

Jl. Semarang No.5 Gedung E2 301
Laboratorium Teknologi Pendidikan, FIP UM

Universitas Negeri Malang, Malang Jawa Timur, Indonesia

Telepon: 0341-551334, Pst. 109
E-mail: ensu@gapp.nthu.edu.tw (CP: 087821191948)

________________________________________________________________________________________________________

 

Jinotep Statistics (Since July 13th, 2020)

View My Stats