Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Resitasi-Debat Pada Mata Pelajaran Fiqih Pokok Bahasan Hudud Terhadap Kemampuan Presentasi Siswa Kelas XI Di MAN 2 Blitar

Roidatun Nazihah, Zainul Abidin, Arafah Husna

Abstract


Abstrak: Metode pembelajaran Resitasi-Debat dalam penelitian ini merupakan penggabungan dari 2 metode yang berbeda.  Berdasarkan hasil wawancara dan hasil observasi permasalah yang diperoleh yaitu kurangnya penguasaan materi pembelajaran fiqih dan kurangnya keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran tersebut khususnya berkomunikasi secara lisan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan penerapan metode resitasi-debat dalam upaya meningkatan kemampuan presentasi siswa. Dalam penelitian ini mengambil materi Hudud sub bab Mencuri dan minum khamr pada mata pelajaran Fiqih. Desain penelitian yang digunakan adalah desain penelitian Pra-eksperimen, One Shot Case Study. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah teknik Observasi dengan lembar pengamatan. Teknik analisis data menggunakan skor persentase untuk mengetahui perbedaan pada kelas eksperimen setelah diberiperlakuan. Hasil Analisis data yang diketahui dari hasil observasi di kelas eksperimen dalam proses penerapan metode resitasi debat diperoleh nilai rata-rata 84,5 %. Maka dari itu dapat termasuk dalam kriteria baik sekali. Sedangkan pada kelas control dalam proses pembelajaran diperoleh nilai rata-rata 69,1 % termasuk dalam kriteria cukup. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa perlakuan dengan menerapkan metode resitasi–debat mempengaruhi kemampuan prsentasi siswa secara signifikan dibandingkan dengan yang menggunakan pembelajaran ceramah dan diskusi pada proses pembelajaran Fiqih, pokok bahasan hudud kelas XI di MAN 2 Blitar. 

Abstract: Debate-Recitation learning method in this study is a combination of two different methods. Based on the results of interviews and the results of observations the problems obtained were lack of mastery of fiqh learning material and lack of active students in participating in the learning especially communicating orally. This study aims to determine the implementation of the recitation-debate method in an effort to improve student presentation skills. In this study, the Hudud sub-chapter took Stealing and drinking khamr on Fiqh subjects. The research design used was a Pre-experimental research design, One-Shot Case Study. The data collection method used is the Observation technique with the observation sheet. Data analysis techniques used a percentage score to find out differences in the experimental class after being treated. The results of data analysis that was known from the results of observations in the experimental class in the process of applying the debate recitation method obtained an average value of 84.5%. So that can be included in the criteria very well. Whereas in the control class in the learning process the average value of 69.1% is included in the criteria enough. The conclusion of this study shows that treatment by applying the debate-recitation method significantly influences students' ability to interpret compared to those who use lecture learning and discussion in the Fiqh learning process, the subject of class XI's hudud in MAN 2 Blitar


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktek). Jakarta : Rineka Cipta

Degeng, I Nyoman S. 2013. Ilmu Pembelajran : klasifikasi Variabel untuk pengembangan teori dan penelitian. Bandung : Kalam Hidup

Mulyasa, E.2003.Kurikulum berbasis kompetensi: konsep, karakteristik, dan implementasi. Bandung : PT Remaja Rosda Karya

Sandjojo, Nidjo.2011. Metode Analisis Jalur (Path Analysis) Dan Aplikasinya, Cetakan Pertama. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

Slameto. 2010. Belajar & Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Sudjana, Nana dan Ibrahim.2009. Penelitian Dan Penilaian Dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru algesindo

Widiastuti, Hartati.2014.95 Strategi Pembelajaran. Jakarta :Indeks




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v4i22018p132

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Roidatun Nazihah, Zainul Abidin, Arafah Husna

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

=====================================================================

JINOTEP Indexed by:

      

________________________________________________________________________________________________________

TOOLS:

   

_________________________________________________________________________________________

ARTICLE TEMPLATE:

 _______________________________________________________________________________________________________

MEDIA PARTNER:

      

________________________________________________________________________________________________________

CONFERENCE PARTNER:

________________________________________________________________________________________________________

JINOTEP (Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran): Kajian dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran published by Department of Educational Technology, Faculty of Education, State University of Malang in collaboration with Indonesian Educational Technology Study Program Association (APS TPI).

Publisher Address:
Laboratorium Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Negeri Malang 
Jalan Semarang No. 5, Kel. Sumbersari, Kec. Lowokwaru
Kota Malang Jawa Timur Indonesia Kode Pos: 65145 Telepon: 0341-551334, Pst. 109
E-mail: jinotep.fip@um.ac.id (CP: 087821191948)

________________________________________________________________________________________________________

 

Jinotep Statistics (Since July 13th, 2020)

View My Stats